Bocoran Agar Lolos Seleksi Forum Indonesia Muda

Bocoran Agar Lolos Seleksi Forum Indonesia Muda

Judul tulisan ini sekilas bernada trik curang agar lolos seleksi agar tergabung dalam Forum Indonesia Muda (FIM). Tapi saya menjamin, tidak ada kecurangan sama sekali di sini. Apalagi niatnya adalah ikut FIM, sebuah wadah para pemuda dari Sabang sampai Merauke untuk jadi calon-calon pemimpin masa depan, tak etis tentunya jika menggunakan cara-cara yang tak semestinya.

Kata ‘bocoran’ di sini sebenarnya hanya akan memberikan pandangan dan sedikit tips strategi untuk kamu yang sedang mengikuti seleksi FIM angkatan berapapun. Strategi agar kamu dapat secara optimal menerangkan siapa dirimu dan track record-mu pada berkas pendaftaran FIM, agar kamu yang merupakan pemuda-pemuda pilihan bangsa, tak lantas gagal lolos FIM hanya karena salah strategi. Sebab saya yakin, orang sukses bukan hanya mereka yang pandai atau berpengetahuan luas, tapi juga orang yang dapat berada dalam waktu dan situasi yang tepat dengan cara-cara yang tepat pula. Bahasa kerennya the right man in the right place. Tapi bukan hanya sampai di situ, tentu izin Allah pada akhirnya akan menentukan segalanya. Jadi setelah membaca ‘bocoran’ ini, tetap harus ikhlas ya menanti pengumuman peserta lolos seleksi FIM.

Sebelumnya, saya adalah alumni Forum Indonesia Muda atau FIM angkatan 14C. C di sana menunjukkan lokasi pelatihan yaitu di Cibubur, Jakarta oleh karena di angkatan FIM 14 pelatihan FIM dilakukan di dua lokasi yaitu di Cibubur dan di Bukittinggi, Sumatra Barat. FIM memang biasanya tiap tahun mengadakan dua kali live skill training and character building, yaitu sekitar bulan Mei dan juga di Oktober. Peserta tiap angkatan rata-rata berjumlah lebih dari 120 pemuda usia 18 – 30 tahun, dan setelah pelatihan maka disebut alumni FIM. Selain itu, saya juga pernah tergabung sebagai panitia dalam pelatihan FIM. Jadi sedikit banyak tahu mengenai proses seleksi FIM dan ingin berbagi informasi ini agar teman-teman dapat menggunakan strategi yang tepat.

Tips Umum Pendaftaran Forum Indonesia Muda

Proses pendaftaran FIM biasanya sudah dibuka minimal tiga bulan dari waktu pelaksanaan program pelatihan. Pendaftaran FIM dilakukan secara online dengan mengisi form dan submit berkas kelengkapan di laman http://portal.forumindonesiamuda.org. Di sana tersedia informasi lengkap mengenai apa itu FIM, kapan waktu pelaksanaan, narahubung yang tersedia, dan pastinya form registrasi untuk menjadi anggota pelatihan FIM angkatan yang sedang dibuka. Beberapa tips berikut mungkin tidak sesuai lagi dengan kreteria dan persyaratan untuk mengikuti angkatan FIM yang sedang kamu daftar saat ini, akan tetapi prinsip-prinsip umum dapat dijadikan semacam pedoman untuk mengisi CV dan menerangkan maksud tujuan serta motivasimu mengikuti FIM atau kegiatan serupa lainnya.

Tips pertama yaitu tak perlu terburu-buru untuk submit form registrasi. Dalam Portal FIM, form dapat diisi kemudian disimpan sebelum akhirnya dikirim dan tak dapat direvisi lagi. Isi dengan seksama dan jangan sampai ada kolom yang terlewat atau diisi asal-asalan, baru setelah benar-benar yakin boleh disubmit sebelum deadline penutupan registrasi FIM. Ya ini memang akan buat panitia recrutment kelimpungan jika banyak deadliners, tapi tenang, jangan korbankan kesempatanmu menjadi anggota FIM hanya karena ingin terburu-buru mengirimkan formulir. Biasanya tak ada nilai plus kok untuk yang terlebih dulu melengkapi form pendaftaran, poin terpenting adalah kelengkapan. Saya yakin para panitia sudah ikhlas mengemban amanah ini πŸ™‚

