WordPress merupakan salah satu platform untuk blogging yang paling populer di samping Blogspot. Bahkan WordPress memiliki satu keunggulan yaitu selain ada yang gratisan, ada pulayang self-host alias dapat digunakan untuk website sendiri. Agar website berbasis WordPress anda optimal, ada tips sederhana yang dapat dilakukan pada bagian General Setting Anda.

Setelah menginstal WordPress, Anda akan langsung masuk ke halaman General Settings yang terletak di dashboard WordPress Admin. Pada bagian ini ada beberapa item mendasar yang perlu diatur agar website Anda menjadi optimal, khususnya di mesin pencari.

Title atau judul website adalah bagian yang akan mengidentifikasi website Anda misal dalam feed atau mesin pencari. Sebaiknya gunakan keyword utama yang menjadi keunikan dari blog atau website Anda. Misal pakailah nama lengkap Anda apabila website tersebut adalah blog pribadi yang berisi profil serta tulisan-tulisan pribadi Anda. Sehingga saat orang search nama lengkap Anda di mesin pencari, maka blog Anda tersebut yang akan muncul di deretan atas. Begitu pula untuk organisasi atau perusahaan, tuliskan nama lengkapnya beserta singkatan jika perlu.

Tagline silakan isi dengan moto atau deskripsi dalam beberapa kata mengenai website Anda. Penulisan tagline yang tepat juga akan membantu agar website Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Alamat WordPress(URL). Silakan Di sini kita akan memasukkan URL lengkap dari direktori yang berisi file aplikasi WordPress inti kita, seperti wp-login.php, wp-admin, wp-content dan wp-includes.

Alamat email: Ini adalah alamat email yang bisa kita gunakan setiap kali WordPress harus menghubungi kita. Bisa juga saat ada interaksi seperti komentar di setiap artikel, maka akan masuk dan memberikan notifikasi via email. Gunakan alamat email yang siaftnya official atau sesuai dengan domain website Anda. Apabila anda memiliki email dengan berakhiran @domainanda.com, maka itu akan lebih menambah kredibilitas dari email-email yang akan Anda kirim ke para subscriber. Di tulisan lainnya, akan dibahas mengenai cara mendapatkan email profesional gratis dengan Gmail.

Lalu pada bagian followers, tentukan apakah Anda akan mengizinkan khalayak untuk membuat account di website Anda. Jika website itu sifatnya pribadi, sebaiknya disactive saja fitur ini. Sebaliknya, jika itu merupakan situs untuk komunitas atau organisasi, maka fitur ini akan sangat bermanfaat untuk menjalin konektivitas.

Sekian dulu tips untuk optimasi wordpress yaitu dengan pengaturan umum di website Anda. Meski sederhana, tapi ini menjadi dasar yang penting untuk website. Sampai jumpa di tips optimasi wordpress berikutnya.

Rekomendasi Artikel:

Sudah Baca yang Ini?

  • No Related Posts