Aman Melewati Customs di Airport Australia

Aman Melewati Customs di Airport Australia

Jakarta – Salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi yang ingin bepergian ke Australia adalah soal barang bawaan. Negara yang satu ini memang agak sedikit paranoid dan membuat banyak aturan untuk benda apa saja yang boleh masuk dan tidak. Jika tidak cermat, bisa jadi barang yang sudah dibawa jauh-jauh dari Indonesia, nasibnya berakhir di tempat sampah bagian Customs atau pabean bandara di Australia. Seperti yang aku alami ketika pertama kali ke Australia, ada sedikit barang yang perlu jadi “tumbal” karena disita oleh petugas. Yup, hanya “tumbal”, karena tidak semua barang yang seharusnya disita itu diambil petugas. Kok bisa? Maka dari itu, aku ingin share tips aman melalui Customs Australia, syukur-syukur dapat mengelabuhi petugas bandara. πŸ˜€

Tapi tenang dulu kawan, ini bukan untuk membawa barang-barang yang melanggar hukum ya. Jika kamu berniat bawa benda-benda yang secara umum memang terlarang seperti narkoba atau barang bajakan, tentu tak akan dapat lolos. Apalagi mau coba lolos dari sinar X-Ray dan hidung anjing pelacak yang super itu. Aku hanya mau share trik bagaimana barang-barang yang bukan terlarang, tapi karena pemerintah Australia mau melindungi kekayaan biota dan rakyat dari segala macam penyakit (alias paranoid), dapat masuk dengan aman.

Karena aku pakai Malaysia Airlines, jadi perjalanan direct ke Adelaide baru setelah naik Airbus dari Kuala Lumpur. Ketika pesawat sudah take-off, ada pengumuman kapten pesawat yang menerangkan bahwa kita harus declare barang-barang yang kita bawa di bagian Customs di airport nanti. Kita diminta untuk mengisi Incoming Passenger Card, yang di dalamnya ada beberapa item. Oleh salah satu steward aku diberikan kartu yang katanya berwarna hijau (nopic gan sorry, nanti liat aja sendiri ya kalo ke Aussie) dan akan dibantu diisikan karena sudah tak mahir lagi pakai pulpen. hehe. Tapi sampai turun pesawat, tak ada steward (berharapnya sih stewardess) yang datang dan terpaksa baru isi sebelum masuk Customs di airport. Ternyata di airport, ada booth yang menyediakan juga Incoming Passenger Card. Aku dibantu oleh rekan di tim Indonesia yang orang Depsos untuk mengisikan. Sebetulnya agak tak enak karena ibu Depsos ini kurang bagus Bahasa Inggrisnya, jadi khawatir merepotkan, dan aku juga sulit paham karena pronounce beliau yang kurang tepat.

Di dalam Incoming Passenger Card, tertera beberapa item yang kita harus memberikan tanda check list jika memang membawanya. Ingat, jangan sampai terlewat apalagi berbohong dengan tidak menyebutkannya di kartu tersebut. Apabila ketahuan oleh petugas bandara, dapat dikenakan denda atau penjara. Berikut hanya akan disebutkan untuk beberapa bendayang lazim dibawa dan ada batasannya. Buat daftar lengkap, silakan unduh panduannya di sini, atau versi Bahasa Indonesia di sini.

