Membuat Paspor Indonesia Online Mudah dan Cepat

Membuat Paspor Indonesia Online Mudah dan Cepat

Bagi kebanyakan orang mungkin membuat paspor Indonesia online masih dianggap sulit atau mahal. Ada pula yang berfikir jika membuat paspor sudah harus tahu ingin digunakan untuk pergi ke negara mana. Menurut salah satu teman, paspor tidak harus dibuat ketika ingin keluar negeri. Biar ia menjadi sugesti dan pemicu semangat untuk pergi ke luar negeri. Mulailah sejak dini untuk membuat paspor. Akan tetapi jika kamu baru akan membuatnya saat membaca tulisan ini, yakinlah tak ada yang terlambat untuk niat baik.

Pengalaman ketika membuat paspor Indonesia online tanggal 30 April 2013 lalu ternyata  tidak terlalu sulit. Hanya diperlukan usaha untuk datang ke kantor imigrasi pas waktu subuh dan mengantri nomor urutan beberapa jam. Hari sebelumnya, aku sudah datang ke kantor imigrasi khusus Jakarta Selatan yang di jalan Warung Buncit sekitar pukul 10 pagi sesuai dengan form online yang sudah diisi yaitu untuk hadir antara pukul 08:00 s.d. 11:00 WIB. Namun ketika datang petugas mengatakan nomor antrian sudah habis karena hanya diberikan 100 untuk pembuatan paspor via online dan 200 untuk yang manual. Tak ayal aku harus membuat kembali form online dan datang keesokan hari.

Dari kejadian itu, di sini akan ditulis langkah-langkah dan tips untuk membuat paspor Indonesia online agar kamu tidak perlu bolak-balik atau kesal ketika datang ke kantor imigrasi. Proses pembuatan paspor dapat dilakukan di kantor imigrasi manapun. Cukup buka situs www.imigrasi.go.id jika ingin melihat alamat kantor imigrasi terdekat dari rumahmu.

Membuat Paspor Indonesia Online di Kantor Imigrasi

Langkah Membuat Paspor Indonesia Online

  1. Persiapan.
    Ketika ingin membuat paspor Indonesia online baru, persyaratan yang harus dimiliki yaitu fotokopi KTP di atas kertas A4 tanpa digunting, Kartu Keluarga (KK), dan akta kelahiran/Ijazah/surat nikah. Karena kamu nanti akan mengajukan pembuatan paspor secara online, buat softcopy dengan scann ketiga tanda identitas tersebut. Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan uang Rp 255.000,00 untuk membayar biaya pembuatan paspor.
  2. Mengisi form permohonan pembuatan paspor  Indonesia online
    Karena saat ini era digital, kamu dapat memperingkas waktu pengisian form di kantor imigrasi dengan mengisinya di rumah via internet. Silakan klik di sini, lalu masuk ke menu “prapermohonan personal”. Di form tersebut kamu akan diminta untuk mengisi semua data yang diperlukan termasuk untuk mengunggah (upload) hasil scann dari KTP, KK, dan akta kelahiran/ijazah/surat nikah. Lalu di bagian akhir juga diminta untuk menentukan di kantor imigrasi mana akan melanjutkan pembuatan paspor dan hari kedatangan di kantor imigrasi. Selanjutnya silakan print form yang sudah selesai diisi dan lembaran tersebut dinamakan Formulir Prapermohonan Paspor.

    Keuntungan dari mengisi form online adalah kamu tak perlu lagi mengisi form manual yang disediakan di kantor imigrasi. Cukup menunjukkan form yang memiliki barcode ke petugas dan data kamu sudah ada di database imigrasi. Selain itu proses pembuatan paspor akan lebih cepat, yaitu dapat selesai hari itu juga dan pengambilan paspor tiga hari kerja berikutnya. Berbeda dengan mengisi form manual yang setelah mendapatkan urutan untuk mengisi form manual dikantor imigrasi, setelah dua hari baru diminta datang kembali untuk wawancara dan pengambilan foto.

