Masih di tutorial tentang Twitter Kartuneters, tapi ini seri terakhir kita membahas si simple yang powerful ini. Apabila ada pertanyaan atau masukkan, feel free to add some comments. Masukkan dari Anda akan jadi pertimbangan untuk tutorial ini ke depannya. Setelah Twitter, kita akan tetap membahas hal-hal seru dari Social Media.

Fitur terakhir dari Twitter yang akan kita operasikan dengan The Qube adalah List. List ini jika dibandingkan dengan Facebook, ada kemiripan dengan Group. List memberi Anda kemudahan untuk mengelompokkan beberapa akun Twitter menjadi satu, sehingga dapat memantau Twit dari akun-akun tersebut. Kumpulan akun-akun yang dimasukkan ke dalam List akan menjadi buffer tersendiri dalam Session. Setiap ada twit update dari salah satu akun yang dimasukkan ke List tersebut, maka akan diketahui di buffer.

Ada dua tipe List yaitu Public dan Private. Public List yang anda buat akan dapat dilihat oleh siapa saja. List ini biasanya disengaja agar pengguna Twitter lain yang punya minat sama dapat ikut subscribe. Seperti list yang berisi akun-akun update berita, motivasi, rekan organisasi, atau keluarga. Sedangkan Private List hanya dapat diakses oleh pembuatnya saja. Biasanya orang yang membuat list ini hanya untuk kepentingan pribadi tidak untuk dishare kepada pengguna Twitter lain.

Pembuatan List ini akan dapat memudahkan Anda, terutama pengguna The Qube. Seperti list yang dibuat untuk mengumpulkan akun-akun milik rekan satu organisasi. Dengan buffer khusus yang dibuat berdasarkan list tersebut, dengan mudah Anda dapat berinteraksi dengan rekan seorganisasi dan mengetahui update twit mereka. Hal ini jauh lebih praktis daripada harus mengamati timeline dimana berbagai akun yang Anda follow tercampur di sana. Contoh lain jika Anda membuat list kumpulan akun situs berita. Dengan buffer khusus yang dibuat, Anda cukup melihat isi buffer tersebut untuk update berita terbaru tanpa perlu menelusuri timeline panjang Anda.

List Management

Anda dapat mengelola seluruh List yang Anda buat atau List orang lain yang Anda ikut di dalamnya. Di sini Anda dapat membuat List baru, edit, menghapus, atau menampilkan buffer List yang Anda tutup sebelumnya pada opsi “spawn”. Untuk masuk ke List Management, tekan Alt+Win+L. Apabila Anda ingin membuat List baru, klik Add dan isi setting yang Anda inginkan. Seperti nama List, tipe List (public/private), deskripsi, dan seterusnya.

Add atau Remove Akun dari List

Untuk Add satu akun ke sebuah List, tekan Control+Win+Alt+L, pilih username akun atau ketik secara manual kemudian tekan enter. Lantas akan muncul daftar List yang Anda buat, pilih dengan tekan panah atas/bawah, dan tekan enter. Dengan cara tersebut, Anda telah memasukkan satu akun ke dalam sebuah List. Tak jauh beda ketika Anda ingin menghapus satu akun dari sebuah List, cukup tekan Control+Win+Alt+shift+L. Pilih username akun yang ingin dihapus dari sebuah List atau ketik manual, tekan enter. Muncul daftar List yang Anda buat, dan pilih akun tersebut ingin dihapus dari List yang mana, kemudian tekan enter. Khusus untuk proses menghapus akun dari List, ketika memilih List, The Qube akan menampilkan semua List yang Anda buat, bukan List dimana akun tersebut sudah ter-subscribe. Ini mungkin jadi salah satu kekurangan The Qube saat ini, jadi Anda perlu tahu benar-benar  pada List mana akun tersebut sudah ter-subscribe dan ingin dihapus.

Menampilkan List Orang Lain

Anda pun dapat subscribe pada List yang dibuat atau diikuti oleh orang lain. Caranya yaitu dengan tekan Alt+Win+Shift+L, pilih username akun yang ingin Anda ketahui daftar List-nya atau ketik secara manual, tekan enter. Jika akun tersebut memiliki List atau ter-subscribe dalam suatu List, akan muncul daftar List yang dapat Anda subscribe. Jika Anda telah subscribe, maka opsi yang ada adalah unsubscribe. Untuk menampilkan List menjadi buffer, pilih opsi Spawn setelah Anda subscribe sebelumnya.

Menampilkan Subscriber dan Member List

List juga dapat diumpamakan seperti sebuah akun Twitter. Dia dapat memiliki followers dan friends/following. Followers pada List, berarti akun-akun yang mengikuti sebuah List, disebut subscriber. Sedangkan akun-akun yang diikuti oleh sebuah list, disebut member. Anda pun dapat menampilkan daftar subscriber dan member dari sebuah List dengan mudah. Tak jauh berbeda dengan menampilkan followers atau friends Anda. Caranya, pada buffer yang ingin ditampilkan subscriber/member. Tekan Alt+Win+[ untuk daftar subscriber, atau Alt+Win+] untuk daftar member. Jika Anda ingin menghapus subscriber atau member, cukup tekan Control+Win+delete pada akun dimaksud.

Praktik Membuat List Berita

Sekarang Anda ditantang untuk membuat sendiri List yang menampilkan update Twit dari akun-akun media massa nasional. Tujuan dari dibuatnya List ini agar Anda lebih mudah jika ingin mengetahui berita terbaru di sekitar Anda. Sebagai awal, Anda dapat mulai dengan memasukkan lima akun media massa ke dalam list. Sudah siap? Mari ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Search user lima akun Twitter media massa nasional, seperti Detik.com, Media Indonesia, Kompas, Koran Tempo, dan Koran Sindo.
  2. Buat List baru dengan masuk ke List Management yaitu tekan Alt+Win+L.
  3. Tab dan klik pada Add list.
  4. Isi data yang diperlukan dari mulai nama List (isi dengan Update Berita), tipe List (pilih Public), deskripsi List (isi dengan daftar situs berita nasional), dan klik Ok.
  5. Pilih List yang baru dibuat tadi, tab dan klik pada “Spawn list”.
  6. Tab dan klik pada Close jika sudah selesai.
  7. Saat ini Anda perlu memasukkan akun-akun yang akan dijadikan member untuk List tersebut.
  8. Tekan Control+Win+Alt+L, ketikkan username akun berita yang ingin dimasukkan, contoh DetikCom, tekan enter. Anda dapat juga dengan posisi di hasil pencarian user, tekan control+Win+alt+L, tekan enter pada username yang akan dimasukkan ke List.
  9. Pilih nama list tujuan, yaitu “Update Berita”, tekan enter.
  10. Lakukan langkah 8 dan 9 di atas untuk empat akun situs berita yang lain.
  11. Selesai.

Dengan membuat List, Anda bahkan tidak perlu untuk follow akun-akun tersebut. Cukup melihat pada List yang Anda buat. Lebih praktis dan spesifik pada informasi yang ingin Anda dapatkan. Semoga fitur terakhir pada The Qube yang dibahas ini makin memantapkan Anda untuk berkreasi melalui Twitter. Masih ada fitur-fitur lain yang dapat Anda kembangkan dan kreasikan sesuai kebutuhan. Jika ada sesuatu yang baru atau ingin ditanyakan, jangan ragu untuk disampaikan di halaman komentar.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Sudah Baca yang Ini?