Mengenal Seluk-Beluk Social Media

Mengenal Seluk-Beluk Social Media

Beberapa tahun ke belakang, amat sering didengar istilah social media atau yang diterjemahkan jadi media sosial. Perbagai kabar dari mulai yang positif sampai negatif mengiringi kehadiran social media. Ambil contoh para pengusaha baru yang menjadi sukses karena menggunakan twitter dan facebook sebagai alat pemasaran. Ada pula Ibu Prita Muliasari yang tak jadi dipenjarakan karena mendapat dukungan dari para pengguna situs jejaring sosial. Sampai kasus-kasus anak diculik  disebabkan oleh kencan yang berawal dari chat di Facebook.

Lantas, apa itu social media? Mengapa peranannya teramat penting di era teknologi informasi seperti sekarang ini? Bagaimana agar penyandang disabilitas tak ketinggalan dan dapat ikut mengoptimalkan fungsi dari social media? Nah, memang itu yang akan kita jawab dalam tutorial ini. Mari di simak terus.

Definisi Social Media

Ditelusuri dari asal katanya, Social Media berasal dari dua kata yaitu sosial yang berarti masyarakat, dan media yang dapat dimaknai sebagai medium atau wadah. Dari dua kata tersebut dapat dipahami bahwa social media adalah wadah dimana banyak orang dapat berinteraksi layaknya di dalam sebuah masyarakat melalui medium internet. Di dalam media sosial dapat kita temui orang saling ngobrol, berbagiinformasi dan file, berkomentar, berdebat, mencari pasangan, atau memasarkan produk. Semua hal itu sama seperti apayang dilakukan di masyarakat, hanya terjadi dengan perantara internet.

Macam Media Sosial

Ada banyak macam media sosial yang terus berkembang hingga detik ini. Di antaranya yang dinilai amat penting dan dekat dengan keperluan:

  1. Jejaring Sosial (social network)
    Pada jejaring social, orang bisa saling berkenalan, menjalin hubungan, sekedar bertegur sapa, mengucapkan selamat ulang tahun, dan update perasaan atau pemikiran sekilas pada teman-temannya. Cirikhas dari jejaring sosial adalah dikenalnya istilah friend dan relationship. Situs jejaring sosial yang dikenal umum saat ini adalah Facebook.
  2. Blog
    Blog tak ubahnya seperti buku diary pribadi. Di dalam blog, orang dapat menuliskan apa saja secara panjang lebar tentang apa yang ingin ditulisnya. Blog juga sering dipakai untuk sarana publikasi tulisan dan homepage baikuntuk pribadi, lembaga, atau produk. Contoh dua engine blog yang umum digunakan saat ini adalah blogger dan wordpress.
  3. Share.
    Situs share punya fungsi untuk berbagi dengan sesamapengguna internet. Biasanya kita diberikan space tertentu untuk menyimpan video, file, gambar, atau dokumen yang kemudian dapat dibagikan kepada orang lain. Contoh situs share adalah Youtube untuk bertukar video dan 4shared.com untuk saling berbagi file.
  4. Microblogging
    Mirip dengan blog, akan tetapi punya fitur yang lebih terbatas. Namun jangan salah, fitur yang terbatas itu belum tentu membuatnya tidak dapat apa-apa. Situs microblogging seperti Twitter yang hanya terdiri dari 140 karakter, punya power yang amat besar. Sebab “kesederhanaannya” itu, membuatnya amat mudah digunakan oleh manusia dan amat mudah pula untuk dikreasikan.

Keunggulan Social Media

Bagi penyandang disabilitas, penggunaan  media sosial amat bermanfaat dalam upaya mengatasi keterbatasan, khususnya mobilitas dan komunikasi. Dengan cukup mengoperasikan komputer yang terhubungkan dengan jaringan internet di rumah, seorang tunanetra atau penggunakursi roda tak perlu jalan keliling kampung tanpa arah untuk memasarkan produk yang dimiliki. Menggunakan Facebook, Twitter, atau Blog, pemasaran dapat dilakukan secara online. Seperti itu pula untuk seorang tunarungu. Melalui media sosial, hambatan komunikasi yang sering terjadi dengan masyarakat yakni melalui bicara dapat diakomodasi dengan perantara chatting. Dia dapat tetap menawarkan jasa atau produk kepada konsumen, atau menjadi customer care tanpa perlu telepon atau pembicaraan langsung.

