Remaja Tunanetra Mampu Mengarungi Dunia Cyber

*Esei ini pernah diikutsertakan dalam lomba Karya Tulis on-line Plasa.com bekerjasama dengan PT Telkom Multimedia tahun 2007*

Di abad ke-21 ini, internet bukan merupakan sesuatu yang asing bagi masyarakat. Memang pada tahun 90-an internet masih merupakan sesuatu yang sakral untuk dipelajari. Tapi dengan semakin terjangkaunya harga komputer dan sarana jaringan internet, semuanya jadi semakin mudah.

Penggunaan internet yang semakin meluas itu sudah pasti tidak akan melewati satu bagian dalam masyarakat ini. Remaja adalah bagian dalam masyarakat yang teramat penting. Mereka adalah tunas harapan bangsa yang diharapkan menjadi penurus generasi-generasi sebelumnya. Selain itu, jiwa muda yang selalu penuh rasa keingintahuan menjadi salah satu faktor bagi remaja untuk mencoba segala hal termasuk Internet. Didukung oleh semakin menjamurnya warung internet yang biasa disingkat “warnet”, remaja akan semakin mudah untuk mendapatkan akses internet. Internet sudah mulai menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan mereka. Bahkan ada sebagian remaja yang berpendapat bahwa mereka tidak akan bisa hidup jika tidak ada internet. Misalnya seorang yang sudah kecanduan program chatting, maka dapat dikatakan Ia tak akan melewatkan satu detik pun untuk mengobrol dengan sesama pengunjung internet.

Tapi untuk di Indonesia, tingginya itensitas penggunaan internet masih terbatas pada wilayah perkotaan saja. Untuk daerah diluar kota-kota besar, penggunaan internet masih sangat rendah. Bahkan masih ada daerah yang belum mendapatkan listrik, apa lagi internet. Walaupun begitu, pemerintah kita sudah berusaha mensosialisasikan internet dengan adanya program internet masuk sekolah. Jadi tiap sekolah sekarang dituntut untuk menggunakan teknik komputerisasi dalam entry data atau dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga selain guru yang dituntut untuk mampu menggunakan perangkat komputer plus sambungan internet, siswa pun dapat mengenal dan belajar internet dengan adanya mata pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi.

Tujuan dari program internet masuk sekolah itu adalah untuk membiasakan siswa dan guru dengan komputer dan internet. Untuk guru, sistem tersebut pada akhirnya akan mempermudah dalam pengolahan data dan penentuan akreditasi bagi sekolah-sekolah. Sedangkan bagi siswa, internet akan sangat membantu dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Di dalam kurikulum yang berbasis kompetensi ini, siswa dituntut untuk aktif dalam memenuhi semua standard kompetensi yang harus Ia kuasai. Jadi dari sumber-sumber yang sangat terbatas yang disediakan sekolah dan perpustakaan, siswa dapat melengkapinya melalui berselancar di internet.

Apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini. Siswa tidak boleh hanya memandang dunia sebatas apa yang ada di sekitar lingkungannya saja. Tapi harus melihat dunia dari berbagai arah. Untuk itu jalan yang termudah adalah melalui internet. Dengan internet, kita dapat melihat apa saja yang ada di seluruh sudut dunia. Dengan internet, semua ilmu pengetahuan terbuka luas untuk siapa saja. Dengan internet, kita bisa berkomunikasi dengan seluruh penduduk dunia. Oleh karena itu, internet memang membuat pengetahuan dan wawasan seseorang menjadi sangat luas.

Selain kesemua kebaikan dalam internet seperti yang sudah tersebut di atas, ada juga keburukan yang berasal dari internet. Diantaranya adalah banyaknya virus-virus komputer yang menyebar luas melalui internet. Hal tersebut sangat menganggu bagi pengguna komputer. Karena biasanya dapat merusak data atau yang parah dapat merusak komponen fital dalam komputer. Sebelumnya memang virus-virus yang banyak menyebar di Indonesia adalah virus-virus global, tapi sekarang sudah banyak sekali virus-virus lokal yang tersebar. Seperti misalnya virus Brontok, Flu burung, dan cool face. Bagi pelajar hal tersebut sangat menyebalkan karena bisa saja data untuk tugas yang sudah susah payah Ia kerjakan, hilang begitu saja karena Virus tak diundang.

