Dari tutorial sejauh ini, Anda sudah menyaksikan berbagai manfaat dari Social Media. Mereka menjadi salah satu solusi dari keterbatasan yang mungkin saat ini Anda alami. Ragam Social Media yang sudah dikenal pun banyak dengan fungsi masing-masing. Email, Facebook, Twitter, Blog, Yahoo Messanger, Skype, dan item-item lain punya keunggulan yang unik. Tentu semua item tersebut akan lebih powerful jika dapat saling terhubung satu sama lain.

Apakah bisa? Tentu, namanya juga networking atau jejaring. Di era modern ini tidak ada seseorang yang mampu melakukan semua hal. Dia harus berjejaring dan berkolaborasi untuk memberikan apa yang jadi keunggulannya, sembari mendapatkan apa yang tidak dimiliki. Sama halnya dengan Social Media. Mereka dapat saling berjejaring seperti layaknya manusia. Coba tengok Friendster. Jejaring sosial yang dahulu amat populer itu kini tak lagi bertahan karena tidak berintegrasi dengan jejaring sosial lainnya. Berbeda dengan Twitter atau Facebook yang meski bersaing, mereka dapat terkoneksi satu sama lain.

Dalam seri kali ini, Anda akan pelajari bentuk-bentuk seperti apa antar media sosial tersebut dapat berintegrasi. Kita juga akan membahas mengapa mereka perlu berintegrasi, dan apa peluang dari interkoneksi tersebut.

Menghubungkan Twitter dengan Facebook

Meski Twitter terus meningkat penggunanya, perlu diakui bahwa pengguna Facebook masih lebih besar dan dia menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dikatakan lengkap. Bahkan Facebook sangat akomodatif dengan banyak mengadopsi fitur-fitur dari jejaring sosial lain. Seperti contoh fitur check in yang diadopsi dari Foursquare, fitur share yang kurang lebih meniru retwit pada Twitter, serta mention post yang juga mengambil prinsip dasar dari Mention Twitter.

Berikut adalah contoh kasus dan alasan mengapa Anda perlu integrasikan Twitter dengan Facebook.

  1. Menghemat waktu.
    Ketika Twitter sudah dihubungkan dengan Facebook, setiap twit anda akan menjadi update status juga di Facebook. Anda tak perlu update kedua jejaring sosial itu bergantian jika ingin semua teman Anda tahu apa yang ingin disampaikan. Sekali klik, maka update info tersebar melalui dua jejaring sosial.
  2. Menjangkau Seluas mungkin Audience.
    Saat ini tidak semua orang sudah beralih ke Twitter. Ada orang-orang yang hanya aktif di Twitter saja, atau mereka yang aktif di Facebook. Apabila Anda hanya aktif di salah satu (Twitter atau Facebook), maka Anda akan kehilangan audience yang lain. Oleh karena itu, dengan saling terhubungnya Twitter dan Facebook, memungkinkan Anda menjangkau semua orang tersebut.
  3. Membangun Brand yang Baik
    Apabila ingin dikenal meluas, sebuah brand harus konsisten dan mudah ditemui. Ketika Anda ingin membangun image dari sebuah brand, maka penggunaan akun Twitter yang identik dengan Facebook diperlukan. Seperti contoh akun Twitter @Kartunet yang diintegrasikan dengan facebook fanpage Komunitas Kartunet. Kedua akun tersebut memiliki identitas brand yang sama dan saling terhubung ketika ada update informasi. Sehingga demikian, baik audience di Twitter atau Facebook akan mengenal Kartunet dengan image brand yang sama.

Adapun langkah-langkah untuk menghubungkan Twitter dengan Facebook adalah sebagai berikut:

  1. Masuk dan login ke Twitter.com dengan username dan password Anda.
  2. Buka tab browser baru, dan login ke Facebook Anda.
  3. Kembali ke tab Twitter, klik Setting and Help, kemudian klik lagi “setting”.
  4. Klik Profile untuk menuju ke halaman pengaturan Profil Twitter Anda.
  5. Di bagian agak akhir sebelum “save” button, Anda akan menemukan opsi untuk menghubungkan Twitter dengan Facebook “connect to facebook”.
  6. Klik opsi tersebut dan browser akan membuka tab baru yang meminta Anda untuk otorisasi akun Twitter Anda dengan Facebook. Ikuti langkah yang ada dan klik pada authorize, accept, atau agree.
  7. Setelah proses tersebut, Twitter dan Facebook Anda sudah terhubung dan Anda dapat melakukan pengaturan selanjutnya.
  8. Apabila Anda ingin menghubungkan Twitter dengan Fanpage yang dikelola oleh akun anda, pilih opsi selanjutnya di Connect to Facebook setelah proses integrasi berhasil.