  1. Makanan kemasan dan olahan.
    Ini benda yang paling umum dibawa terutama bagi yang akan hidup mandiri jauh dari keluarga, atau masih belum bisa move on dari makanan Indonesia. Berbagai makanan kemasan, seperti mie instant, yang memiliki brand dan jelas ada keterangan komposisinya biasanya akan lolos dari Customs. Lalu beras meski tidak ada merk juga akan dilewatkan. Namun bagi yang ingin membawa produk olahan daging, meski ada merk dan koposisi di bungkusnya, akan segera langsung dibuang ke tong sampah. Waktu itu aku membawa 7 bungkus dendeng daging sapi @ 200g, dan dua bungkus kena buang. Kata petugas, jika ingin membawa produk daging, harus dalam can atau kaleng.
  2. Rokok.
    Hal yang agak memalukan dari bangsa Indonesia adalah tak dapat lepas dari rokok. Karena harga rokok di Aussie sangat tinggi, maka banyak yang membawa rokok masuk dari Indonesia, atau menitip pada rekan yang akan datang kemudian. Sebetulnya tak ada larangan membawa rokok, hanya dibatasi per orang hanya boleh membawa maksimum 50 batang. Jika lebih dari jumlah tersebut, maka harus dilaporkan dan akan dikenakan biaya tambahan.
  3. Produk susu
    Australia sebagai negara yang terkenal dengan peternakan-peternakan besarnya melarang segala jenis makanan yang mengandung susu atau keju. Termasuk kopi instant 3 in 1 yang ada susu di dalamnya akan bernasib di tong sampah. Jadi harus agak hati-hati. Kecuali jika membawa balita, maka susu formula diperbolehkan. Selain itu, produk seperti teh atau kopi tak akan masalah.
  4. Obat-obatan
    Tak ada larangan membawa obat-obatan pribadi. Tapi agar lebih aman, sebaiknya membawa sekalian resep dari dokter dalam bahasa Inggris yang menerangkan perihal obat yang dibawa. Kecuali obat-obatan warung seperti aspirin, tak perlu dilaporkan dalam Incoming Passenger Card.
  5. Produk kerajinan dari tumbuhan atau hewan
    Harus agak berhati-hati jika membawa benda-benda yang berasal dari kulit hewan, kayu, dan sejenisnya. Benda-benda tersebut harus dilaporkan dalam kartu dan diperiksa oleh petugas Customs. Bahkan sambal botol yang di dalamnya masih terlihat ada biji-biji cabai, kadang akan disita oleh petugas. Mungkin mereka khawatir jika kita akan jadi petani cabai di sana.
  6. Sabun cair dan alat mandi
    Ini sebetulnya masuk kategori bahan kimia. Jadi jangan lupa untuk buat check list jika membawa sabun cair atau shampoo. Aku waktu itu bawa dua pasta gigi, sabun cair beserta refill, dan sebotol besar shampoo, dapat lolos aman sentosa.
  7. Parfum
    Ada yang bilang tak boleh bawa parfum di pesawat. Tapi aku bawa parfum ditaruh di bagasi dan tak ada masalah, bahkan sampai dibawa balik ke Jakarta. Mungkin yang dilarang adalah parfum yang mengandung gas. Sedang yang aku bawa hanya parfum semprot biasa.

Memang agak repot aturan mengenai barang bawaan ketika masuk ke Australia. Namun jika kita teliti, dan memberi check list pada benda-benda yang tertera di kartu, maka akan selamat. Boleh juga apabila kurang yakin, diberi check list saja semua, nanti biar petugas customs yang memeriksa. Oia, usahakan juga barang-barang yang sekiranya akan diperiksa dikumpulkan dalam satu koper. Jadi tidak rempong ketika harus membuka semua koper bawaan.

Khusus buat kasus 2 dari 7 bungkus dendeng daging yang ketahuan petugas dan dibuang ke tong sampah itu, sebetulnya cukup unik. Normalnya, semua daging itu dibuang karena tak lolos Customs. Tapi saat itu, aku membawa beras dan 7 bungkus dendeng itu dalam satu tas jinjing. Beras diletakkan di bagian tengah, dan ditutup dengan dua bungkus dendeng. Sedangkan sisa lima lainnya ada di bagian samping. Wal-hasil, petugas hanya memeriksa bagian tengah dari tas dan membuang yang dia temukan. Sedangkan bagian samping tak dibuka, dan selamatlah daging dendeng itu. Sebetulnya tak ingin bawa dendeng itu dari Indonesia, sebab khawatir overweight di airport. Tapi karena ibu memaksa, jadi apa mau dikata. Mungkin “selamatnya” lima bungkus lainnya, berkat doa ibu juga. hehe. Nah, jika kamu ingin membawa makanan favorit, mungkin cara serupa dapat dicoba. Tapi tak berani jamin ya, sebab untung-untungan juga.

Satu hal lagi, jika alasan kamu membawa banyak makanan dari Indonesia untuk berhemat selama di Australia sebetulnya tak tepat. Apabila yang dibawa seperti mie instant atau beras, masih masuk akal karena memang agak sedikit mahal di Australia. Tapi untuk produk-produk daging dan susu, di Australia harganya jauh lebih murah. Jadi, tak perlu takut kelaparan selama berada di negeri Kangguru. Gizi terjamin, mungkin rasa masakan di rumah yang akan jadi pemicu homesick. Jika ada pertanyaan mengenai barang-barang yang boleh atau dibatasi untuk masuk ke Australia, silakan tulis di kolom komentar ya.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?