Kemudian satu lagi keburukan yang ada dalam internet dan hampir semua dari kita ketahui. Yaitu item-item asusila yang ada di internet. Untuk hal tersebut tidak perlu saya sebutkan contohnya, karena kita sudah mengetahui betapa kejam hal itu merusak moral remaja dan pelajar Indonesia. Dengan adanya pornografi di internet, produktifitas pelajar dalam belajar menjadi menurun drastis. Mereka jadi malas belajar dan malah banyak menghayal tentang sesuatu yang tidak pantas. Oleh karena itu, tingkat kirminalitas semakin tinggi dan berbanding terbalik dengan prestasi yang semakin menurun.

Setelah kita membahas hal positif dan negatif dari internet terhadap remaja secara global, marilah kita sekarang menyoroti sebagian kecil dari golongan remaja itu. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kekurangan dalam melihat dunia ini. Tunanetra yang di dalamnya terdapat golongan totally blind, dan low vision atau berpenglihatan terbatas. Memang, mungkin bagi orang awam mustahil bagi orang tidak berpenglihatan menggunakan komputer, atau malah berselancar ria di internet. Tapi dengan teknologi, dapat membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin!.

Tunanetra dalam menggunakan komputer, sebenarnya tidak memerlukan banyak fasilitas khusus untuk mengoperasikannya. Hanya yang paling dasar adalah, sebuah komputer standard. Di sini yang saya maksudkan adalah seperangkat komputer biasa yang seperti anda pakai saat ini. Kemudian komputer itu harus dilengkapi sound card. Untuk hal ini, biasanya bagi komputer yang support multimedia pasti sudah tersedia. Kemudian dibutuhkan speaker atau headphone untuk memperoleh output suara. Dan yang paling esensial dari kesemuanya adalah software pembaca layar. Software screen reader atau pembaca layar ini adalah sebuah perangkat lunak yang dapat menterjemahkan apa saja yang ada di layar ke dalam bentuk suara. Untuk saat ini, screen reader yang banyak digunakan dan termasuk oleh penulis adalah screen reader buatan luar negeri dan berbahasa inggris. Tapi yang menggembirakan, ITB sedang mengembangkan versi bahasa Indonesianya.

Coklat Van Andre

———-
VERY IMPORTANT ANNOUNCEMENT!
Buat yang nggak mbaca, dijamin nyesel tujuh turunan.

Menjelang hari Valentine, Gue andre cowo paling populer di sini menawarkan kebahagiaan yang tak ternilai.
Fasilitas :
– Minta maaf kepada seseorang.
– Ngerjain orang sampai nangis-nangis di depan kelas.
– Hadiah sekedar tanda pertemanan (teman tapi mesra).
– Nembak seseorang sampai tergila-gila (Yang ini khusus buat cewe doank!).
Keberhasilan : 100%, Guarantee from The Perfect Andre.

So, buat kalian yang sudah pasti tertarik. Hub Gue Andre di kelas IPA 3 or telp di 081312345678 buat jasa pengiriman Coklat Van Andre yang super dasyat ini!.
———-

“Wah ini promo dari Andre si anak tajir itu?”
“Iya tuh kayaknya, udah pake nyumpahin segala lagi!”
Riuh rendah siswa memperbincangkan iklan yang terpasang di mading sekolah pagi ini. Mereka awalnya tidak mempercayai iklan yang terlalu dibesar-besarkan oleh andre siswa paling keren di sini. Tapi setelah tanggal 14 Februari semakin dekat, mereka tak ada pilihan lain.

Bukti langsung pun sudah ada. Beberapa hari setelah iklan dipasang, tertera dua tanda tangan. Dari Aldy murid kutu buku anak IPA dan Cintia murid kelas IPS yang sexy abis. Menyatakan kalau mereka sudah menggunakan Jasa andre dan berhasil 200%. 200% karena mereka sudah jadian sebelum hari Valentine tiba.

