Jakarta – Acara para blogger memang identik dengan kopdar alias kopi darat. Ketika orang-orang yang sebelumnya aktif di dunia maya lantas saling bertemu dan melanjutkan obrolan dari internet ke dunia nyata. Salah satu acara kopdar terbesar di Indonesia adalah Blogger Nusantara yang di tahun ini sudah diselenggarakan untuk ketiga kalinya. Aku berkesempatan mengikuti event akbar ini di Yogyakarta dari 30 Nov – 1 Des 2013. Hanya dua kata untuk menggambarkan acara ini: seru dan istimewa.

Sekilas mengenai Blogger Nusantara. Event akbar para blogger seluruh Indonesia yang diadakan sekali tiap tahun ini sudah diadakan tiga kali. Pada 2011, Blogger Nusantara sukses diadakan di Sidoarjo, 2012 di Makassar, sedangkan tahun ini giliran Yogyakarta jadi tuan rumah. Sedangkan inisiator acara adalah ID Blog Network (IBN), sebuah perusahaan advertising yang berbasis blogger. Biasanya yang jadi sponsor adalah mitra-mitra utama IBN seperti Telkom atau perusahaan telekomunikasi lainnya.

Aku datang ke Yogyakarta ceritanya sebagai perwakilan dari Kartunet. Pada tahun sebelumnya, kami juga diundang mengikuti Blogger Nusantara yang diadakan di kota Makassar. Aku sudah coba ajak teman-teman di Kartunet lain untuk ikut, akan tetapi rupanya mereka kesulitan untuk mencocokkan waktu. Memang di Blogger Nusantara undangan biasanya dikirimkan ke komunitas-komunitas blogger yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Mereka datang secara swadaya, hanya didasari oleh semangat untuk silaturahim dan “jalan-jalan” tentunya.

Sebetulnya, agendaku datang ke Yogyakarta kali ini tidak untuk mengikuti #BN2013 saja. Hal ini sudah direncanakan sejak masih di Adelaide pertengahan bulan November. Skenarionya, aku berangkat bersama orang tua naik kereta Jum’at 29 Nov dan akan turun di Yogyakarta pada pagi hari keesokan harinya, sedangkan mereka melanjutkan perjalanan ke rumah mbah di Wonogiri. Setelah acara berakhir 1 Desember sore, baru aku menyusul ke kampung untuk beberapa hari. Tapi, rencana agak sedikit diubah karena kami kehabisan tiket KA Progo atau KA Bengawan yang berhenti di Stasiun Lempuyungan, Yogyakarta. Kami terpaksa naik KA Brantas yang berhenti di Stasiun Solo Jebres, baru nyambung ke Yogyakarta.

Karena datang sendiri dan membutuhkan asistensi mobilitas selama  mengikuti acara, aku menghubungi Humas Blogger Nusantara 2013 mas @Jarwadi. Melalui email ku katakan bahwa aku minta dicarikan peserta acara yang berangkat dari Solo di hari Sabtu pagi untuk teman barengan. Alhamdulillah, ada @mashendri dari komunitas blogger Bengawan yang bersedia untuk membantuku berangkat bersama dari Solo ke tempat acara di Yogyakarta. Wal-hasil, aku tiba di Solo Jebres sekitar hampir subuh, kemudian mandi di toilet stasiun, dan menunggu @mashendri datang.

“Oia, kamar mandi di stasiun cukup recommended juga lho jika ingin membersihkan badan. Cukup bersih dan air juga segar. Selain itu, tak ada pungutan retribusi juga. Mungkin ini kebijakan baru dari PT KAI. Tapi dengan catatan, ini ketika masih pagi hari lho. Tak berani jamin juga kalo sudah agak siang, apalagi malam.”

Bersama @mashendri kita ke Stasiun Solo Balapan dulu untuk kejar KA Prambanan Ekspres alias Prameks yang nanti turun di Stasiun Tugu, Yogyakarta. Ini sepertinya juga ada kebijakan baru. Jika tak salah, tahun lalu Prameks masih berhenti di Solo Jebres. Maka dari itu aku kira dari Solo Jebres cukup tunggu @mashendri dan langsung naik Prameks ke Tugu. Ternyata mulai tahun ini jadwal berubah dan kami terpaksa naik motor dulu ke Solo Balapan. Sampai di Solo Balapan jam 6 lebih dikit, ternyata KA Prameks baru saja berangkat. terpaksa, kami tunggu KA Sriwedari yang berangkat satu jam kemudian dengan tiket dua kali lipat atau Rp 20.000

Perjalanan sekitar 1 jam naik KA Sriwedari dari Solo Balapan ke Stasiun Tugu. Sampai Tugu, kami naik taksi sebentar ke meeting point pertama yaitu Edu Hostel. Sudah berkumpul para peserta Blogger Nusantara, baik yang menginap malam sebelumnya atau yang baru datang. Menunggu beberapa lama, sepertinya ada sedikit “trouble” dari jadwal acara yang agak molor. Mau tahu apa yang terjadi akhirnya dengan Blogger Nusantara 2013? Dilanjut di postingan berikutnya ya.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Sudah Baca yang Ini?