54 Comments

  1. hi mas…. mau nanya ni… kemarin tu body wash + shampoo nya mas ada declare kah? kalau ada mau di checklist no berapa dalam declare cardnya? (termasuk jenis apa)? juga kalau membawa permen apakah perlu di declare di checklist yang mebawa makanan itu kah? thanks

    • hai kak. sepertinya tidak declare deh. atau lupa ya. udah lama juga belum ke Aussie lagi. hehe. tapi yang jelas kalau ditaruh dibagasi sih aman2 aja.

  2. Hay… Sya mau tanya klo bwa krupuk mentah n minuman kemasan bubuk dalm airpt kira2 boleh ga ya, krna ini pnglman sy pertama untk ke ngr tntangga.

    • dicoba saja kak. karena kadang untung-untungan juga sih. Dan bawanya jangan banyak2. dan pastikan dimasukkan ke bagasi ya jangan di tas buat di dalam kabin.

  3. Mas…barang2 bawaan yg perlu di-declare itu yg ada di cabin saja atau juga yg dalam bagasi? Kalau bawa mie instant itu isinya di bagian mana ya? Terima kasih mas

  4. Hai,mas.. Kalau bawa susu bubuk yg kemasan bgs n jelas komposisi nya juga gak boleh ya? Sy rencana mau bawa susu herbalife 2 toples buat sarapan di selama di sana. Mau masukkin ke bagasi aja, tp tetap di declare.

    • hai mbak Siska. setahu saya bisakok mbak. tak masalah. karena itu produk kemasan resmi. Selamat terbang ke Aussie ya mbak πŸ™‚

  5. Hi.. mau tanya dong ini pertama kalinya ibu ikut aku ke ausie sekalian jagain cucu..nah ibu saya itu harus rutin konsumsi obat darah tinggi and saya juga bawa obat paracetamol,obat flu, vitamin and stock minyak telon untuk baby saya. itu kiranya saya declare or masukin bagasi aja yah?? Kira2 nanti di bongkar ga tuh?? Biasanya sih sebelum punya baby aku aman2 aja bahkan bawa rokok 10 bungkus aman..

    • hai mbak. jika soal lolos atau tidak, ya dapat dikatakan itu hoky-hoky-an juga sih. tapi kalo mau aman lebih baik tetap di-declare. terus kalo obat-obat itu yang pasti ada resep dokter yang dibawa juga. tapi waktu itu saya juga bawa obat2 kapsul yang ga ada resep, masukin bagasi, ga masalah juga sih. jadi ya itu tadi πŸ™‚

  6. Makasi infonya (y)(y) tapi saya mau nanya . Saya rencana mau ke brisbane trus rencananya mau bawa gitar buat hadia ulang tahun . Gitarnya bisa lolos gk yah ?

  7. Malam kak. Mau nanya. Aq mau k brisbane mnggu depan.. dan aku bawa hadiah ultah kyk lukisan kayiu gtu. Harus declare ya? Trs aq bingung jg mau isi form nya krn saat ini aq ga kerja. Trs apa aq isi no job atau gmn ya?
    Makasi kk 😊

    • hai mbak Ici. Iya dideclare saja tak ada masalah. Ditulis out of job juga boleh seperti itu. Semoga lancar ya mbak perjalanannya ke brisbane πŸ™‚

  8. Malam kak. Mau nanya. Aq mau k brisbane mnggu depan.. dan aku bawa hadiah ultah kyk lukisan kayi gtu. Harus declare ya? Trs aq bingung jg mau isi form nya krn saat ini aq ga kerja. Trs apa aq isi no job atau gmn ya?
    Makasi kk 😊

  9. Hallo kk.
    Aku sering bolak balik darwin ktmu pcrku tp gk pernh bawa apa hanya baju saja. Yg aku mau tnya, kalau aku bawa lulur, freshcare gt apa aku perlu declare gk?? Dari waktu ini aku worried bawa lulur. Gk tau mesti gimana. Makasi

    • hai Dewi. Iya, declare saja. Asal ga banyak2 dan dibawanya di kopor bagasi, bukan cabin, bisa kok sepertinya. Saya dulu bahkan bawa sabun cair dan body lotion karena udara di Aussie kan kering πŸ˜€

  10. Share pengalaman juga ah ya mas…

    20 November flight dr Denpasar ke Brisbane
    1 Desember sampe Brisbane

    Saya membawa abon 2 sapi 2 bungkus, tempe kripik, obat sakit kepala tradisional, dan minyak kayu putih tradisional. Selebihnya cuma jajanan kecil macam coklat dll.

