Ini seri pertama dari kelas belajar twitter yang dibuka untuk siapa saja. Kalian bisa ajukan pertanyaan atau saran untuk topik seri berikutnya di kolom komentar di bawah. Nanti seri berikutnya akan dipertimbangkan pula dari interaksi dengan teman sekalian. Mana materi yang lebih harus diprioritaskan. Oia, materi akan saya update tiap hari, jadi stay tune terus ya di tutorial ini

Baiklah, untuk pembukaan. Kalian sudah tahu apa itu Twitter? Tentu mayoritas dari kita sudah mendengar kata “twitter”. Sebuah fenomena global yang mengiringi hadirnya situs jejaring sosial (social network) seperti Facebook. Namun, bagaimana Twitter itu muncul pertama kali? Terus apa yang menjadikan Twitter istimewa dibandingkan situs social network atau blog? Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang akan kita jadikan jembatan untuk mengenal twitter lebih dekat. Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang bukan?

Pada awalnya saya pun tidak terlalu tertarik dengan Twitter. Saat itu saya berfikir bahwa jika sudah ada Facebook, mengapa harus pakai Twitter juga. Namun dunia terus berubah. Pengguna Twitter semakin meningkat hari demi hari. Keunggulan-keunggulan yang ada di Twitter, akhirnya turut menyeret saya agar membuka account @DimasMuharam di sana. Sebab satu hal yang paling saya sukai dari Twitter adalah kemampuan sebagai alat promosi yang hebat. Selain fitur-fitur lain yang luar biasa tentunya.

Twitter sendiri baru dibentuk pada bulan Maret 2006 oleh h Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone. Mereka menawarkan konsep baru dalam dunia social network yang dinamakan micro blogging. Sehingga dari namanya, Twitter mengadopsi keunggulan pada social network untuk kemudian dipadukan dengan blog.

Berbeda dengan blog yang memberikan keleluasaan Blogger (orang yang membuat blog) untuk memasukan konten atau isi, Twitter membatasi penggunanya untuk berkreasi dalam 140 karakter saja. Agak mirip dengan update status Facebook, Twitter memberikan kemampuan yg lebih dalam 140 karakter itu untuk mengajak sebanyak mungkin orang berinteraksi. Mungkin malah di sana pula jadi tantangan untuk mengoptimalkan 140 karakter itu.

Mengapa Twitter istimewa?

Ada banyak alasan untuk mengatakan Twitter istimewa dan punya keunikan daripada situs-situs jejaring sosial atau blogging lainnya. Pertama, Twitter mengakomodasi keinginan pengguna internet masa kini yaitu simplicity atau kesederhanaan. Sebab, saat ini orang tidak mau repot-repot untuk menulis panjang lebar untuk hanya mengupdate apa yang dia rasakan saat itu. Cukup dengan 140 karakter, pengguna twitter sudah dapat mengungkapkan fikirannya untuk kemudian dishare ke banyak orang.

Selain itu, Twitter pun amat fleksibel baik digunakan untuk alat promosi, menjalin kontak dengan tokoh-tokoh penting, berbagi ilmu pengetahuan, atau alat membentuk branding personal. Semua kelebihan ini didukung oleh Twitter yang amat ringan dan mudah dioperasikan. Dengan melihat fiturnya yang sederhana saja, tak akan butuh waktu lama bagi seseorang untuk mahir menggunakannya.

Anda pun saya jamin tak akan menyesal ketika telah mampu menggunakan Twitter nantinya. Saya yakin anda yang membaca tulisan ini adalah orang-orang yang bukan hanya ingin berbagi keluhan di Twitter, tapi punya tujuan-tujuan lebih jauh dengan Twitter. Tenang kawan, Twitter mampu memberikan berbagai keunggulan tersebut.

Bagaimana, sudah dapat gambaran seperti apa makhluk bernama “Twitter” itu? Sudah mulai tertarik dengan fitur-fitur Twitter yang sederhana tapi powerful ini? Nantikan tutorial berikutnya ya. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan anda di kolom komentar di bawah. Saya akan pantau kolom komentar di sini jika ada sesuatu yang perlu saya tanggapi.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?