Tips kedua, carilah surat rekomendasi di awal masa pendaftaran agar tak telat saat deadline nanti. Surat rekomendasi ini dapat berasal dari ketua organisasi kamu berada saat ini, atau orang berpengaruh lain di lingkungan kampus atau berkegiatan kamu. Isi surat rekomendasinya pun harus jelas, bukan sekedar surat keterangan bahwa kamu memang berasal dari organisasi tersebut. Harus ada kalimat yang menerangkan bahwa dia, sebagai pemberi rekomendasi, memang merekomendasikan kamu untuk mengikuti pelatihan Forum Indonesia Muda angkatan sekian. Dan sebagai perhatian, harus surat rekomendasi yang terbaru ya, jangan yang pernah bekas dipakai untuk mendaftar FIM sebelumnya πŸ˜€

Tips ketiga adalah agar secara lengkap dan seksama saat mengisi CV dan juga esai motivasi. Apabila ada dua hal tersebut, maka itu adalah inti komponen penilaian apakah kamu lolos ikut pelatihan FIM. Kuncinya adalah isi dengan lengkap, prioritaskan menuliskan hal-hal yang jadi kelebihanmu, dan pastinya harus jujur. Untuk lebih detail mengenai strategi agar memperoleh hasil maksimal saat mengisi curriculum vitae dan esai motivasi pada saat pendaftaran FIN, akan dijelaskan di tulisan berikutnya ya.

Tips keempat, carilah seniormu di kampus atau berkenalanlah dengan alumni FIM angkatan sebelumnya. Lebih bagus lagi jika dia sudah mengenal baik kamu dari segi karakter dan juga sepak terjang selama ini. Nanti jangan lupa di formulir pendaftaran FIM, minta izin dan masukkan nama alumni tersebut sebagai orang yang merekomendasikan kamu bergabung di FIM. Sama halnya saat kamu mengikuti seleksi atau melamar sebuah pekerjaan, maka kontak perekomendasi bisa menjadi cukup penting karena dapat dihubungi oleh pihak penyelenggara untuk mengetahui lebih jauh dan konfirmasi mengenai track record kamu. Jika persyaratan ini ada, maka perlu dengan cermat untuk memilih siapa yang sekiranya punya pandangan positif dan tahu mengenai kamu yang sebenarnya. Tapi jika tak disyaratkan, ya punya koneksi dengan alumni FIM yang kece-kece ga ada ruginya kok :D.

Tips lainnya, tak perlu khawatir untuk kamu yang berasal bukan dari kampus-kampus populer atau daerah-daerah. Bisa jadi saat angkatan seleksimu, FIM menerapkan kebijakan untuk mempertimbangkan keunikan dan keberagaman peserta, serta mendorong agar alumni-alumni FIM tersebar di berbagai daerah. Jadi beranikan saja untuk mendaftar, meski kamu berasal dari kampus, latar belakang agama, etnis, kondisi fisik, atau daerah yang terpencil. Khususnya saya mendorong agar kamu apabila mahasiswa dengan disabilitas agar juga memberanikan diri mengikuti FIM. Agar jejaringmu makin luas dan dapat mengajak alumni FIM lainnya agar mengenal dirimu.

Tips umum terakhir yaitu jangan pernah menyerah untuk mendaftar FIM. Selama usia masih masuk kategori peserta FIM, teruslah berjuang untuk mendaftar. Sebab ada kemungkinan diterapkan prioritas juga untuk mereka yang pernah mendaftar FIM sebelumnya tapi belum diterima. Tapi Insha Allah, dengan strategi yang tepat, kamu akan segera tergabung di FIM. Namun jika kesempatan itu belum tiba, jangan pernah menyerah kawan!

Lalu, mengapa saya perlu repot-repot menulis ‘bocoran’ ini agar teman-teman lolos FIM? sebetulnya tak repot juga, saya senang kok saat berbagi, apalagi hal-hal positif. Saya ingin teman-teman dapat bergabung dalam FIM karena saya sudah merasakan berada di dalamnya. Mungkin pelatihan dan materi-materi yang di dapat saat FIM training dapat ditemui juga di kegiatan kepemudaan yang serupa. Tapi satu hal yang membuat FIM berbeda adalah kamu dapat menemukan keluarga baru di FIM. Teman-teman satu angkatan dan angkatan lainnya yang pasca resmi menyandang status alumni FIM, maka mereka semua menjadi keluarga barumu. Dan keluarga ini bukan main-main lho, mereka adalah para anak muda yang menjadi pemimpin di daerah, lingkungan, kampus, atau organisasinya masing-masing. Tentu ini menjadi social capital yang luar biasa untuk kamu saat bergabung di FIM.

Nah, sekian dulu tips-tips umum agar lolos seleksi Forum Indonesia Muda. Berikutnya akan dibahas lebih rinci lagi strategi saat mengisi formulir pendaftaran agar mendapatkan penilaian yang optimal. Mari bergabung dalam keluarga Forum Indonesia Muda, Aku untuk Bangsaku.