Menghubungkan Yahoo dengan Facebook

Yahoo sampai saat ini masih menjadi pesaing dari Google. Seperti Google, Yahoo juga menyediakan fasilitas komunikasi yang lengkap. Dari mulai Yahoo mail, Yahoo Messanger, mailing list, dll. Penggunaan Yahoo untuk chatting dengan software Yahoo Messanger-nya juga masih banyak dipakai. Meski email Yahoo tidak semudah Gmail dalam hal aksesibilitas, fitur Yahoo Messanger cukup handal untuk pengguna screen reader sekalipun.

Satu kabar baik bahwa Yahoo Messanger saat ini support juga untuk chat Facebook. Biasanya untuk chat via Facebook, kita hanya dapat melakukannya di web version. Sedangkan untuk pengguna screen reader atau pada keadaan koneksi yang kurang bagus, cukup berat untuk loading Facebook versi web. Ditambah lagi dengan tampilan versi web Facebook yang tidak terlalu accessible untuk melakukan Chat. Dengan berintegrasinya Facebook ke Yahoo Messanger, Anda dapat chat dengan teman Facebook menggunakan YM.

Keuntungan mengintegrasikan Yahoo dengan Facebook antara lain:

  1. Pengguna screen reader dapat chat dengan nyaman ke teman Facebook menggunakan program YM.
  2. Anda dapat online secara bersamaan yaitu Yahoo Messanger dan Facebook Chat.
  3. Mudah ketika mencari kontak teman Facebook yang sedang aktif karena berada di list yang sama dengan kontak Yahoo.
  4. Mudah apabila Anda ingin mengirim pesan masal ke banyak teman di Facebook.
  5. Tak perlu membuka Facebook versi web, cukup program YM.

Adapun langkah-langkah untuk integrasi Facebook ke Yahoo adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus sudah memiliki akun email di Yahoo. Jika belum ada, buat sekarang dengan masuk ke mail.yahoo.com, kemudian klik pada “create new account” atau klik di sini.
  2. Install program Yahoo Messanger versi terbaru. Dengan unduh di sini.
  3. Setelah proses instalasi selesai, masuk ke YM dan input data username dan password account Yahoo Anda, lalu klik sign in.
  4. Ikuti proses signing in Yahoo sampai selesai, termasuk accepting term and agreement karena Anda baru pertama kali Sign in account Yahoo Anda.
  5. Saat berhasil login, Anda akan berada di daftar kontak Yahoo.
  6. Untuk segera integrasi dengan Facebook, tekan control+tab ke Update Stream Yahoo.
  7. Di sana akan ada tautan untuk connect Yahoo Anda ke Facebook, dan ada juga ke Twitter.
  8. Ikuti langkah integrasi setelah Anda connect to Facebook atau Twitter. Proses authorization seperti biasa.
  9. Masukkan data login facebook atau Twitter Anda agar terhubung dengan Yahoo.
  10. Akan ada pesan terhubung jika proses berhasil.
  11. Tekan Control + Tab lagi untuk menuju ke list view kontak Yahoo.
  12. Indikasi integrasi berhasil adalah munculnya kumpulan teman-teman Facebook Anda yang sedang online setelah daftar kontak Yahoo.
  13. Apabila ingin keluar dari facebook Chat, masuk ke menu Messanger, dan enter pada “Sign out of the Facebook Chat”.

Semoga beberapa tips untuk integrasi antar item Social Media dapat bermanfaat bagi Anda. Dengan integrasi tersebut, Anda tak perlu khawatir lagi untuk berkomunikasi dengan siapapun menggunakan media apapun. Semua ada tantangan dan tentu ada solusinya.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Sudah Baca yang Ini?