    Baru keluar counter imigrasi disambut oleh petugas yang bertanya tujuan dan keperluan, alhamdulillah saya selalu mempersiapkan segala sesuatunya dalam 1 map jadi semua berkas bisa langsung ditunjukkan mulai dari tiket pulang pergi, undangan, dan juga alamat selama di Aussie, lancar deh.

    Begitu juga pas di bagian custom, pas ditanya apakah declare, saya jawab dengan yakin tentu saja… Kemudian masuk ke barisan khusus yang lebih sepi. Kebetulan cuma bawa 2 koper besar dan 1 tas punggung. Disini kopor cuma diendus sama K9 dan tidak dibuka sama sekali oleh petugas… Ga tau kenapa mungkin krn emang ga terlihat membawa barang yang mencurigakan kali ya. Soalnya di counter sebelah hampir semua meja penuh dengan kopor penumpang yang dibuka oleh petugas.

    Wah sungguh pengalaman yang berharga mengingat ini pengalamn pertama melancong ke benua lain hihihi..

    Sukses selalu mas, ditunggu artikel selanjutnya ya.

    • wah thanks mas. asik pengalamannya. Iya kita juga harus pede sih. Selama ga membawa barang2 yang melanggar hukum, jadi tenang saja. Kadang memang agak tricky sih. Bawa makanan ada yang kadang lolos tapi ada juga yang kena satron petugas. hehe. Good luck mas.

  11. met malam kak,
    Rencana di feb 2017 sy mau ke brisbane, transit di sydney, apakah boleh membawa minyak kayu putih, atau minyak zaitun ?,
    Untuk alat elektronik bisa bawa handycam gak ?, jika bawa laptop apa ada pemeriksaan windows asli atau ga ?, untuk laptop katanya colokan beda dengan yang di indo, terus untuk colokan hp juga beda ??,
    Ada juga yang bilang katanya musti pakai koper yang original segala, maklum bru pertama kali, jdi bingung, hehehe…
    Untuk incoming form, baiknya di isi saja yaa, jika bawa produk cair kyk pencuci muka, dan alat kosmetik..

    • hai mbak Irma, wah agak banyak ya pertanyaannya. hehe. mau lanjut studi mbak di Aussie? selamat ya.

      1. Jika ingin membawa liquid, kalo ga salah ada batasan berapa mili yang bisa dibawa di cabine. Tapi kalo dimasukkan ke kopor bagasi sih ga masalah. Tapi itu nanti lebih baik di-declare saja. Kalo ga salah juga, asal jelas kemasannya, ada merk, komposisi, dan hal2 resmi lainnya, bisa masuk.
      2. sepengalaman saya ga ada pemeriksaan keaslian windows. petugas males juga kali mbak buka2 laptop kita. hehe. Tapi jika memang khawatir, bisa aja kosongkan dulu windowsnya, nanti sesampai di Aussie bisa install ulang operating systemnya. tapi sepengalaman saya sih, ga ada pemeriksaan laptop.
      3. Iya betul, bentuk colokan steker berbeda. dia yang tiga kaki dan agak pipih dan miring. Beda dengan colokan tiga kaki Singapore. Tapi mudahnya, nanti tinggal beli saja extention untuk menyambungkan bentuk colokan steker Indonesia yang cuma dua itu menjadi tiga kaki. Banyak kok di supermarket di Aussie seperti Coles atau bisa juga beli di kantor pos yang ada di kampus. Malah kalo ga salah, lebih murah beli di supermarket di Aussie daripada kita beli di Indonesia. Dan pastinya works juga kalo dijual di sana.

      ok, selamat menuju Australia ya πŸ™‚

    • oia lupa satu lagi ya. soal kopor, sepertinya ga ngaruh deh beli kopor asli atau yang KW. Soalnya petugas pasti sibuk dan ga terlalu kepo gitu. hehe. Jadi tenang saja mbak. Mungkin kalo mbak beli yang asli, barang2 lebih aman, karena kan kita tak tahu seperti apa perlakuan petugas di bandara ketika memindahkan kopor2 kita. Tapi kalo bisa beli yang harga terjangkau tapi kuat, itu juga sudah bagus. Oia satu hal lagi. jangan lupa untuk selalu mengunci kopor ya. Bisa pakai kunci dengan kode nomor yang ada di kopor, atau pakai gembok tambahan. Karena pihak bandara pasti akan mempermasalahkan jika kopor tidak dikunci. mereka tidak mau tanggung jawab apabila kenapa2.

