Pada seri tutorial sebelumnya, kita telah belajar bagaimana setting program email client Outlook Express di windows XP. Program Outlook Express secara default sudah built in pada paket instalasi Windows XP. Namun pada Windows 7, program Outlook Express tidak ditemukan lagi. Secara default Microsoft mengganti Outlook Express dengan Windows Life Essential. Padahal, bagi pengguna screen reader, Outlook Express sangat membantu dalam mengelola banyak email.

Tak perlu panik, karena ada solusi untuk dapat tetap menggunakan program email client yang accessible di Windows 7. Nama program tersebut adalah Windows Mail, yang secara teknis, sama persis pengoperasiannya dengan Outlook Express. Mungkin ini hanya strategi Microsoft agar produk yang dihasilkan terlihat berbeda.

Namun ada masalah di sini, ternyata kita tidak dapat serta merta menggunakan program Windows Mail di Windows 7 seperti kita setting Outlook Express. Secara default, Windows 7 tidak mengaktifkan Windows mail, dan kita perlu lakukan sedikit hacking untuk dapat menggunakannya. Prosesnya yaitu dengan memindahkan program aplikasi Windows Mail yang ada di Windows Vista ke Windows 7. Anda tak perlu khawatir, karena semua hal yang dibutuhkan sudah tersedia di sini, dan hanya perlu mengikuti langkah-langkah aktivasinya.

Untuk aktivasi Windows Mail di Windows 7, Anda perlu mengunduh paket tools dan file aplikasi Windows Mail yang sudah kami sediakan dengan klik di sini. Extract file hacking_windows_mail.zip ke hardisk. Jika belum memiliki program extracter seperti WinRAR atau Winzip.

Dalam folder Hacking_windows_mail akan terdapat folder dan beberapa file sebagai berikut:

  1. Folder DLLs. Berisi aplikasi Windows Mail dengan nama file msoe.dll yang dibedakan untuk OS Windows 7 32bit atau 64bit.
  2. File add_take_ownership.reg
  3. file remove_take_ownership.reg
  4. File WinMailEdit.reg

Setelah siap, mari kita mulai hacking  Windows Mail agar muncul di Windows 7 Anda. Ikuti langkah-langkah berikut dan perhatikan seksama poin demi poin.

  1. Klik atau tekan enter pada file “add_take_ownership.reg”. Akan muncul kotak dialogue Registry Editor yang menanyakan apakah Anda sungguh-sungguh untuk menambahkan Registry baru dalam sistem Anda. Klik “yes’”. Kemudian muncul konfirmasi bahwa proses adding sudah selesai, klik Ok.
    File ini berguna untuk memunculkan opsi “take ownership” pada file program aplikasi ketika anda klik kanan atau tekan tombol aplikasi. Dengan mengaktifkan opsi Take Ownership, Anda dapat mengedit atau menghapus file aplikasi tanpa diproteksi oleh sistem Windows. Maka, berhati-hatilah.
  2. Tekan enter juga pada file WinMailEdit.reg, akan muncul konfirmasi seperti poin pertama, dan ikuti proses yang sama.
  3. Masuk ke folder c:program fileswindows mail melalui kotak search di start menu atau Run.
  4. Cari file “Msoe.dll”, klik kanan atau tekan tombol aplikasi dan enter pada opsi “take ownership”.
  5. Kembali ke folder hacking_windows_mail, kemudian masuk ke folder Dlls, dan copy file “msoe.dll” sesuai dengan tipe Operating System Anda, apakah 32Bit atau 64bit.
  6. Paste and replace file tersebut pada folder c:program fileswindows mail. Klik yes jika komputer meminta konfirmasi replacement file.
  7. Kemudian masuk lagi ke folder Hacking_Windows_mail dan klik atau enter pada file “remove_take_ownership.reg”.
  8. Klik pada opsi “yes” jika ada pertanyaan apakah Anda sungguh-sungguh untuk menambahkan registry, dan klik “ok” apabila komputer menkonfirmasi bahwa proses adding registry telah selesai.
    Proses ini berguna untuk menghapus opsi Take Ownership pada menu di file program aplikasi, sehingga tidak disalahgunakan oleh pengguna lain atau Anda yang tak sengaja salah menggunakannya.
  9. Proses reaktivasi Windows Mail pada Windows 7 selesai. Namun kita perlu memunculkan aplikasi Windows Mail di start menu agar mudah untuk diakses.
  10. Masuk lagi ke folder c:program filesWindows Mail
  11. Tekan tombol Alt untuk mengaktifkan menubar kemudian klik atau tekan panah kanan sampai ke menu Tools.
  12. Drop down atau tekan panah atas/bawah dan tekan enter pada opsi “folder option”.
  13. Pilih jendela “view Page” atau tekan kombinasi tombol Ctrl+Tab satu kali.
  14. Tekan tab sampai pada kolom tree view pemilihan tampilan.
  15. Tekan panah bawah cari opsi “show hidden files, folder, and drives – off”. Klik atau tekan tombol sepasi sampai opsi berubah jadi “on”.
  16. Tekan lagi panah bawah cari “Hide protected operating system files (recommended) – on”. Klik atau tekan tombol sepasi sampai opsi menjadi “off”. Apabila ada kotak peringatan dari komputer, pilih “yes”.
  17. Tekan tombol tab dan klik “ok”.
  18. Setelah kotak dialogue Folder Option tertutup, cari file bernama “winmail.exe”.
  19. Klik kanan atau tekan tombol aplikasi dan cari opsi “Pin to start menu”, tekan enter. Opsi ini berguna untuk menampilkan icon Windows Mail langsung pada start menu.
  20. Selesai. Namun agar file-file penting Operating System komputer kita lebih aman, kembali ke menu tools > Folder Option, tekan Ctrl+Tab untuk menuju ke View page, kemudian tekan tab cari “restore default”, tekan enter.

Kini program email client Anda di Windows 7 yaitu Windows Mail sudah dapat digunakan, cukup dengan klik icon di start menu. Semoga teknik hacking sederhana ini dapat diaplikasikan, dan jika ada pertanyaan atau kesulitan dapat langsung menuliskan komentar di tutorial ini. Sampai bertemu di tutorial berikutnya dimana kita akan belajar menggunakan Windows Mail.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?