Update 1 Februari 2015: pendaftaran FIM angkatan 17 telah dibuka dari tanggal 10 Januari hingga 10 Februari 2015. Segera daftarkan dirimu dan lengkapi persyaratannya di sini.

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?

48 Comments

  1. kak, FIM itu buka pendaftarannya satu tahun sekali ya?

    • Hai Nada. iya. beberapa tahun lalu tiap tahun ada dua angkatan, tapi mulai kemarin tiap tahun hanya satu angkatan. Sudah ikut pendaftaran FIM 18 kemarin? jika belum, ditunggu di FIM 19 tahun 2017 ya πŸ™‚

  2. kak, surat rekomendasinya kita buat sendiri atau sudah ada form

    • hai Ainol. Untuk kelengkapan yang sifatnya teknis, lebih baik kamu langsung tanyakan ke contact person panitia sesuai dengan periode pendaftaran FIM ya. Atau lebih asik lagi, kamu coba cari alumni FIM di regional / daerah kamu. Siapa tahu bisa dapat endorcement juga dari mereka πŸ™‚

  3. Assalamu’alaikum wr wb
    Kak mau tanya, kalo bkn anak lembaga atau organisasi bisa ikutan daftar FIM gak? Terimakasih
    Wassalamu’alaikum wr wb

  4. Terimakasih atas tipsnya.
    Saya mahasiswa dari NTT, kebetulan tertarik dengan FIM. Sedikit minder sich, karna pengalaman berorganisasi masih sedikit..
    Tapi saya tetap berniat mendaftar, semoga bisa diterima. πŸ™‚

    • hai Sari, semangat ya. Gimana, kemarin sudah ikutan mendaftar? Kita tak akan tahu peluang apa yang ada di baliknya jika tak pernah mencoba. Jadi lebih baik dicoba dulu, soal hasil belakangan πŸ™‚

  5. Kak dim, traffic blog nya menanjak yaa haha pas momen open registrasi hihi semangat kak !

    • hai Mel, hehe padahal ini dibuat buat FIM17 lho. Tapi sepertinya jadi keyword musiman setiap open recrutment FIM. thanks for visiting ya πŸ™‚

  6. mantap mas, saya beberapa kali daftar FIM, gagal terus, hem.. pengen daftar yang tahun ini. moga-moga keterima. aamiin πŸ™‚

    • halo bro Sandi. aamiin.. bagaimana, apakah mendaftar untuk periode FIM 18 tahun 2016 ini?

  7. Terimakasih ka buat infonya, saya tertarik sekali dan semoga bisa lolos FIM 18, aamiin O:)

    • aamiin. bersiap ya untuk FIM18. Tak lama lagi nih sepertinya masa pendaftaran dibuka. Semoga bisa bertemu nanti ya di Cibubur πŸ™‚

  8. Keren! Salam kenal, kak. Semoga aku bisa lolos dan ikut FIM 18.
    Hehe πŸ˜€

  9. semoga di FIM 18 ne aku bisa lulus amien….

    oh ea kak, ada alumni FIM yang.berasal dri madura khususnya sampang, lok ada bisa minta data yg.bisa dihubungi baik email atau fbnya

    • aamiin. semoga dapat ya :). Oo kalo dari Madura, saya kurang tahu deh. Kalo dari Surabaya atau Malang sih banyak. Tapi mungkin saja ada. Nanti jika sudah diterima di FIM, juga Insya Allah akan ketemu kok.

      • Assalamualaikum.. Kak alumni FIM dari malang siapa aja ya kalo boleh tahu ? Saya sangat tertarik dengan program ini..

        • Waalaikumsalam. Wah namanya sama lagi ya :D. Dari Malang itu banyak sekali, terutama teman2 dari Univ Brawijaya. Tapi nanti jika sudah bergabung, juga akan saling kenal kok. Tunggu aja tanggal pembukaan recrutment FIM18 ya. Saat ini sedang proses prekrutan panitia πŸ™‚

  10. Kak, kalo fresh graduate surat rekomendasinya dr mana? Terus kalau sdh jd karyawan apa surat rekomendasi dr kantor utk mengikuti FIM? Surat rekomendasi itu wajib ya? Trmksh.