Terus satu bukti yang paling sensasional lagi. Mira cewe anak IPS berhasil ngerjain Melo Cowo plonga-plongo yang sudah mutusin Mira dengan alasan kagak jelas. Saat pelajaran Ekonomi yang gurunya killer abis, Melo berulang kali minta izin untuk ke kamar kecil. Sampai sudah lewat dari 10 kali, kesabaran guru tersebut habis. Melo berusaha sekuat tenaga memohon izin sambil menahan perintah tak terbantahkan dari dalam perutnya. Guru Ekonomi tetap tidak mengizinkan Melo. Ia hampir menangis sekarang dengan rintihan yang terlihat konyol bagi yang tidak merasakan.
“Bu, tolong bu….”
Melo nekad setengah berlari menuju keluar kelas. Tapi masih 2,5 meter jaraknya dengan pintu keluar, bunyi tak mengenakkan keluar dari bagian belakang tubuhnya. Serempak semua anak tertawa apalagi Mira yang sampai histeris dibuatnya. Melo nangis bombay tak sanggup menahan malu. Pada intinya, semua penawaran The Perfect Andre, sukses besar!.

Propaganda Andre itu menyebar ke seluruh sekolah terutama anak-anak kuper yang tidak berani untuk nembak seseorang. Tidak terlewat Andre. Ini bukan The perfect andre yang kita bicarakan sedari tadi, tapi Andre cowo berkacamata tebal yang sebenarnya jika lepas kacamata tampangnya cukup lumayan. Ia selalu tidak pede dengan keculunanya itu. Sehingga kalau dekat dengan cewe, keringat dingin mengucur dari dahinya dan langsung salting. Walau begitu, Ia punya selera yang tinggi kalau masalah cewe. Ia sudah lama mengincar Vera teman sekelasnya. Tapi Vera si cewe cantik nan pintar ini, tidak pernah memandang Andre serius. Ia hanya berbicara dengan Andre jika ada perlu atau maksimal tergabung dalam satu kelompok belajar. Sehingga karena sudah tidak sabar menahan gejolak di dadanya, Andre nekad menggunakan jasa The Perfect Andre.

“Ndre, aku mau bicara”
The Perfect Andre menengok melihat siapa yang datang menghampirinya. Pria tampan bertubuh tegap itu menghentikan tulisannya di buku catatan dan menggeser sedikit posisi duduknya.
“Oh kamu Dre, ada apa?”
Andre cupu duduk di bangku kosong sebelah The Perfect Andre. Saat itu waktu istirahat, jadi suasana kelas lenggang.
“Aku butuh bantuanmu”.
The Perfect Andre tersenyum lebar. Seakan-akan faham bahwa orang seperti Andre cupu ini pasti akan bersujud meminta bantuannya.
“Biar gue analisis. Di sini gue punya tiga paket. Paket A, buat ngerjain orang sampe kapok. Ah lo kan engak punya musuh setahu gue”
Andre cupu hanya mengangguk-angguk setuju.
“Terus paket B, buat orang yang pengen balik sama pacarnya. Tapi, lo kan mana pernah pacaran sebelumnya. Sorry, bercanda. Hehehe”
Andre cupu terdiam, agak tersinggung.
“Terus. Ah ini dia. Paket C. Ini buat orang yang mau nembak cewe. Gue yakin lo pasti butuh ini!” Seru The Perfect Andre pada akhirnya.
Andre cupu tersenyum puas. Ia menatap wajah The Perfect Andre yang sangat berbeda nasib dengannya walau nama mereka sama.
“Dre, pokoknya lo harus bantu gue”,
“Terus siapa cewe yang mau lo tembak?”
Andre cupu diam sejenak. Ia takut jika jawabannya ini ditertawakan The perfect Andre.
“Fera”.
Ekspresi wajah The Perfect Andre berubah serius. Lama Ia berfikir sebelum akhirnya berkata
“Hmmm, berat juga ya. Tapi tenang aja. Dengan sedikit golden touch dari gue, semuanya beres. Mungkin perlu ada sedikit modifikasi dari lo”
The perfect Andre membuka kacamata tebal yang dikenakan Andre Cupu. Lalu diambilnya Handphone plus kamera digital dan memotret close up wajah Andre Cupu tanpa kacamata.
“Coba lihat nih muka lo sendiri. Cukup keren kan, jadi lo harus pede ok!”
Andre cupu melihat sendiri wajahnya di screen handphone. Tapi sayang tak terlihat jelas olehnya. Diminta kembali kacamatanya dan sekarang Ia dapat melihat wajahnya sendiri yang ternyata cukup ok.
“Terus buat kacamata pantat botol lo itu, gue bakal bantu nanti cari kontak lense”,
“Tapi benar kan, lo mau bantu gue dre?” tanya Andre Cupu saat mengembalikan Handphone.
“Begini deh, lo kenal Nero kan teman sekelas lo itu. Dia itu gue yang buat balik lagi sama cewenya si Resty. So you must trust me!”
Andre cupu sekarang tersenyum yakin dengan indoktrinasi The Perfect Andre. Ia teringat dengan Nero teman sebangkunya di kelas. Setelah balikan lagi dengan Resty, dia selalu sibuk ngetik sms buat cewenya itu. Padahal sebelumnya setiap hari Nero curhat di sela-sela jam belajar. Oleh karena itu, motifasinya semakin tinggi untuk bisa bersaing di percaturan cinta.***

Masih Perlukah Ujian Nasional?