  12. Malam kak , rencana akhir September kami sekeluarga akan ke Sydney , untuk liquid apakah ada maksimal nya? (100ml?) misalnya bawa shampoo,sabun cair,parfume ..

    Klo di form declare nya kami centang semua aja ya buat aman nya?
    Thanks buat tips & informasi nya ?

    • hai Yohana. Waktu saya ke Adelaide, saya bawa banyak sih. Ada shampoo 1 botol besar, sabun cair 1 kantong besar, haha. padahal produk2 itu akan lebih cocok kalo beli yang ada di Aussie, sudah disesuaikan dengan iklim di sana. tapi tenang, bawa aja. Kalo di taruh di bagasi bukan kabin, sepertinya aman.

  13. Hi bang, insyaallah saya akan berangkat ke Sydney selama 2 tahun untuk belajar, kira2 kalau bawa cobek dan ulekan batu boleh nggak ya? ? Soalnya saya nggak bisa masak kalau bumbunya nggak diulek ?

    • hai Endah, selamat ya buat studinya. anyway, bawa perkakas dapur itu sepertinya ga masalah deh. Belum masuk artevak cagar budaya yang dilindungi negara kan? hehe. Jadi selamat berburu capai dan bumbu2 ya di Aussie, meski agak susah deh. banyaknya yang bumbu jadi atau instant. tapi mungkin rasanya ga cocok buat lidah tiap orang πŸ˜€

  14. Hallo mau tanya dong.. Saya rencana mau ke aussie akhir bulan ini..
    Kebetulan mau main ke tempat teman disana. Nah saya mau bawain hadia buat dia dan anaknya :
    Sepatu olahraga *Nike 3 pasang karena anaknya dia 3 dan Hand Bag untuk teman saya.
    Sama saya mau bawain dia Kue Nastar.. Kan masih edisi lebaran.. Kira2 itu semua bisa lolos ga ?
    Fyi : nastarnya buatan sendiri
    Trims..

  15. Hallo mau tanya dong.. Saya rencana mau ke aussie akhir bulan ini..
    Kebetulan mau main ke tempat teman disana. Nah saya mau bawain hadia buat dia dan anaknya :
    Sepatu olahraga *Nike 3 pasang karena anaknya dia 3 dan Hand Bag untuk teman saya.
    Sama saya mau bawain dia Kue Nastar.. Kan masih edisi lebaran.. Kira2 itu semua bisa lolos ga ?
    Trims..

    • kalo untuk sepatu itu saya yakin sih ga masalah kak. Paling buruk itu nanti cuma disuruh buka kemasannya. tapi kalo untuk kue nastar, itu agak meragukan. Tapi dicoba saja. Selalu ada jalan jika ada niat baik πŸ™‚

  16. Kalo mw bawa vitamin gmn?
    Sy berniat mw bawa hanya selama jalan saja. Jadi tidak membawa kemasan nya.

  17. Hai kak..mau nanya kalo misalnya kita bawa handbody 100 ml tp masuk kabin bleh gak kak?sma alat kosmetik tapi di kabin semua?itu harus di centang juga ya di incoming passenger card?makasih kak..sblumnya..

    • iya betul. dikasihketerangan saja. Kalo ga salah sih saya dulu bawa lotion juga tapi ditaruh di koper bagasi.

  18. Hii.. Mau nanya , ayam cincang masak bumbu kecap sdh matang, chicken nugget fiesta bungkus an , saus tomat dan sambel ,bawang putih yg sdh d haluskan dan cabai yg sdh di haluskan. Manakah yang boleh dan tidak ?

    Trimakasih

    • hai kak, intinya sih selama itu makanan olahan yang dikemas dalam bungkus paten dan ada keterangan brand serta komposisi sih sepertinya bisa lolos. Tapi nasib-nasiban juga sih. dicoba saja ak, dengan risiko dibuang di custom, tapi jika beruntung semua juga bisa lolos. hehe.