  3. Datang ke kantor imigrasi
    Kantor imigrasi biasanya memiliki kapasitas terbatas untuk mengeluarkan paspor tiap harinya. Seperti di kantor imigrasi Jakarta Selatan, mereka hanya mampu mengeluarkan 100 paspor via online dan 200 pada form manual, sedangkan 200 lainnya untuk transaksi paspor lain seperti pengantian atau perpanjangan paspor. Oleh karena itu, agar mendapatkan nomor urutan, kamu sebaiknya sudah ada di kantor imigrasi waktu subuh untuk mengambil nomor urutan. Apalagi jika mengisi form pembuatan paspor Indonesia online, perlu lebih cepat karena nomor urut yang dikeluarkan biasanya lebih sedikit dari yang manual.
  4. Alur di kantor imigrasi
    Ketika mendapatkan nomor urut biasanya ada kode A untuk form pembuatan paspor Indonesia online dan B untuk form manual. Jangan lupa untuk memberitahukan jenis form apa yang kamu gunakan kepada petugas agar tidak salah loket. Selanjutnya ketika loket dibuka sekitar pukul 08:00 WIB, kamu akan dipanggil sesuai nomor urutan ke loket tertentu. Di loket, kamu perlu mempersiapkan fotokopi KTP di kertas A4 tanpa digunting, KK, dan akta kelahiran/ijazah/surat nikah serta dokumen asli untuk perifikasi petugas. Setelah lolos perifikasi, kamu akan diberikan surat pengantar untuk ke petugas administrasi di depan, dan menukarnya dengan nomor antrian berkode C untuk proses pembayaran. Di sini biasanya untuk pengguna form manual, mereka diminta untuk pulang dulu dan kembali dua hari kemudian melanjutkan proses. Nah, setelah membayar, segera menuju ke lokasi pengambilan foto dan wawancara. Di meja wawancara, biasanya kamu hanya akan diminta untuk perifikasi jika tak ada kesalahan penulisan nama dan tanda tangan di atas paspor.
  5. Mengambil paspor jadi
    Setelah wawancara, maka selesailah proses pembuatan paspor Indonesia online. Biasanya kamu diminta untuk datang tiga hari kemudian yang pengambilan paspor dapat diwakilkan oleh keluarga. Ketika mengambil paspor, bawa bukti pembayaran paspor untuk ditunjukkan ke bagian administrasi atau loket pengambilan paspor. Perlu dicatat, untuk pengambilan paspor, kamu atau keluarga yang mengambilkan tidak perlu mengantri lagi dari subuh seperti proses pembuatan. Silakan datang antara pukul 08:00 s.d. 15:00 WIB dan tak membutuhkan waktu lama untuk sekedar pengambilan paspor.

Jadi, tidak sulit bukan untuk membuat paspor Indonesia Online? Apalagi saat ini sudah ada form online yang mampu mempersingkat proses pembuatan beberapa hari. Jika kamu mengikuti proses dan prosedurnya, tak perlu pakai calo untuk mengurusnya. Nah, selamat memiliki paspor dan siap terbang kemanapun angin memanggilmu.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?

50 Comments

  1. Setahun lalu saya berniat membuat Paspr di Malang, ternyata ada kendala sebab KK dan KTP saya tidak sama dengan Akta Kelahiran. Saya harus memperbaikinya dulu di Kalimantan domnisili saya. Haha. praktis saya menunda pendaftaran, sebab saya belum ada agenda pulang ke kalimantan dalam setahun … insyaAllah dalam waktu dekat saya akan buat lagi. Perbaikan KTP dan KK sudah beres … hehe.
    Eh ternyata ada yang online juga … terima kasih infonya gan!!!

    • wah agak ribet juga ya gan. tapi memang, kesalahan satu huruf aja misal di bagian nama yang tak sama di Akte kelahiran, KTP, dan KK bisa jadi panjang pengurusannya. hehe. semoga dapat memudahkan ya gan 🙂

  2. Halo Mas Dimas,
    saya mau tanya kalau kk apa harus sesuai dengan ktp domisili untuk buat paspor soalnya saya waktu buat ktp itu nebeng kk saudara saya ?

    • hmmm, agak kurang yakin. tapi bisa ditanyakan dulu ke pihak Imigrasi. biar aman sih pisah KK dulu atau gabung dengan orang tua misal belum berkeluarga.

