Jakarta – Saat mencari tiket mudik untuk lebaran atau Idul Fitri, persaingan akan sangat tinggi. Prinsipnya siapa cepat dan cerdas, maka dia dapat. Apalagi di era cara pesan tiket kereta online yang makin mudah seperti sekarang ini, tentu jadi tak mudah mendapatkan tiket meski tanpa antri. Tapi, ada beberapa tips agar dapat ‘memenangkan’ persaingan mendapatkan tiket kereta online sekaligus cara harga termurah berikut.

Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang terus ditingkatkan membuat mudik lebaran menggunakan jasa kereta jadi opsi yang menggiurkan. Bayangkan dengan biaya sekitar Rp 100.000, kita akan mendapatkan fasilitas gerbong kereta AC, sumber listrik untuk charge handphone atau laptop, tingkat keamanan yang baik, dan jaminan pasti dapat kursi tanpa antri. Lupakan image kereta ekonomi yang dulu identik dengan ‘kelas kambing’ dan ubah dengan pelayanan mirip dengan di pesawat. Bahkan setelah harga tiket yang disesuaikan (baca: dinaikkan) mulai 1 April 2015, harga tiket kereta online masih dikatakan terjangkau apabila dibandingkand engan tiket pesawat atau bus. Apalagi dengan penggantian gerbong kereta baru, buat kenyamanan penumpang lebih baik.

Kelebihan Cara Pesan Tiket Kereta Online Mudik Lebaran

  1. Tiket dapat dipesan maksimal H-90 dari keberangkatan.
    Hal ini mungkin agak merepotkan, terutama untuk yang tak terbiasa merencanakan perjalanan jarak jauh. Selama ini kita terbiasa dengan cara datang ke stasiun atau terminal lalu beli tiket dan berangkat. Risikonya ada peluang untuk tidak mendapatkan tiket. Dengan sistem reservasi online PT Kereta Api Indonesia H-90 dari waktu keberangkatan, membuat kita dapat membuat perencanaan dan alternatif apabila kehabisan tiket.
  2. Say good bye to antri
    Tidak seperti pemandangan lazim beberapa tahun lalu dimana calon penumpang berdesakan dan sampai menginap di stasiun untuk mengantri tiket kereta. Saat ini stasiun lowong dan dioptimalkan untuk pemberangkatan dan kedatangan penumpang saja, jadi lebih nyaman. Tak perlu lagi mengantri di stasiun karena tiket dapat dibeli via partner PT Kai seperti Alfamart, Indomart, agen-agen tiket online, atau via online langsung di situs PT KAI.
  3. Pembayaran Mudah
    Dengan sistem online, membuat pembayaran tiket pun tidak harus via tunai. Opsi yang disediakan saat ini beragam dari mulai ATM, setor tunai, click pay, internet banking, mobile banking, e-money, sampai kartu kredit. Tinggal pilih mana yang paling mudah dan murah untuk anda.

Kendala Cara Pesan Tiket Kereta Online Mudik Lebaran

  1. Server down.
    Karena peminat tiket kereta online mudik lebaran sangat tinggi, maka sering kali server pemesanan tiket kereta api down saat diakses. Ini menyebalkan karena dapat membuang peluang mendapatkan tiket. Apalagi untuk yang koneksi internetnya tak terlalu kencang, dapat jadi masalah tersendiri. Tapi nanti akan kita bahas solusinya.
  2. Takut ke ATM saat tengah malam.
    Pembukaan untuk pesan tiket kereta online akan dimulai saat tengah malam. Apabila cara pembayaran yang dipilih adalah via ATM, maka akan repot jika harus ke ATM tengah malam. Sebab untuk pemesanan tiket via situs PT Kereta Api Indonesia, batas pembayaran tiket adalah 3 jam setelah tiket dipesan. Apalagi zaman sekarang banyak begal ya, jadi tambah ngeri untuk keluar rumah tengah malam.
  3. Kursi habis.
    Kesal banget saat baru buka situs pemesanan tiket kereta online, terus kursi sudah keburu habis. Ini biasanya karena Anda kurang cepat dengan pemesan-pemesan lainnya. Tapi tenang, ada trik agar cara pesan tiketk ereta online mudikk lebaran dapat anda menangkan.

Tips Cara Pesan Tiket Kereta Online Mudik Lebaran

  1. Siapkan amunisi utama yaitu koneksi internet yang lancar. Jika Anda sudah kehabisan kuota internet, segera isi dulu. Jangan harap dengan koneksi internet setelah fair usage atau setelah kuota habis akan berhasil dapat tiket kereta online mudik lebaran.
  2. Siapkan internet banking BCA, Mandiri, atau CIMB Niaga. Fitur dari tiga bank tersebut adalah yang direkomendasikan saat ini. Tapi jika yang tidak punya, ada tips berikutnya.
  3. Siapkan kartu kredit Visa atau Mastercard. Ini jadi solusi buat Anda yang tidak punya internet banking di tips sebelumnya tapi ingin beli tiket kereta online mudik lebaran tanpa harus keluar rumah. Jika tidak punya juga, baiklah ada tips berikutnya.
  4. Nongkrong bersama laptop, modem portable, atau cari sinyal free Wifi di Alfamart, Indomart, atau hipermart 24 jam yang ada mesin ATM di sana. Sebab sebagai pengganti ATM, Alfamart dan Indomart menyediakan jasa untuk pembayaran tiket kereta.
  5. Prioritaskan pembelian tiket via situs resmi PT KAI di http://tiket.kereta-api.co.id, sebagai alternatif, buka dengan browser lainnya yaitu situs agen di www.tiket.com
  6. Siap dengan membuka situs PT KAI sebelum jam 12 malam dan begitu juga dengan www.tiket.com dengan terlebih dahulu sudah login.
  7. Jangan lupa sudah persiapkan nama para calon penumpang beserta tanggal lahir, no kontak, dan tanggal lahir pada notepad. Ini agar Anda tak perlu ketik ulang saat pengisian data calon penumpang, tapi tinggal copy paste saja.
  8. Lupakan pilih pindah tempat duduk. Di saat minat untuk memesan tiket kereta online mudik lebaran membludak, jangan habiskan waktu untuk menunggu loading dan ubah posisi kursi. Langsung saja klik next untuk mendapatkan kursi yang direkomendasikan dan lakukan pembayaran. Sebab ada kemungkinan saat anda utak-atik posisi kursi, tiket sudah keburu habis.
  9. Lalu, bagaimana jika sudah pakai cara di atas tapi masih kehabisan kursi? Tenang, berharaplah bahwa ada pemesan yang membatalkan booking-nya. Sebab ada kemungkinan tidak semua orang serius untuk beli tiket atau ada kendala saat akan pembayaran. Jadi bisa cek lagi yaitu setelah tiga jam dari sejak pembelian tiket mulai dibuka secara online, untuk melihat apakah ada kursi yang dijual kembali karena booking tidak dilakukan pembayaran.

Di atas beberapa cara pesan tiket kereta online mudik lebaran. Tak ada yang dapat menjamin apakah Anda akan berhasil mendapatkan tiket. Karena hal itu ditentukan dengan kecepatan, siasat, keberuntungan, dan pastinya izin Allah untuk Anda dapat merayakan hari raya bersama keluarga di kampung tahun ini atau tidak. Ada dua situs yang direkomendasikan yaitu situs resmi PT Kai dan tiket.com, berikutnya akan dibahas cara pakai kedua situs tersebut buat yang belum tahu.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?