Liberalisme Vs Komunisme

Liberalisme Vs Komunisme

Liberalisme dan komunisme adalah dua paham besar yang di dunia sekarang ini atau lebih tepatnya 20 tahun yang lalu saat masih gencarnya perang dingin. Masing-masing dari paham tersebut di antut oleh negara superpower yang paham pertama dianut oleh raksasa Amerika Serikat, dan yang kedua oleh Uni Sovyet (yang sekarang sudah runtuh).

Antara dua paham tersebut memiliki ketertolakbelakangan yang sangat nyata. Untuk paham liberal, menekankan pada kebebasan individu. Jadi individu diberi kebebasan yang sebesar-besarnya untuk melakukan apa yang diinginkan. Tanpa ada campur tangan dari negara atau tuhan sekali pun.
Sedangkan paham komunisme, menekankan pada penyamarataan derajat. Jadi semua individu dianggap sama oleh negara dan oleh karena itu, pendistribusian materi dan segala aspek dalam kehidupan diatur oleh negara. Negara berkuasa atas segalanya untuk rakyatnya. Hak-hak individu tidak diakui sama sekali oleh negara karena negara menganggap semua materi yang ada di kawasannya adalah milik negara.

Idiologi komunis ini lahir dari paham sosialisme yang ada sebelumnya yang tokoh-tokoh pencetusnya antara lain Karl Marx dan Frederich engel. Sosialis berpandangan bahwa perekonomian yang menentukannya adalah kekuataan buruh atau kaum proletar. Jadi bukan para kapitalis atau pemilik modal seperti paham liberal. Sehingga para buruh bukanlah objek yang hanya dijadikan alat dan diperas tenaganya, tapi menjadi salah satu subjek yang dapat menentukan berjalannya roda perekonomian dan politik.

Paham komunis intinya sama dengan sosialis, tapi dalam penerapannya yang berbeda. Untuk komunis menghendaki perubahan dari masyarakat kapitalis menjadi penyamarataan derajat harus dengan cara yang radikal revolusioner. Sehingga secara singkat dapat terbentuk masyarakat yang tidak lagi mengenal stratifikasi social. Semua sama rata dalam satu tingkat. Lalu untuk sosialis, paham ini tidak menghendaki perubahaan yang radikal. Tapi paham ini menginginkan perubahan yang secara damai misalnya dengan pemogokan buruh. Karena dengan mogok, pasti produksi dari suatu pabrik akan terhenti dan kerugian yang amat besar akan dialami oleh kapitalis atau pemilik modal.

Pada masa perang dingin, kedua negara superpower berlomba untuk menyebarkan idiologinya. Perang ini disebut perang dingin atau cold war karena perang yang dilakukan tidak dilakukan secara terbuka tau perang fisik seperti perang dunia I dan II, tapi dilakukan dengan perlombaan menyebarkan idiologi ke negara lain dan menunjukan bahwa idiologi mereka masing-masing lebih baik dari pada yang lain.

Idiologi liberal ini tersebar di negara-negara seperti Amerika Serikat, negara-negara eropa barat, dan untuk di asia adalah Jepang. Jepang ini merupakan negara kalah perang yang seharusnya tidak mendapatkan dana dari Marshal Plann atau dana bantuan dari amerika serikat untuk negara-negara sekutunya yang mengalami kerusakan, tapi hal ini dilakukan oleh Amerika Serikat untuk membendung paham komunis yang ada di negara tetangganya yaitu Republik Rakyat Cina (RRC) dan Korea Utara.