Saya sekarang berada di kelas 12 atau kelas terakhir pada jenjang sekolah menengah atas. Ya benar kelas 12. Saya tidak salah tulis dalam hal itu. Sebenarnya adalah suatu perubahan yang tidak berguna sama sekali. Hanya perubahan dari nama kelas 3 menjadi kelas 12 saja. Malah akan membuat semakin aneh karena masuk di sekolah baru yaitu SMA, lah kok tahu-tahu langsung kelas 10 yang sebelumnya tidak pernah mendapatkan kelas 9.

Kira-kira terhitung dari sekarang, waktu belajar efektif untuk kami yang sekarang ada pada kelas 12 tinggal 7 bulan lagi belajar efektif. Jika diamati sekilas, waktu tujuh bulan merupakan waktu yang cukup lama. Tapi jika dijalani dengan kondisi yang sekarang ada pada kelas 12, waktu itu adalah waktu yang sangatlah cepat. Malah saya tidak percaya sendiri kalau sebentar lagi saya akan meninggalkan SMA ini dan insyaallah akan masuk ke universitas.

Desas-desus dari guru, pada sistem kurikulum baru ini ujian nasional akan diadakan hanya pada mata pelajaran utama lagi. Tidak seperti kemarin yang hanya tiga pelajaran yaitu bahasa inggris, bahasa indonesia, dan matematika (untuk IPA) atau Ekonomi (untuk IPS). Tapi untuk kurikulum sekarang ini yaitu bisa terdiri dari 6 pelajaran lagi. Misalnya untuk jurusan IPS akan terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah, dan Geografi. Ini semua masih sekedar issu sih katanya, tapi yang pasti ujian nasional itu akan tetap ada entah berapa pelajaran yang akan diujikan.

Sepengatahuan saya, jika benar-benar terjadi mata pelajaran yang diujikan sebanyak enam pelajaran itu, maka ini berarti kembali ke sistem kurikulum dulu yaitu sekitar tahun 1994. Ah benar-benar perubahan yang sia-sia.

Ok kita akhiri pembahasan mengenai mata pelajaran dan sistem kurikulum yang aneh itu karena sudah banyak kita bahas pada artikel saya sebelumnya. Saya sebenarnya sih maklum, karena negara kita yang tercinta ini adalah sebuah negara yang sedang berkembang dan masih banyak perlu belajar, jadi perubahan-perubahaan yang tidak masuk akal itu pasti masih akan sering terjadi.

Sekarang saya akan memberikan beberapa pendapat dari pengamatan yang saya lakukan di lapangan.

Sesungguhnya sistem uan itu baik untuk dilakukan, karena dengan adanya uan pemerintah dan masyarakat luas dapat mengetahui seberapa tinggi tingkat pendidikan nasional kita sekarang ini. Dengan standar mutu yang dinilai oleh angka terendah itu, maka akan dapat dibandingkan standar ketuntasan antar negara. Misalnya yang saya tahu dari beberapa informasi, Malaysia yang merupakan negara tetangga kita yang pada awalnya mengimport guru dari Indonesia, mereka sudah menggunakan standar kira-kira 7 untuk standard minimal. Sedangkan negara kita sampai sekarang masih menggunakan standar 4,26 yang sekarang katanya akan dinaikan hanya sekitar 5 saja. Sungguh perbandingan yang sangat jauh sekali jika dibandingkan dengan negara tetangga kita.

Liberalisme dan Tipu Muslihatnya

Perang dingin atau cold war terjadi setelah usai perang dunia kedua. Perang ini didalangi oleh dua raksasa dunia pada saat itu, yaitu Amerika Serikat dan Uni Sovyet.

