Istilah-Istilah Penting Dunia Twitter

Istilah-Istilah Penting Dunia Twitter

Bagaimana dengan tutorial belajar twitter sebelumnya? Kami yakin, mungkin di antara teman-teman ada yang bingung dengan istilah-istilah seperti tweet, retweet, mention, dan seterusnya. Tapi tenang, dalam seri tutorial Twitter kali ini, pertanyaan teman-teman akan terjawab.

Twitter telah menjadi micro-blogging populer yang memiliki identitas dan keunikannya sendiri. Tentu di Twitter, akan banyak istilah yang mungkin tak terdapat di tempat lain. Sebagian dari istilah-istilah itu ada yang sudah akrab di dunia kita, atau mungkin benar-benar baru dan hanya ada di Twitter. Berikut adalah istilah-istilah yang kerap muncul di Twitter. Apabila ada di antara kawan yang ingin menambahkan informasi, silakan tulis di kolom komentar.

  1. Tweet
    Tweet adalah post atau update sebanyak maksimal 140 karakter di Twitter. Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata Tweet memiliki makna kicauan atau cicitan. Hal ini mungkin dapat dipahami mengingat Twitter yang memiliki logo burung kecil berwarna biru. Jadi tiap update post yang kita buat, dianggap seperti kicauan. Di Facebook, Tweet ini mirip dengan update status hanya dengan batasan 140 karakter saja.
  2. Tweeps
    Sebutan khusus untuk para pengguna Twitter. Apabila anda ingin menyapa para followers anda, anda dapat memanggil mereka dengan sebutan tweeps.
  3. Following
    Following adalah account-account twitter yang anda ikuti perkembangan tweet-nya. Misal anda follow @kartunet dari account anda, maka anda akan mendapatkan update tweet-tweet dari Kartunet di Home anda. Setelah anda follow, maka @kartunet akan berada di daftar following friend anda. Menurut kabar, saat ini Twitter membatasi anda untuk hanya dapat follow maksimal 2000 account. Hal ini untuk menghindari spammers dan agar anda tidak pusing juga jika follow terlalu banyak orang. Selain itu, jika anda menemui simbol gembok atau ada keterangan menunggu konfirmasi ketika anda follow seseorang, berarti account itu diproteksi. Anda harus menunggu orang itu mengkonfirmasi sebelum anda dapat mengikuti tweet-tweet dari dia.
  4. Followers
    Followers adalah account-account twitter yang mengikuti tweet-tweet dari anda. Semakin banyak followers, mengindikasikan seberapa penting dan populer account anda untuk diikuti oleh orang. Jumlah followers ini tidak dibatasi. Seperti artis-artis Hollywood yang memiliki followers hingga jutaan.
  5. Home
    Home adalah halaman yang menampilkan update-update tweet dari account-account Twitter yang anda follow.
  6. Mention
    Mention adalah kegiatan untuk menyebutkan account twitter dalam tweet yang anda buat. Fitur ini akan bereaksi ketika anda menambahkan tanda @ (a keong) di depan username twitter yang anda ingin mention. Seperti contoh anda ingin membuat tweet bahwa sedang mengikuti kuliah twitter dari @kartunet. Maka anda menulis seperti ini “Sangat seru mengikuti kuliah tweet dari @kartunet”. Ketika anda tulis @kartunet, maka setelah tulisan anda jadi tweet, username tersebut akan menjadi link yang mengarah ke profile timeline dari account @kartunet.
  7. Reply
    Reply adalah ketika anda membalas pesan atau tweet seseorang. Pesan balasan ini nanti secara otomatis akan menambahkan @username pengirim tweet di awal dari pesan anda.
  8. Retweet
