Menjelajah Twitter dengan The Qube

Menjelajah Twitter dengan The Qube

Masih di tutorial kelas Social Media dan masih bicara tentang The Qube serta Twitter. Di tutorial sebelumnya Anda sudah banyak belajar tentang konsep The Qube sebagai program client Twitter dan  navigasi dasarnya. Konsep dasar tersebut perlu terus Anda pegang, karena pelajaran kita berikutnya adalah pengembangan dari dasar-dasar tersebut. Mari kita lanjutkan jalan-jalan di twitter dengan The Qube.

Following dan Unfollowing

Anda masih ingat dengan konsep Follow dan difollow? Follow adalah ketika Anda mengikuti akun tertentu yang berarti update twit dari akun tersebut akan muncul di home atau timeline Anda. Dalam hal tersebut Anda menjadi follower dari akun tersebut. Sedangkan difollow adalah ketika akun Anda yang diikuti oleh akun lain. Mereka yang follow Anda disebut followers.

Untuk follow akun pembuat twit pada posisi Anda saat ini, tekan kombinasi tombol control+Win+l, dan tekan enter pada username akun tersebut. Jika pada twit tersebut juga terdapat akun-akun lain yang dimention dan Anda ingin follow salah satunya, setelah tekan Control+Win+L, tekan panah bawah dan tekan enter pada akun yang dimaksud. Anda dapat juga dengan mengetik secara manual username yang ingin difollow jika sudah mengetahuinya. Yaitu ketika tekan Control+Win+L, ketikkan username account tersebut, tekan enter.

Anda tentu ingin tahu akun apa saja yang follow Anda, dan akun apa saja yang Anda follow. Caranya yaitu dengan menampilkan daftar followers atau friends Anda pada buffer khusus. Jadi setelah empat buffer utama, Anda akan membuat dua buffer baru. Untuk menampilkan daftar akun yang follow Anda (followers), tekan Control+Win+[. Sedangkan untuk menampilkan daftar akun yang Anda follow (friends), tekan Control+Win+]. Anda pun dapat membuat analisis pada followers dan friends Anda. Misal Anda ingin tahu siapa saja yang sudah Anda follow tapi belum follow balik (follback), atau sebaliknya. Munculkan buffer analisis tersebut dengan tekan tombol Control+Win+Alt+], kemudian pilih tipe analisis yang diinginkan, tekan enter.

Ada kalanya Anda merasa sudah tidak perlu mengikuti twit dari suatu akun. Mungkin juga Anda salah follow akun dan ternyata twit-twit yang dihasilkan hanya sekedar spam (baca: spam). Tak perlu khawatir, Anda bisa segera membersihkan timeline Anda dari akun tersebut dengan unfollow. Caranya yaitu pada twit akun yang ingin di-unfollow, tekan control+Win+Shift+L, tekan enter pada username tersebut. Anda dapat juga menuju buffer daftar Friends atau Following, pilih account yang Anda ingin Unfollow, kemudian tekan control+Win+Shift+L, lalu enter.

Block dan Unblock User

Ada ketika mungkin Anda tidak ingin sebuah akun follow Anda. Memang agak aneh, tapi mungkin saja Anda punya mantan yang tak ingin dia tahu twit-twit Anda. Seperti di Facebook, Anda pun bisa Block account tersebut dengan memilih salah satu opsi yang ada di perintah Unfollow. Coba Anda tekan control+Win+Shift+L pada account yang ingin Anda block. Tekan tab maka akan ada tiga pilihan: unfollow, block, dan report as Spam. Apabila Anda pilih “block”, maka akun tersebut akan masuk daftar blocked (baca: black list) Anda. Sedangkan jika Anda pilih “report as Spam”, maka Twitter akan mempertimbangkan untuk menutup akun tersebut karena dinilai akun “sampah”.

Untuk dapat melihat daftar blocked user Anda, tekan control+Win+. Akan muncul buffer baru yang menampilkan daftar akun yang Anda block. Apabila Anda ingin unblock (baca: normalisasi hubungan) dengan salah satu akun di blocked user list itu, cukup tekan control+Win+delete.