Untuk Amerika serikat, negara ini sudah terbentuk lama kira-kira lebih dari dua abad yang lalu. Negara ini pada awalnya merupakan sebuah benua baru yang belum diketahui oleh orang-orang eropa paling tidak sebelum tahun 1497 yaitu sebelum Christoper Colombus menepikan kapal layarnya di kepulauan Bahama. Christoper Colombus disebut-sebut sebagai orang yang menemukan benua Amerika. Ia ditugasi oleh Ratu Isabela dan raja Ferdinan dari Spanyol untuk menemukan jalur baru menuju ke India. Sebenarnya Colombus sendiri adalah seorang Italia yang lahir di Genoa.

Colombus mengambil rute menuju ke arah barat untuk menuju India yang hakikatnya ada di sebelah timur dari benua eropa. Hal ini ia lakukan karena sebelumnya sudah ada penjelajahan samudera yang dilakukan oleh Ferdinand Magelhans yang berhasil mengelilingi dunia untuk pertama kali menurut orang Eropa yang pada saat itu memang masih terbelakang sekali. Mereka selama berabad-abad didoktrin bahwa bumi itu berbentuk persegi panjang seperti meja. Jadi mereka menganggap jika mereka melakukan perjalanan yang jauh, mereka takut akan jatuh ke jurang ujung dunia. Teori tersebut disebut teori Geocentris. Jadi bumi sebagai pusat dari segala sesuatu. Tapi kemudian keluarlah teori heliocentris yang dikemukakan oleh Nicolous Copernicus seorang kebangsaan Polandia. Ia mengemukakan bahwa matahari adalah pusat dari tata surya yang kemudian bumi itu turut mengelilingi matahari sebagai salah satu bagian dari tata surya. Lalu Ia juga mengemukakan bahwa bumi itu bulat. Teorinya ini didukung oleh Galileo Galilei seorang berkebangsaan Italia yang menemukan Teropong dan membuktikan bahwa di samping bumi, terdapat planet-planet lain di tata surya ini.

Kembali lagi ke Colombus, Ia melayari samudera Atlantik ke arah barat. Hal ini dilakukan karena adanya perjanjian Tordesilas. Yaitu perjanjian antara Portugal dan Spanyol bahwa daerah kekuasaan mereka adalah sebelah barat dari garis tordesilas yaitu milik Spanyol, dan sebelah timurnya milik Portugal. Hal ini merupakan pelanggaran terhadap kekuasaan Tuhan, karena menusia seenaknya saja sendiri mengakui bahwa bumi ini adalah miliknya. Padahal semuanya milik Tuhan dan masyarakat pada tiap daerah masing-masing bertugas untuk mengelola dan merawatnya. Kemudian Ia mendarat di Kepulauan Bahama. Yang sebenarnya Ia belum pernah menginjakkan kakinya di benua Amerika pada waktu itu. Pada waktu itu Ia melihat ada penduduk asli di sana yang masih tidak menggunakan pakaian seperti orang-orang Eropa. Kemudian karena Ia menganggap bahwa Ia telah sampai di India, orang-orang tersebut dinamainya orang Indian. Kemudian seorang temannya yang ikut berlayar, Amerigo Fespuchi seorang wartawan asal Italia memberikan nama Amerika pada benua baru itu sesuai dengan namanya.

Kemudian setelah Colombus menemukan rute menuju Amerika, Ia mengumumkannya pada dunia. Lalu datanglah setelah itu bangsa-bangsa imperialis Eropa seperti Portugal, Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, dan lain-lain. Untuk bangsa Inggris dan Perancis dapat mendesak penjajahan orang-orang Spanyol dan Portugal sehingga hanya di kawasan Amerika tengah dan selatan. Bangsa Eropa berdalih bahwa mereka melakukan penjajahan hanyalah untuk mendidik bangsa-bangsa yang belum beradab agar dapat pada nantinya mengelola tanahnya. Hal ini sangatlah dibuat-buat, karena misalnya saja di Astek, Maya, Inca, Mesir kuno, dan Mesopotamia sudah mengenal peradaban sejak 2000 tahun sebelum masehi yang pada saat itu bangsa Eropa masih zaman Prasejarah dan hidup di gua-gua.