Selain itu, penggunaan media sosial juga dapat menghemat biaya operasional. Bayangkan berapa uang yang dapat disimpan yang sebelumnya digunakanu ntuk mencetak brosur, baliho, spanduk, dll. Hanya dengan mengoptimalkan Facebook, Twitter, dan Blog kita sudah punya media promosi secara gratis hanya bermodalkan koneksi internet tiap bulan yang saat ini cukup terjangkau. Bahkan dengan keunggulan jejaring sosial, sejumlah teman yang kita miliki dapat dioptimalkan sebagairekanan promosi atau juga konsum produk kita.

Sukses dengan Social Media

Banyak kisah pengusaha atau wirausahawan sosial yang sukses dengan optimalisasi social media. Beberapa kisah di antaranya semoga dapat menginspirasi kita yang juga ingin mandiri. Sebut saja usaha keripik pedas asal Bandung, Maicih, dan pengusaha online Habibie Afsyah yang juga seorang penyandang disabilitas.

Keripik pedas Maicih digagas oleh Reza Nurhilmi asal Bandung. Dengan modal 15 juta, kini Reza mendapatkan omset tiap bulan sekitar 4 milyar dari menjual keripik pedas. Apa sih yang membuat usaha tersebut istimewa? Nilai tambah dari usaha tersebut adalah cara pemasaran yang unik yaitu menggunakan jejaring sosial Facebook dan Twitter.

Pada awalnya, Maicih menggunakan strategi tempat menjual keripik yang berpindah-pindah yang hanya dapat diketahui dengan mengikuti status update Facebook Maicih dan twit di @Infomaicih. Ketika sudah update letak jualan Maicih pada hari itu, maka orang akan berbondong-bondong untuk mengantri. Bahkan Maicih pernah jadi fenomena di Bandung karena yang antri mencapai 1 kilometer. Strategi pindah-pindah tempat jualan ini efektif untuk membuat konsumen penasaran yang juga didukung oleh tingkat kepedasan keripik Maicih yang bervariasi dan juga membuat lidah penasaran.

Saat ini, keripik Maicih sudah menjadi semacam franchise yang merekrut jendral-jendral Maicih sebagai distributor resmi Maicih. Para jendral-jendral ini tetap dikoordinasi dengan menggunakan jejaring sosial, sehingga konsumen dapat mengetahui letak keberadaan mereka melalui Facebook atau Twitter. Hanya dengan alat promosi yang mendekati nol rupiah, pemasaran Maicih yang unik dan kreatif ini mampu meraih keuntungan maksimum.

Selanjutnya ada kisah Habibie Afsyah, seorang pengguna kursi roda yang berpenghasilan ribuan dolar karena bisnis online. Dia mendapatkan penghasilan lantaran mengoptimalkan fungsi social media dan internet. Melalui bisnis afiliasi Amazone dan google adsense, Habibie meraih sukses yang semuanya cukup dikerjakan dari dalam rumah.

Lantas, bagaimana dengan Anda? Internet dan social media memberiakn sejuta peluang yang baru akan muncul ketika kita kreatif dan punya inisiatif. Tinggal cocokkan dengan apa passion atau hobi yang kemudian dioptimalkan dengan potensi media sosial. Di halaman komentar, silakan kemukakan idemu untuk memanfaatkan media sosial. Dapat untuk bisnis atau membuat gerakan sosial. Nantikan tutorial seri berikutnya.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?

76 Comments

  1. makasih sharingnya bermanfaat

  2. Wah terimakasih pelajaran saya bertambah. Hehe dulu saya menganggap sosmed cuman facebook dan twitter aja. Hehe ternyata dari penjelasan banyak juga sosmed itu

  3. aku udah pake Mozilla, internet eksplorer sampai chrome tapi tetep gak bisa ,, terutama pas di kotak edit tulisan tebnya gak mw gerak.