      • Haii,, sy mau ke ausi bsk, mo tanya dong..kira2 klo bawa santan kara bole ga sih? Tqq

        • hai Lia. kemungkinan bisa. karena itu kan produk kemasan yang jelas ada komposisinya. good luck ya

    • Hallo tanya dong, kalo aku mau pulang ke indo dari aussie. Nah aku bawa coklat boleh gak kalo masuk kabin? Engga aku masukin bagasi.
      Terima kasih

      • halo. sepertinya kalo cokelat tidak masalah. banyak teman dulu yang begitu. sepertinya membawa cokelat itu oleh2 yang common ya dari Aussie πŸ™‚

  19. Hi.. Mau nanya , bila bawa tuna kaleng, daging ayam cincang yang sdh di bumbui dan matang , saus tomat , kecap, Ayam kalasan/ ayam sdh matang dan sdh di bumbui , bawang putih sdh d haluskan , cabe sdh di haluskan , royco ,gula, Mentega. Saran nya mana yang boleh dan tidak d bawa y?
    Karna berhubung jalan” ny dgn keluarga besar ,jd ingin memasak d apartment .
    Trimakasih ☺☺

    • mba yosita.. bawang putih yang dihaluskan beserta cabainya itu lolos gak?
      sy berencana ingin membawa bumbu yang saya buat sendiri jg..

  20. Kalau bawa barang elektronik seperti organ Yamaha dan Personnal PC/komputer apakah diperbolehkan? barang tersebut untuk dipakai sendiri

    • halo mas Edy. Sepertinya bisa ya. Cuma rada repot ga sih bawa barang yang ukuran2 besar gitu? Biasanya nanti akan masuk di bagasi dan jika berat lebih dari kuota yang biasanya diberikan gratis oleh maskapai, akan dikenakan biaya tambahan.

  21. Kak, klo kayak shampoo, sabun, minyak wangi cair gitu harus masuk bagasi atau ga?
    Trus klo masalah hp atau gadget ada maksimal ga? Misalnya 1 penumpang cuma boleh bawa maksimal 2.

    • hai Dea, untuk perjalanan ke Australia, waktu itu saya juga bawa shampoo, minyak wangi sendiri dari Indonesia.Bahkan saya uj ga bawa sabun cair. semuanya saya masukkan ke bagasi dan aman. Lalu untuk HP sepertinya saya tak menemukan aturannya, tapi mungkin ada. Karena mungkin ketika jumlahnya banyak, nanti dikira mau buka lapak di Aussie ya πŸ˜€

    • oia tambahan. Jika tak salah aturan yang berlaku umum untuk barang elektronik, adalah ketika melalui imigrasi, barang tersebut sudah terbuka dari kemasan. Artinya sudah pernah digunakan, atau minimal kardus kemasan sudah terbuka. Karena jika masih segel, itu terhibung barang ekspor / impor dan dikenakan pajak. Waktu itu pernah lihat liputannya di Metro TV.

  22. Aku mau berangkat ke adelaide nih kak minggu depan, aku bingung harus bawa apa aja trus nenek sama mama aku juga bekalin aku suruh bawa dendeng sama rendang dan makanan lain nya trus gimana dong kak? Kalau facialfoam kaya ponds dan bedak2 serta alat kecantikan lainnya boleh dibawa kak?? Atau harus ada resep dokternya? Need more info ya kak soal kehidupan diaussie juga

    • hai, alat-alat kecantikan boleh kok dibawa. Karena itu semua kan jelas merk dan kemasannya. Sedangkan untuk makanan, yang pasti bias lolos sih yang ada di dalam kaleng. Kalo yang boleh masak sendiri, atau kemasan plastic, ya banyak-banyak berdo’a aja biar ga kena imigrasi ya. atau simpan di tempat2 antara lipatan baju, terus cuma sebagian kecil deh yang yang ditunjukkan ke petugas πŸ˜€

  23. Kalau bawa obat2an untuk kecantikan gimana? Contohnya seperti Acne cream, acne sunblock? Itu smua didapat dari klinik kecantikan

    • Mungkin boleh kak. karena itu kan obat-obat yang ada kemasan resmi dan ada keterangan serta label resmi. Kemarin saya bawa sabun cair dan shampoo dari Indonesia juga bisa lolos kok. Asal tak dibawa ke dalam kabin saja. dimasukkan semuanya di koper bagasi ya kak.

  24. nice info, mau nanya nih, karena ada masalah sama kesehatan aku harus konsumsi obat dan jamu traditional, kalau obat bisa kita Bawa resep dokter, tapi kalau jamu bubuk tradisional gimana ya? apa bakalan di Sita? Terima kasih ^^

  25. horee, dendengnya terselamatkan πŸ˜€

    • haha. tapi agak bosan juga sih makan dendeng terus di sana. jadi dibagi-bagi aja ke teman di sana. πŸ˜€

      • Mas mau tanya, kalau pakai barang KW gitu lolos ndak ? Misalnya sabuk/ikat pinggang atau Jam tangan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,142 other subscribers

Top Blog