Kemudian untuk pembagian benua Amerika yaitu sebelah utara dikuasai oleh Inggris dan Perancis. Untuk Kanada sebenarnya merupakan bagian Perancis, tapi karena mereka kalah perang pada perang tujuh tahun, Kanada menjadi kekuasaan Inggris pula. Untuk kawasan Amerika tengah yang dimulai dari Meksiko sampai ujung amerika selatan yaitu Chilli dan argentina, hampir seluruhnya dikuasai oleh penjajahan Spanyol dan hanya daerah Brazilia saja yang dikuasai oleh Portugal. Hal ini sebenarnya melanggar perjanjian Tordesilas karena daerah kekuasaan Portugal adalah di sebelah timur garis Tordesilas. Tapi entah mengapa Cabral penjelajah Portugal tersesat ke arah barat dan menemukan daratan yang sangat luas yaitu Brazilia.

Sekarang kita tinggalkan dulu penjajahan bangsa eropa yang menjajah dengan kejam dan rakus di daratan benua amerika. Karena tidak akan habis-habisnya membahas ketamakan dari bangsa-bangsa yang mengakunya beradab itu. Mungkin suatu saat akan kita bahas bersama di situs kita tercinta ini.

Pendidikan yang Tidak Mendidik

Kira-kira lebih dari sebulan yang lalu, saya memulai kembali tahun ajaran baru di tahun terakhir saya pada tingkat pendidikan SMA. Sebelumnya, saya (orang tua tepatnya) harus membayar uang daftar ulang yang besarnya kira-kira Rp 650.000,00. Merupakan jumlah yang cukup besar bagi saya dan keluarga yang hanya hidup ala kadarnya. Terus itu masih ditambah dengan biaya beli buku baru yang setiap tahun selalu berganti-ganti entah itu isinya yang sedikit berubah, ganti penerbit, dan ganti pengarang. Pokoknya untuk setiap tahun ada saja alasan untuk beli buku yang baru sehingga tidak dapat memakai buku yang bekas tahun lalu.

Yang saya tahu, alokasi untuk sektor pendidikan di APBN sudah mencapai 20%. Jadi merupakan jumlah yang cukup besar yaitu seperlima dari seluruh pengeluaran negara. Seharusnya dengan jumlah sebesar itu, sudah dapat memenuhi seluruh fasilitas dan kebutuhan pendidikan dalam hal ini sekolah.

Untuk sekarang ini tahun 2006, pemerintah dalam hal ini departemen pendidikan mencanangkan lagi kurikulum baru yang dinamakan kurikulum standar isi. Yang sebelumnya pada tahun 2004 telah pula menggunakan kurikulum baru yaitu kurikulum berbasis kompetensi. Yang katanya untuk menaikan mutu pendidikan nasional. Tapi nyatanya yang katanya kurikulum baru akan diganti untuk setiap sepuluh tahun sekali, baru berjalan dua tahun sudah diganti lagi dengan kurikulum standar isi itu. Entah apa perbedaannya dari kedua kurikulum itu. Yang saya tahu adalah materi atau bab-bab dalam buku pelajaran diacak-acak lagi, diputar-putar ada yang diletakan pada kelas sepuluh, sebelas, dan kelas dua belas. Malah yang mencolok sekali yaitu materi belajar word dan excel pada pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK), untuk kurikulum baru ini diletakan pada kelas tiga yang padahal untuk kurikulum KBK sebelumnya diletakan pada kelas sepuluh. Lalu materi belajar jaringan atau networking dan internet yang sebelumnya dipelajari pada kelas dua belas, sekarang pada kurikulum standar isi dipelajari pada kelas sepuluh.

Yang dapat saya simpulkan dari berganti-gantinya kurikulum tersebut, adalah kewajiban murid untuk membeli buku pelajaran baru yang akan sangat berbeda sekali dengan buku yang baru saja dipakai tahun lalu. Sehingga tidak dapat menghemat dengan hanya membeli buku bekas atau pinjam buku kakak kelas.

Lalu biaya untuk bulanan sekolah sekarang ini (sma terutama) sangatlah memberatkan bagi yang tingkat ekonominya menengah ke bawah. Bayangkan saja, satu semester jika dikalkulasi dari bulanan yang hampir 200.000,00 hampir 1.200.000,00. Sungguh biaya yang tidak kecil bukan?. Kalau menurut saya, hal ini akan menyebabkan budaya korupsi di negeri ini semakin menjadi-jadi. Bagaimana tidak!, bagi para calon tenaga kerja yang misalnya akan masuk ke birokrasi pegawai negeri. Mereka akan melakukan segala cara bahkan dengan korupsi untuk menutupi semua biaya yang sudah mereka keluarkan selama sekolah sampai kuliah jika ia.