    • Dicoba pakai Mozilla firefox ya. kalo ada gangguan serupa, direfresh dulu aja dengan tekan F5

  4. Dim! kok aku gak bisa pos di kartunet yah? ada apa? sudah paki segala jalan niih! dimana yang salah?

    • nah loh…..servernya galau…gyahaha

    • Sepertinya tadi malam server sedang maintenance dari pusat teh. silakan dicoba lagi ya.. Kalo masih adamasalah, let me know. coba pakai Firefox pagi ini.

  5. yuuups! sebenarnya sih kadang kesalahfahaman itu besar juga efeknya. Facebook aku berkali-kali di’hek’ orang. Entah apa maksudnya dia obrak-abirk seluruh pesan di inbox. bukan cuma itu, dia berhasil dengan pesan itu mengadudomba beberapa teman yang memang dekat dengan aku. Kali itu jujur saja aku dibuat down banget. Gimana aku harus menjelaskan banyak hal yang setadinya adalah rahasia. Dan akhirnya setelah kejadian itu aku makin berhati-hati untuk tidak pernah lagi menyimpan lama-lama pesan-pesan penting di inbox, jaga-jaga untuk kena ‘hek’ lagi sewaktu-waktu. Pokoknya hebat banget deh kejadian itu. Dan aku yakin, memang ada orang yang entah punya maksud apa sehingga dia dengan tak ber pri ke’facebookan’, berbuat itu pada saya. 🙂

    • ya Allah jahat banget ya….semoga dia dpat hidayah ya…amiiin…

    • untuk masalah ini saya cuma bisa kasih saran2 teknis teh. Coba untuk password Facebook, dilakukan pergantian berkala. terus add email juga sebagai account untuk login ke Facebook lebih dari satu. Misal pakai email gmail dan yahoo. jadi apabila di-hack, ada backup untuk reset password. Terus daftarkan pula nomor HP sebagai secondary security. Jadi apabila nanti email kita diganti oleh hacker yang didaftarkan ke Facebook, kita tetap dapat reset password via sms. Terakhir, hati2 jika login Facebook di tempat2 umum. jangan lupa untuk log out. oia, ada kemungkinan pula account Facebook teh Nensi sudah pernah dibuka orang dengan aplikasi misal di perangkat mobile. Jadi dia tak perlu berulang kali masukkan password untuk login. Untuk itu, coba masuk ke setting applikation di FAcebook, dan disconnect aplikasi2 yang dicurigai.

      • Terus juga aku kalau bole nambahin, hati-hati sama warnet yang sudah terkenal sebagai tempat hacker, soalnya memang ada tuh, saat kita buka disitu, id sama pasword kita secara otomatis masuk ke sistem, terus di acak-acak sama mereka.
        Aku sering denger, tapi syukurnya belum pernah jadi korban, semoga dilindungi.
        Banyak-banyak berdoa biar dilindungi sama Tuhan.

        • Ini ga ada solusinya ya? kasian kan yang jadi korban hacker…ga ketahuan sama hukum lagi….gimana tu ya?

          • apa yang saya tulis mengenai tips2 aman di Facebook itu yang dinamakan solusi. Berhasil atau tidak, itu hal yang berbeda. Tiap saran sekecil apapun yang patut dicoba dinamakan solusi.

            • tips aman ya pakai Facebook? bukunya kemana ya?
              dulu pernah dapat saat jaga stand 1001 buku di perkumpulan komunitas di Senayan…
              tempat saya mengenal change.org dll dan mengenalkan yang lain ehehe…
              ga pentinga banget siii…hehehe..
              kalau ketemu saya tulis deh…
              penting itu soalnya….

              • social media fest 2012 12-1 Oktober 2012. cuma jaga sehari dah kalo ga salah, itu juga petakilan jalan-jalan.
                kalau ga nulis berarti ga ketemu ya…
                jangan ditungguin…kasian nanti ada yang kecewa…cek..