Beberapa Perintah Penting Lainnya

  1. Control+Win+R. Reply twit atau membalas pesan kepada pengirim sebuah Twit. Tuliskan pesan kemudian tekan enter jika selesai.
  2. Win+Alt+panah atas/bawah. Untuk menyebutkan kembali twit yang akan kita reply. Perintah ini aktif ketika Anda sudah menekan Control+Win+R.
  3. Control+Win+D. Mengirim Direct Message (DM). Sesuai dengan aturan Twitter, DM hanya dapat dikirimkan kepada akun yang telah follow Anda. Seperti itu pula sebaliknya, Anda hanya bisa dikirimi pesan DM oleh akun yang telah Andda Follow.
  4. Control+Win+Delete. Menghapus sebuah twit yang Anda tulis meski sudah terkirim. Dapat pesan biasa atau DM.
  5. Control+Win+shift+C. Copy twit atau menkopi isi Twit ke clipboard.
  6. Control+Win+B. Menampilkan alamat URL akun pembuat twit dan akun-akun yang dimention dalam twit tersebut. Pilih akun yang mau dibuka halaman profilnya di web browser, lalu tekan enter.
  7. Control+Win+Enter. Membuat tautan URL yang ada di dalam twit. Jika tautan mengarah pada pesan audio, maka audio akan play ketika menekan perintah ini. Untuk menghentikan play audio, tekan kembali Control+Win+Enter.
  8. Win+Alt+F. Menandai sebuah twit menjadi favorite. Prbandingannya seperti memberi tanda like di Facebook.
  9. Control+Win+Alt+F. Menampilkan buffer berisi twit-twit Favorit Anda.
  10. Control+Win+delete. Menghapus salah satu twit di buffer favorite Anda.
  11. Control+Win+Alt+Shift+F. Menampilkan daftar twit favorite akun lain.
  12. Control+Win+Shift+R. Retwit sebuah twit untuk ditampilkan ke followers Anda. Tekan kombinasi tombol ini dan akan muncul pertanyaan. Jika Anda ingin menambahkan komentar di retwit tersebut, klik Yes. Sedangkan jika ingin secara otomatis retwit tanpa komentar, klik No.
  13. Control+Win+Alt+R. Menampilkan buffer kumpulan retwit Anda. Akan muncul tiga pilihan sebelum menghasilkan buffer baru: retwit teman Anda, twit-twit yang Anda retwit, atau twit-twit Anda yang diretwit orang.
  14. Control+Win+/. Search keyword tertentu. Masukkan keyword yang ingin anda cari di Twitter, maka The Qube akan membuat buffer baru yang menampilkan seluruh twit di seantero Twitter yang mengandung keyword Anda. Jika anda menekan kombinasi tombol ini di twit yang mengandung hashtag, Anda dapat tekan panah bawah untuk mencarinya, lalu tekan enter.
  15. Control+Win+Shift+/. Jika anda ingin mencari account tertentu tapi tidak tahu usernamenya. Tekan kombinasi tombol tersebut kemudian masukkan nama lengkap atau identitas akun yang ingin dicari, dan The Qube akan menampilkan buffer yang berisi hasil pencarian.
  16. Control+Win+Shift+F. Membuat filtering twit pada buffer tertentu.
  17. Control+Win+E. Eksport twit-twit pada buffer tertentu ke format teks.
  18. Control+Win+Shift+T. Menampilkan buffer Trending Topic berdasarkan lokasi negara atau kota.
  19. Control+Win+G. Mengetahui Geo Location dari twit sebuah akun. Biasanya twit yang mengandung Geo Location ditandai dengan indikasi bunyi *geo*.
  20. Control+Win+Shift+G. Mengetahui Geo Location dengan membuka kotak dialog yang menampilkan alamat rinci dari twit tertentu. Alamat ini dapat Anda eja dengan navigasi standar.
  21. Control+Win+Shift+D. device notification. Apabila Anda telah set nomor HP Anda di Twitter.com, Anda dapat menerima update twit dari akun tertentu dengan menekan kombinasi tombol ini. Apabila Anda tidak ingin lagi menerima update twit via sms dari akun tersebut, tekan kembali kombinasi tombol ini pada akun yang dimaksud.
  22. Control+Win+Shift+P. Jika Anda ingin edit informasi dalam profil Twitter Anda seperti profile name, website/blog, dan short bio.
  23. Control+Win+I. Individual timeline. Menampilkan daftar twit dari satu akun yang Anda ingin lihat. Tekan kombinasi tombol ini pada twit dimana ada akun orang tersebut dimention, atau ketikkan manual username akun tersebut.
  24. Control+Win+Alt+;. Mengetahui hubungan akun Twitter Anda dengan akun twitter tertentu. Apakah Anda berdua sudah saling follow, baru satu pihak yang follow, atau tidak ada hubungan sama sekali.
  25. Control+Win+;. Mengetahui secara singkat jumlah followers, following, dan twit dari akun tertentu.
  26. Control+Win+Shift+;. Jika Anda ingin mengetahui data profil dari suatu akun.
  27. Control+Win+Alt+M. Mematikan suara notifikasi pada suatu buffer. Tekan kembali kombinasi tombol ini untuk menghidupkannya lagi.
  28. Control+Win+M. Mematikan suara notifikasi pada satu Session. Tekan kombinasi tombol kembali untuk aktivasi notifikasi.
  29. Control+Win+Shift+M. Jika Anda ingin mematikan suara notifikasi di seluruh program. Tekan kembali kombinasi tombol untuk menghidupkannya.

Fyuuuh, banyak juga ya kombinasi tombol yang perlu anda hafal. Tapi jangan menyerah dulu, jika sudah terbiasa, semua kombinasi tombol itu tak jadi masalah kok. Toh jika sesekali lupa, Anda dapat tengok tutorial di Kartunet.com yang tersedia 24 jam. Baik, sekian dulu tutorial kali ini, di seri berikutnya kita akan sedikit lagi belajar tentang fitur di The Qube.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Sudah Baca yang Ini?

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,142 other subscribers

Top Blog