Liberalisme Vs Komunisme

Liberalisme dan komunisme adalah dua paham besar yang di dunia sekarang ini atau lebih tepatnya 20 tahun yang lalu saat masih gencarnya perang dingin. Masing-masing dari paham tersebut di antut oleh negara superpower yang paham pertama dianut oleh raksasa Amerika Serikat, dan yang kedua oleh Uni Sovyet (yang sekarang sudah runtuh).

Antara dua paham tersebut memiliki ketertolakbelakangan yang sangat nyata. Untuk paham liberal, menekankan pada kebebasan individu. Jadi individu diberi kebebasan yang sebesar-besarnya untuk melakukan apa yang diinginkan. Tanpa ada campur tangan dari negara atau tuhan sekali pun.
Sedangkan paham komunisme, menekankan pada penyamarataan derajat. Jadi semua individu dianggap sama oleh negara dan oleh karena itu, pendistribusian materi dan segala aspek dalam kehidupan diatur oleh negara. Negara berkuasa atas segalanya untuk rakyatnya. Hak-hak individu tidak diakui sama sekali oleh negara karena negara menganggap semua materi yang ada di kawasannya adalah milik negara.

Idiologi komunis ini lahir dari paham sosialisme yang ada sebelumnya yang tokoh-tokoh pencetusnya antara lain Karl Marx dan Frederich engel. Sosialis berpandangan bahwa perekonomian yang menentukannya adalah kekuataan buruh atau kaum proletar. Jadi bukan para kapitalis atau pemilik modal seperti paham liberal. Sehingga para buruh bukanlah objek yang hanya dijadikan alat dan diperas tenaganya, tapi menjadi salah satu subjek yang dapat menentukan berjalannya roda perekonomian dan politik.

Paham komunis intinya sama dengan sosialis, tapi dalam penerapannya yang berbeda. Untuk komunis menghendaki perubahan dari masyarakat kapitalis menjadi penyamarataan derajat harus dengan cara yang radikal revolusioner. Sehingga secara singkat dapat terbentuk masyarakat yang tidak lagi mengenal stratifikasi social. Semua sama rata dalam satu tingkat. Lalu untuk sosialis, paham ini tidak menghendaki perubahaan yang radikal. Tapi paham ini menginginkan perubahan yang secara damai misalnya dengan pemogokan buruh. Karena dengan mogok, pasti produksi dari suatu pabrik akan terhenti dan kerugian yang amat besar akan dialami oleh kapitalis atau pemilik modal.

Pada masa perang dingin, kedua negara superpower berlomba untuk menyebarkan idiologinya. Perang ini disebut perang dingin atau cold war karena perang yang dilakukan tidak dilakukan secara terbuka tau perang fisik seperti perang dunia I dan II, tapi dilakukan dengan perlombaan menyebarkan idiologi ke negara lain dan menunjukan bahwa idiologi mereka masing-masing lebih baik dari pada yang lain.

Idiologi liberal ini tersebar di negara-negara seperti Amerika Serikat, negara-negara eropa barat, dan untuk di asia adalah Jepang. Jepang ini merupakan negara kalah perang yang seharusnya tidak mendapatkan dana dari Marshal Plann atau dana bantuan dari amerika serikat untuk negara-negara sekutunya yang mengalami kerusakan, tapi hal ini dilakukan oleh Amerika Serikat untuk membendung paham komunis yang ada di negara tetangganya yaitu Republik Rakyat Cina (RRC) dan Korea Utara.

Sedangkan untuk paham komunis, paham ini tersebar di negara-negara Eropa Timur, Uni Sovyet, RRC, Korea Utara, dan Vietnam Utara. RRC merupakan negara satelit bagi Unisovyet yang paling besar, tapi akhirnya mereka sendiri berkonflik karena ada perbedaan penerapan paham komunis yang mendasar antara keduanya. Jika Uni Sovyet menekankan pahamnya pada komunis yang ditopang oleh kaum buruh (speerti asli pada paham sosialis). Karena sebagian besar rakyat Uni Sovyet adalah buruh akibat industrialisasi dan modernisasi yang dilakukannya sejak zaman Peter yang agung. Sedangkan RRC mendasarkan paham komunisnya pada kaum petani. Karena sebagian besar rakyatnya adalah petani yang masih banyak terdapat luas lahan pertanian di sana. Jadi Uni Sovyet menuduh bahwa RRC telah menyimpang dari paham komunis yang sebenarnya.