        • saran saya, tidak perlu mencurigai sesuatu tanpa alasan. apalagi masih “katanya”. Asal berhati-hati dan tetap waspada dalam kondisi apapun, Insya Allah aman. Kehati-hatian bukan berarti berprasangka buruk atau curiga ya. dua hal yang jauh berbeda.

          • iya deh, maap…huhuh kena lagi..eheheh..

          • saran-sarannya saya dengerin kok,
            tenang aja…

  6. haha! maaf maaf! baru selesai nulis niiih! o ia, pengalamannya nanti deh aku tulis dalam sebuah tesis. haha! yang pasti pengalaman baiknya aku bisa ketemu kalian semua yang membuat hidup ini jd merah kuning hijau. :)) soal pengalaman kurang baik hanya seputar kesalahfahaman dari bahasa tulisan yang sebenarnya tidak selalu sinkron dengan bahasa lisan. 😛

    • iya gpp
      wih tesis
      iya sama, hidupku jadi berwarna dan nano nano
      oooh….biasa…jadinya rancu….ehehe

    • yes. soal bahasa lisan dengan tulisan memang kadang terjadi ketidak-harmonisan. Apalagi bagi pengguna screen reader dengan aksen bukan bahasa Indonesia, kesalah-pahaman itu akan sangat mungkin terjadi. Tapi salah satu tipsnya adalah gunakan smilies atau emoticon yang sesuai. Misal dirasa tulisan via sms atau kalimat yang ditulis dapat dimaknai berbeda, coba berikan smilies senyum di belakang yang menegaskan bahwa sms itu maksudnya bercanda bukan serius. Atau mungkin teh Nensi ada pengalaman atau tips lain?

      • waduh, aksennya apa? Melayu? baru tahu….
        cuma mas Dimas, kadang ya uda di beri smilies tetep aja ada yang salah paham…serius ataupun bercanda..

        • susah dong ya jadinya? ya ampuuun
          kenapa ga buat sendiri pakai bahasa Indonesia? pakai program apa gitu…
          gampangin banget….ckckc

          • ga kok. ga ada yang susah. Alhamdulillah teman2 tunanetra sudah bertahun-tahun pakai screen reader yang aksen bahasa Inggris. Sebab semuanya didasari keyakinan bahwa teknologi itu akan memudahkan, bukan menyulitkan. apabila pada kenyataannya jadi sulit, itu hanya kurangnya pemahaman user untuk menjadikannya sebagai alat yang memudahkan kerja manusia. Tak perlu buat yang Bahasa Indonesia karena sudah ada versi Indonesia saat ini.

            • ooh gitu, baru tau, thx 4 info ya

  7. Aku ada ide lagi gimana kalau belajar blognya di bisnisin, sudah tercurahkan idenya di grup Facebook, namun, harganya yang terjangkau, terus waktunya tertata gitu dengan baik, persiapannya matang. Bersama dengan mas Riqo…. Soalnya, kalau penulis baru nulis disini terus dieditin, menurut saya, maaf ya,jadi manja dan kurang berkembang untuk potensi dan kompetensinya dalam kemampuannya menulis. Mohon maaf,

    • iya kak. masa temenku juga ada yg dibohongi beli di toko bagus ckckck. udah tranfer uang eh malah barang gak dikirim and no hape dia udah gak aktiv ckckck. itulah sisi negatif. tp menurutku ada sisi positifnya jg sih di tokobagus. trus, bisa jadi pilihan promosi barang gak ya?

      • betul. itu salah satu kasus apabila belum paham kiat-kiat berbelanja online. Sebetulnya ada beberapa parameter seperti sebesar apa reputasi si penjual, terus dapat gunakan fasilitas rekening bersama agar baik penjual atau pembeli tidak berpotensi dirugikan. Sebetulnya tak jauh berbeda juga dengan dunia nyata. Di transaksi secara langsung pun masih tetap bisa terjadi penipuan bukan? Jadi titik beratnya bagaimana kita tetap berhati-hati dan cermat ketika transaksi 🙂

        oia, apa kira2 pengalaman positif dengan social media?

        untuk promosi produk situs2 e-commerce seperti Toko Bagus sangat potensial. Selain mudah, gratis, dan layout situs cukup accessible untuk screen reader user.