    • sebetulnya surat rekomendasi ini akan disesuaikan apakah wajib atau tidak yang berbeda-beda di tiap angkatan FIM. Pada angkatan saya ini wajib, tapi mungkin saja berbeda di angkatan yang mungkin akan kamu ikuti. Jika fresh grad, ada baiknya jika datang ke kampus dan meminta surat rekomendasi dari organisasi yang pernah diikuti. Tapi akan lebih tepat jika saat open recrutment angkatan FIM dibuka nanti, kamu tanya langsung ke panitia untuk kepastiannya ya πŸ™‚

  11. terinspirasi dari beberapa teman saya dari kota palu, pengen banget berkatya melalui FIM juga. semoga dimudahkan dengan ada tips seperti ini. walaupun saya berasal dari fakultas yang tidak begitu populer saya tetap semangat 45 ^_^

    • hai Fadila. Keren. Tapi jangan semangat 45 dong, harus di-update jadi semangat 2016. hehe. Semoga dimudahkan ya untuk bergabung dalam FIM18 nanti. Anyway, dari Palu ya? Kenal dengan Youmil? Dia salah satu teman satu angkatan saya di FIM14c πŸ™‚

  12. Kmarin ikut seleksi FIM 17 blum lolos. Smoga FIM 18 bisa jdi peserta wkwk

    • wah, sayang ya. padahal kalo lolos FIM 17 kemarin, bisa jadi salah satu peserta di group fasilitasi saya. kemarin saya jadi salah satu tim fasilitator. tetap semangat! kalo kata pak E, jangan menyerah sebelum mencoba 21X πŸ™‚

  13. Maaf, siswa SMA bisa ikut tidak? Terimakasih…

    • Siswa SMA belum bisa jika ikut FIM. tapi ada satu wadah untuk adik2 SMA namanya Indonesia Student Unite (IS Unite). Yang mengadakan kakak2 dari FIM juga, terus diadakan di Cibubur, dengan format kegiatan mirip dengan FIM yaitu leadership training juga. Kabarnya IS Unite terdekat akan diadakan Januari nanti, pas liburan. Coba kamu pantau Twitter IS Unite atau FIM ya πŸ™‚

  14. Untuk FIM ke 19 kapan ya kak? Terimakasih

    • hai, FIM ke 18 aja belum kok. hehe. Rencananya FIM 18 akan diadakan sekitar bulan Mei tahun depan. Jadi persiapkan aja dirimu ya. Pantau terus website dan social media FIM πŸ™‚

  15. terimakasih tipsnya..
    Saya pernah mencoba event forum seperti ini tapi selalu gagal, setelah baca tips ini semoga sukses.. Akan saya coba lagi..

    • aamiin. silakan dicoba lagi ya. Jika kata pak Elmir, pengasuh FIM, jangan menyerah jika belum mencoba sampai 21 kali πŸ™‚

  16. Baru tahu yang namanya Forum Indonesia Muda setelah baca postingan ini.. *saya selama ini kemana aja*

    • hai kak, tak ada kata terlambat. JIka usia masih memenuhi persyaratan, silakan gabung ya. Tak harus masih mahasiswa atau baru lulus πŸ™‚

      • hai.. jadi GA HARUS mahasiswa ya? bagaimana perhitungan usianya? saya saat ini 28 th.apakah kalau nanti saya gagal dan mencoba lagi smp umur 30 th ++ (alias 30 th tapi lewat berapa bulan gitu misalnya ) masih bisa diterima?

        • Hai, setahu saya parameter-nya memang dari usia, bukan status sedang jadi mahasiswa atau tidak. Karena waktu saya mendaftar di 2013 lalu, status-nya pun ketika sudah lulus S1. Silakan dicoba saja ya. Nanti keputusan ada di panitia seleksi. Semoga dapat segera tergabung dengan FIM πŸ™‚

  17. Mas,, apa harus 100% mahasiswa/i, kalo rangkap sebagai seorang karyawan/ti???

    • hai kak, tidak ada masalah sama sekali. Malah itu lebih luar biasa kan karena sambil kuliah, dapat tetap berkarya sebagai karyawan. Selama kriteria usia masih memenuhi syarat, silakan bergabung kak di FIM πŸ™‚

  18. wiiihhh ., gila keren abisss! makasih atas infonya ya…, semoga saya juga bisa menjadi pemuda Indonesia yang lebih baijk lagii ., AMIN!!!

  19. Mas, berarti Bulan Oktober nanti ada FIM ke 18?

    • hai mbak Rina. Ada kemungkinan begitu, tapi ada kemungkinan juga di Oktober dipakai untuk menyelenggarakan pelatihan semacam FIM, tapi untuk adik-adik SMA. Nama kegiatannya Indonesia Student Unite.

  20. makasih tipsnya mas Dimas,
    aku coba 2 x gagal,
    ya belum rezeki,
    rekomendasi dari ketua jurusan di S2

    tahun depan yang terakhir kalau ga salah max 29 kan, mungkin aku coba lagi

      • Thanks kak dimas pemaparannya sangat membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,144 other subscribers

Top Blog