Menyicil Mimpi di Agustus 2013

Menyicil Mimpi di Agustus 2013

Time flies so fast atau lalat-lalat waktu yang begitu cepat. Kembali memasuki bulan Agustus, bulan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu menjadi momentum diumumkannya kemerdekaan bangsa ini dari penjajahan bangsa asing. Kemerdekaan yang memang dirasakan secara fisik, sayangnya belum secara mental dan budaya. Pada bulan ini pula kemerdekaan 68 tahun yang lalu bertepatan dengan saat Ramadan. Menjadi pertanda, Insya Allah, kemerdekaan bangsa ini memang atas berkat rahmat Allah. Namun aku tak ingin berbicara soal politik atau nasionalisme kali ini, ada baiknya bulan baru ini dimulai dengan evaluasi sebulan ke belakang dan pembuatan target satu bulan ke depan.

Satu hal yang jadi keberhasilan pada bulan Juli yaitu target satu tulisan tiap hari kecuali pada hari minggu telah tercapai. Meski tidak sepenuhnya menulis tiap hari, menganggap tulisan sebagai hutang per hari cukup efektif meningkatkan produktivitas. Ada kalanya hari itu tidak dapat menulis karena ada acara sampai malam atau alasan-alasan lainnya. Untuk mengatasinya, maka harus ingat ada hutang tulisan dan nantik etika posting disesuaikan penanggalannya dengan waktu yang seharusnya terbit. Agak manipulatif dikit, tapi itu caraku agar terbentuk kedisiplinan menghasilkan output yang konsisten.

Ada keinginan untuk meningkatkan target ini jadi dua tulisan tiap hari. Namun mengingat bahwa blogging buatku bukan sekedar buat postingan dan menarik traffic. Blogging tak ubahnya dengan menulis, harus ada value yang didapatkan oleh pembaca. Tulisan di blog juga harus mengikuti kaidah kerangka tulisan yaitu ada intro, isi, dan penutup. Ini yang kadang ketika membuat tulisan di blog, selalu minimal tidak kurang dari 450 kata. Padahal, pada umumnya blogger yang mengejar update dan SEO, menulis kurang lebih hanya 250 kata. Kadang merasa aneh jika menulis kurang dari lima paragraf. Entah ini kelemahan atau kelebihan.

Namun sepertinya perlu dicoba untuk memulai menulis di blog selama bulan Agustus ini lebih dari satu post tiap hari. Minimal target satu post tiap hari harus tetap terjaga. Anggap saja jadi bulan percobaan sembari persiapan keberangkatan ke Adelide Insya Allah akhir bulan ini. Apalagi aku juga punya cita-cita untuk menerbitkan buku sendiri. Nampaknya bulan Agustus ini akan baik jika memulai mencicil tulisan tentang pengalaman akademik, atau membuat esai refleksi terkait pengabdian sosial dan nasionalisme. Siapa tahu kelak kumpulan tulisan itu dapat dibukukan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang lebih luas. Amin..

Di sisi lain, ada target bulan Juli yang tak tercapai yaitu untuk memulai les di rumah. Entah apa lagi faktor yang menghalangi, mungkin karena waktu. Rencananya bulan kemarin aku ingin memulai untuk mengadakan les Bahasa Inggris ke anak-anak di sekitar yang dapat dibantu adik. Misal akhir Agustus ini sudah pergi sekalipun, dapat dilanjutkan oleh adik. Tapi mungkin juga karena kepalang tanggung anak sekolah sudah pada libur menjelang lebaran, jadi baru dapat diadakan setelah itu.

Mungkin alternatifnya, aku akan coba untuk mengadakan tutorial Bahasa Inggris online. Dimulai dari pembuatan materi-materi yang dipost di blog mengenai belajar Bahasa Inggris praktis. Belum tahu juga modelnya seperti apa, siapa tahu ke depan dapat dijadikan tutorial komersial. Misal dengan perantara chat, skype, atau email. Tapi yang jelas, aku akan memulai untuk membuat tutorial di blog, sembari memperlancar lagi Bahasa Inggris sebelum ke Australia.

Intinya ada beberapa target baru yang berhubungan dengan menulis di bulan ini. Sayang sepertinya aku harus merelakan kesempatan untuk mendaftar CPNS lagi tahun ini karena waktu yang bersamaan dengan agenda di akhir Agustus hingga Nopember. Selain itu, bulan ini juga ada hari kelahiranku. Namun aku tak terlalu peduli, ulang tahun tidak menjadi budaya di dalam keluargaku. Biar saja itu jadi momentum untuk refleksi diri, bukan perayaan apa-apa. Semoga, target-target di bulan Agustus dapat tercapai. Ini komitmenku, mungkin kamu juga ingin share apa targetmu di bulan Agustus?(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Sudah Baca yang Ini?

8 Comments

  1. Wah tapi niat daftar CPN nya maih ada kan? Walaupun bukan bulan itu? hehe semoga apa yang diinginkan bisa terwujud.

    • aamiin.. iya, mau coba lagi tahun ini nih.. Semoga Allah memberi jalan yang terbaik. terima kasih ya sudah berkunjung 🙂

  2. Emmm, menarik idenya.. gmn sudah dimulaikah les2an atau tutorialnya??? saya akan jadi murid pertama klo blum dimulai 😀
    good luck ka dimas 🙂
    ulang tahun ya? walaupun ga ada tradisi juga di rumah tp at least temen2 deket harus mengucapkan sbg tanda aja klo mereka masih ingat dengan saya n mendoakan saya. tanggal postingan tulisan ini bertepatan loh dengan ultah saya, hahahahaha

  3. Semoga segera terwujud. Amin. InshaAllah. 🙂

  4. waw! mantap! semoga sukses ya Dim! oleh-olehnya tar jgan lupa. :))

    • amin amin.. semoga ada umur dan kesempatan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,142 other subscribers

Top Blog