        • aku ada pengalaman positif dengan social media adalah mendapatkan informasi dan pindahin eheheh

      • iya biasalah begitu, orang kan ada yang baik ada juga yang jahat
        untuk jadi pilihan promosi barang bisa kok….cari yang mudah, murah, cepet dan terjangkau aja….

  8. Hi hi hi. Baru sempet buka laptop dan tahu info ini. Nice information. Ya, sosmed memang keren, segalanya bisa dipromosikan dg cepat dan mudah ya. Hmmmm kalo semisal di situs tempat jualan kayak tokobagus, itu gimana ya menurut pendapat temen-temen?

    • Iya banget,
      Kalau menurut saya jualan di toko bagus cepet juga sih,
      soalnya adek saya pernah,
      namun,
      kita harus pinter berharga dan memilih calon pembeli.
      Terus barang-barangnya mesti apa adanya, denger-denger, ada yang bohong.

    • Situs seperti Toko Bagus itu masuk kategori situs e-commerce. Jadi sebuah situs yang memberi wadah pada user untuk memasang iklan dan juga mencari iklan yang dibutuhkan. Di Toko Bagus antara penjual dan pembeli dapat langsung transaksi tanpa campur tangan pihak pengelola website. Untuk keamanan memang kurang terjamin, sama halnya dengan Kaskus. Tapi apabila tahu kiat-kiat agar aman berbelanja atau menjual barang di situs2 e-commerce seperti Kaskus atau Toko Bagus, maka akan aman dan menguntungkan. Mungkin lain kali kita bisa bahas ini di sesi khusus ya. terutama kiat-kiat agar aman di situs e-commerce

  9. aku juga sering ko mampir di warung kamu, haha! banyak ngelongo aja cause artikelnya nada tinggi semua. Anyway soal sosmed, aku punya banyak pengalaman buruk dan baik loh!

    • pengalamannya apa aja? sepertinya seru tuh

    • nada tinggi yang seperti apa tuh? wah, boleh teh dishare pengalamannya yang baik atau buruk bersama social media. Siapa tahu bisa jadi pelajaran untuk yang lain dan juga inspirasi

  10. Lah ini kan tulisan 2 tahun yang lalu, tapi seru nih buat didiskusiin titik

  11. Aku ada beberapa ide dalam berbisnis, salah satunya adalah curhat via sms dengan memotong pulsa dn ditanggapi oleh orang-orang yang profesional namun terpilih dengan ketat seperti psikolog, bimbingan dan konseling, psikiater. dengan peranannya masing-masing. Ini mungkin belum ada, tapi siapakah yang bersedia untuk mengembangkan? siapakah yang bersedia untuk investasi?

    • Coba ikuti prinsip dari social media yang menawarkan sejuta kemudahan dengan modal nyaris nol. Coba lakukan dulu yang memungkinkan. Bisa saja dengan buat jasa konsultasi via Facebook jatau Twitter? apabila sudah mendapat kredibilitas, mungkin bisa mengajak provider telekomunikasi untuk kerja sama. Tapi intinya adalah lakukan dulu apa yang bisa dilakukan sebagai sebuah business start up.

      • Boleh juga itu, idenya bagus, akan dipikiri.

        Oooh untuk jasa itu kudu nunggu surat izin praktek dulu sebagai psikolog baru berani saya. Saya ga mau terjadi malpraktek atau melanggar kode etik.

        gitu ya, seperti yang mas lakuin sama kartunet ya?
        bolehlah

        lagi butuh waktu dan koneksi….

        kredibilitas juga bisa diperoleh dengan menang lomba ga si? apa ada cara lain?