Sedangkan untuk paham komunis, paham ini tersebar di negara-negara Eropa Timur, Uni Sovyet, RRC, Korea Utara, dan Vietnam Utara. RRC merupakan negara satelit bagi Unisovyet yang paling besar, tapi akhirnya mereka sendiri berkonflik karena ada perbedaan penerapan paham komunis yang mendasar antara keduanya. Jika Uni Sovyet menekankan pahamnya pada komunis yang ditopang oleh kaum buruh (speerti asli pada paham sosialis). Karena sebagian besar rakyat Uni Sovyet adalah buruh akibat industrialisasi dan modernisasi yang dilakukannya sejak zaman Peter yang agung. Sedangkan RRC mendasarkan paham komunisnya pada kaum petani. Karena sebagian besar rakyatnya adalah petani yang masih banyak terdapat luas lahan pertanian di sana. Jadi Uni Sovyet menuduh bahwa RRC telah menyimpang dari paham komunis yang sebenarnya.

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?

8 Comments

  1. Segalanya tegantung dari penerapan yang menjalankan liberalisme yang mencakup. Kesadaran diri untuk memperbaiki dan merubah agar dapat menjadi lebih baik lagi.
    Sedangkan komunisme akan lebih jika anda memiliki alat kekuasaan dan memiliki pencapaian untuk menuju generasi yang baik untuk generasi kita seterusnya

  2. Kapitalisme itu sebenarnya bagus kalo dilaksanakan dengan adil, karena jika kita lihat saat ini pada negara2 penganut kapitalisme sejati seperti Amerika, Jepang dll, mereka membuat peraturan yang jelas untuk kemakmuran masyarakat, seperti standar upah minimum per jam dan mereka menarik pajak yang tinggi dari orang kaya. Uang hasil pajak ini digunakan untuk kepentingan bersama seperti kesehatan, pendidikan, infrastruktur dll, dan mereka juga punya jiwa sosial yang tinggi sehingga korupsi sangat kecil, beda dengan kapitalisme pada awal revolusi industri di Eropa dimana para buruh diperlakukan secara tidak adil demi keuntungan yang sebesar-besarnya yang menyebabkan kemiskinan pada buruh. Perlakuan yang tidak adil seperti upah yang sangat rendah, jam kerja yang tinggi, kondisi pabrik yang kumuh inilah yang menyebabkan munculnya pemikir seperti Karl Marx dan Frederich Engels mencetuskan ide marxisme yang menjadi akar komunisme.

    • yes setuju. pada dasarnya semua sistem itu tergantung manusia-manusia yang menjalankannya. Sampai kapanpun, leadership skill akan selalu berperan.

    • kapitalisme yg adil??

      kapitalisme itu mengajarkan manusia bersikap indivitu..dimana setiap manusia diberikan hak yg “sama” tanpa dibedakan dalam persaingan..situasi dimana si gajah vs kambing akan berlaku..dimana si gajah akan menang dan keyang sendiri..sedangkan si kambing akan kalah & kelaparan…

      apa erti adil??

      dlm istilah arab..adil berarti menempatkan sesuatu pada tempatnya..

      arti adil oleh aristoteles…adil akan terjadi bila “equals treated equally”

      Dari kedua arti adil diatas..dapat disimpulkan bahwa situasi gajah vs kambing yg terjadi dlm sistem kapitalisme harus dibasmi untuk mewujudkan “kapitalisme yg adil” ini justru merubah konsep kapitalisme hingga kapitalisme yg adil itu tak pantas lagi disebut kapitalisme..

  3. Dan menurut saya tugas kita sebagai warganegara yang tentunya menginginkan perdamaian diseluruh aspek kehidupan kita adalah bagaimana cara kita bisa menumbuhkan atau menanamkan Cikal bakal pemimpin yg arif dan bijaksana untuk generasi mendatang

  4. jadi kesimpulannya adalah????

    • kesimpulannya adalah paham apapun, dampaknya tergantung tangan-tangan yang menerapkannya. Liberalisme dapat sangat baik manfaatnya apabila tiap individu telah memiliki kesadaran untuk peduli dengan sesama. Sedangkan komunisme akan baik apabila ada di tangan pemimpin yang arif bijaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,144 other subscribers

Top Blog