    Retweet yang disingkat RT adalah menulis ulang atau mengulang tweet dari seseorang. Retweet ini dapat dilakukan biasanya ketika menemukan ada  tweet dari seseorang yang bagus atau indah. Format penulisan retweet ini seperti berikut “RT @username pesan yang diulang”.
  9. Hashtag
    Hashtag ditandai dengan tanda # (shift+angka 3) adalah tanda terhadap keyword tertentu yang kita tambahkan dalam tweet. Hastag ini berguna agar pengguna twitter lain dapat mencari tweet-tweet lain  dengan topik sama. Penggunaan hashtag seperti contoh #blogging atau #kartunet. Ketika orang klik hastag tersebut, maka akan tampil tweet-tweet lain yang memiliki hastag sama.
  10. #FollowFriday
    Adalah sebuah hashtag populer yang telah menjadi tradisi di Twitter. Setiap jum’at, anda bisa merekomendasikan account twitter tertentu kepada para followers anda. Misal Anda membuat twit
    “#followfriday @Kartunet @IDNyaman akun-akun luar biasa dan inspiratif tweeps”.
  11. Timeline
    Timeline atau disingkat “TL” adalah daftar tweet-tweet yang berasal dari sebuah account. Timeline ini dapat anda temui ketika anda klik sebuah username. Bersama dengan profile, di sana pun ada timeline dari account tersebut.
  12. Trending Topic
    Trending Topic yang disingkat “TT” adalah daftar topik-topik terpanas yang sedang dibicarakan oleh para pengguna twitter. Trending Topic ini dapat terjadi apabila sebuah keyword dibicarakan oleh banyak sekali pengguna Twitter. Contoh ketika pertandingan sepak bola piala AFF tahun 2010 leg pertama final di Malaysia yang Indonesia kalah di sana 3 – 0. Oleh publik Indonesia, supporter Malaysia dinilai melakukan kecurangan dengan mengganggu tim sepak bola Indonesia dengan Lazer. Saat itu, keyword I Hate Malaysia, Malaysia Cheat, dan Malaysia Cheater menjadi trending topic.
  13. Over Heard
    Over Heard atau disingkat OH adalah ketika anda menemukan sebuah tweet yang amat baik tetapi anda tidak ingin mengungkapkan dari mana sumbernya. Berbeda dengan retweet atau RT yang dicantumkan username asal tweet, tidak pada Over Heard atau OH. Format penulisannya adalah “OH isi pesan”.
  14. Heard Trough
    Heard Trough atau disingkat HT adalah ketika anda tiba-tiba teringat oleh perkataan teman atau seseorang dalam kehidupan sehari-hari dan ingin menulisnya dalam tweet anda. Berbeda dengan retweet yang merupakan penulisan tweet ulang yang berasal dari Twitter, HT didapatkan dari kehidupan langsung.
  15. OMG
    Istilah yang sudah relatif umum. OMG adalah kependekan dari Oh My God atau Masya Allah.
  16. LOL
    LOL merupakan singkatan dari Laugh out Loud atau tertawa terbahak-bahak.
  17. Favorite
    Favorite adalah fitur dari Twitter untuk mengumpulkan tweet-tweet yang anda ingin simpan. Fitur ini mirip dengan fasilitas bookmark. Jadi, suatu saat nanti anda bisa membuka lagi tweet-tweet lama yang anda telah tandai sebagai favorite sebelumnya.

Sekian Kartuneters untuk beberapa istilah Twitter yang dapat kami share saat ini. Apabila ada koreksi atau penambahan informasi, kami amat berterima kasih. Semakin banyak sharing, maka akan semakin bertambah pula ilmu kita.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?

4 Comments

  1. Saya paling suka main-main hastag. Biasa juga suka minta folbek. Wajar anak baru. Hehe

  2. Denger2 dlm waktu dekat sdh tidak ada lagi pembatasan 140 karakter di twitter ya..wah berarti twitter bakal kehilangan salah satu ciri khasnya

    • nah bisa jadi. Mungkin dia ingin mengikuti facebook yang sangat adaptif pada perubahan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,142 other subscribers

Top Blog