        • coba mulai dari hal sederhana. Masa sih untuk curhat ke orang lain harus ke mereka yang udah punya lisensi psikolog? Gak harus kan itu? Mulai aja dari hal2 ringan yang tidak berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari.

          • itu sih sering mas, udah dari SMA kalii….eheheh :p

          • iya juga si ga harus lisensi psikolog, semua juga bisa, lebay yah ahaha

  12. aku ada pertanyaan apakah ada cara khusus untuk meledakkan pasar secara instan? tapi sehat, tanpa buang waktu, tenaga dan biaya.

    Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan koneksi?
    Soalnya, saya sama sekali belum ada.

    • tak ada sebutulnya sesuatu yang instant di dunia ini. semua butuh proses dan kerja keras. adapun jika sesuatu itu dampaknya dirasakan instant, itu karena sistem sudah dibuat terlebih dahulu. dan untukmembuat sistem itu butuh proses

      • kayaknya ada deh yang instan, dengan proses yang singkat, feeling saya begitu dah…bergaul dengan orang sukses yang bersedia share dan bantu dengan tulus. Kayaknya siii

        • itu dia yang disebut proses. bukan simsalabim teprok-teprok langsung jadi. Semua ada ilmunya, ada proses yang perlu dijalani untuk mencapai hasil

    • Soal koneksi atau relasi itu perlu dibangun dengan hubungan interpersonal yang baik. Coba untuk kedepankan positif thinking ketika memandang orang lain, coba ambil sisi positif daripada memikirkan negatifnya, dan coba untuk mudah beradaptasi dengan segala kondisi.

      • Ok, cuma ini butuh proses dan butuh pertolongan, asli ga bisa sendiri, gitu dah…

      • untuk adaptasi juga sulit apalagi kalau uda mainan emosi, aku mending pergi keluar dulu (malah psikososial), banyak sisi gelap yang bikin negatif. Makanya sesuatu. Ini nih yang bikin saya sulit bergaul dari dulu, sahabat hanya 1 itu juga ditinggalin.

        Namun, ada satu hal yang patut di syukuri adalah perubahan yang butuh proses itu, ada kemauan untuk adaptasi, terus menerima masukan, perendahan,cacian untuk intropeksi.

        Aku masih belajar untuk beradaptasi dengan disabilitas yang aku miliki.

        Adaptasi yang terlambat……diusiaku yang bentar lagi 27 Tahun.

        Semoga dipermudah dan dipercepat sama Allah, amin. (ketakutan)

        • baca ini malah sakit perut dan nangis

        • apabila seseorang ingin maju, orang pertama yang harus dikalahkan adalah dirinya sendiri. Bagaimana mampu mengalahkan mental block

  13. Ini aku ada share karena kebetulan mengikuti bedah buku karya Bapak Anang Sujana yang dibantu dengan menggunakan sosial media untuk memasarkan bisnis Hayashi yang bergerak dibidang toys mart dan memiliki pabrik Boneka di daerah Bekasi. Beliau sudah sukses setelah berawal dari kebangkrutan dan minus.

    • Judul bukunya Berbisnis dengan iman. Pembedahan berlangsung bersamaan harinya dengan workshop fiksi bersama Mbak Klara Ng di Senayan. Dimana caranya diselenggarakan setelahnya.

  14. mari berdiskusi di kolom komentar ini ya. apabila ada pertanyaan, tanggapan, atau ide2 menarik, mari kita share 🙂

  15. Akhirnya berhasil juga kutemukan rumah mayamu. 🙂
    Bener banget uraian kamu, Dimas, bhw social media, menjanjikan prospek cerah bagi siapa saja yg jeli memanfaatkan peluang, kreatif dan punya inisiatif!
    Nice n informative share, Dim! Ditunggu sharing lainnya yaa. Sukses selalu!

    Saleum,
    Alaika

    • halo mbak Alaika. terima kasih sekali sudah sedia berkunjung ke blog saya. jadi terharu karena ada yang membaca dan berkomentar di sini. hiks2. hehe. sering2 mampir ya mbak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,142 other subscribers

Top Blog