  3. hallo maz dimas.,mau tnya nih kenapa ya setelah mengupload syarat” tuk buat paspor.,tidak bisa ke tahap selnjuttnya sellu sja minta kode verifikasi..sedangkan kode nya sudah saya masukkan.,tapi tetap saja tidak mau..tq

    • Mungkin server mereka yang sedangbermasalah ya.. tapi ada baiknya juga untuk periksa laptop/PC yang digunakan. coba clear cache atau istory browser.

  4. halo mas dimas, mo tanya kalau saya daftar online pada malam hari apakah bisa ? mohon penjelasan

    • tetap bisa kok. nanti tinggal tentukan saja mau datang ke kantor imigrasinya kapan dan dimana yang terdekat

  5. wah ane nyesel ga dari dulu aja ane bikin paspor yua

  6. Ms,aku kesulitan untuk upload KTP & KK nya,file yang uda q scan ternyata msih kebesaran,jdi selalu gagal untuk diupload,jadi q hrus gimana ya ms???
    thanks sebelumnya

  7. Hallo pak dimas, blh sya tny pak, ini pembuatan paspor online. Kira terkenak biaya brapa? Ada beda Ԍªƙ paspor dewasa dgn anak2?

    • Jika tidak salah, tak ada beda untuk biaya pembuatan paspor bagi orang dewasa dan anak di bawah umur pak 🙂

  8. Hai MAs Dimas,

    Mau tanya, apakah kalau mau bikin paspor baru bisa lewat online jg? krn barusan saya mau daftar,meng klik jenis permohonan hanya ada 2 pilihan yaitu, penggantian habis berlaku dan penggantian halaman penuh.
    mohon jawabannya ya..terima kasih

    • masih bias kok mbak. silakan diikuti langkah-langkah yang saya tulis di sini. good luck

  9. Siang mas Dimas, saya mau tanya KTP sy wilayah Jakarta Timur, tetapi saya mau buat paspor di kantor imigrasi Bekasi, bisa atau tidak ya..?

    • halo mbak Rahel. Jika tidak salah bisa kok. Karena meski KTP di Jakarta Selatan, tetap bisa membuat paspor ke imigrasi Jakarta Barat. namun saya kurang yakin untuk yang lintasprovinsi. ada baiknya jika konfiramsi dulu ke kantor Imigrasi Bekasi. tapi prediksi saya 80% yakin bisa. karena ketika di bagian akhir mengisi form online, kita diminta untuk memilih tempat pembuatan paspor, bukan langsung diarahkan yang sesuai dengan KTP domisili. semoga lancar ya mbak prosesnya 🙂

  10. Info saja, untuk membuat paspor online, websitenya seringkali lambat dan bahkan mengulang2 kembali bila gagal, mungkin karena banyak yang akses ya.. Mestinya hal ini diperhatikan oleh Ditjen Imigrasi sehingga layanan online yg sudah baik ini bisa semakin memudahkan.

    • betul. terkadang memang seperti itu. usahakan gunakan koneksi yang lebih stabil dan kuat, misal dengan internet kabel. lebih sering noral daripada errornya

  11. Mas Dimas yg baik..
    saya mau tanya apakah beda paspor yg biasa dengan yang e-paspor? dalam proses pembuatannya dan kegunaanya lebih menguntungkan yg mana? o,ya jika via online bisa jadi berapa hari, jika manual bisa jadi berapa hari?

    thanks buat infonya

    • halo. jujur, saya belum tahu secara fisik untuk e-passport seperti apa. Namunmenurut saya perbedaan ini tidak terlalu signifikan. Mengingat harga pembuatan untuk e-passpor lebih besar dari paspor biasa, jadi saya sarankan tetap mengurus paspor biasa karena secara fungsi tak ada beda sama sekali. Untuk pengurusan paspor secara online, yang jelas dapat memangkas waktu pembuatan tiga sampai empat hari. apabila mengurus pembuatanpaspor secara manual dibutuhkan waktu hingga seminggu, dengan online tiga atau empat hari sudah selesai. semoga membantu 🙂

  12. mas..sy mau numpang nanya…sya sdh upload ktp…tapi kok gak bisa..dibawahnya ada tulisan..”crop the rectanguler area must not be empty” kira2 kenapa ya???padahal resolusinya ssuai persyaratan

    • halo mbak. untuk scann KTP, sebaiknya tidak di atas kertas A4. tapi cukup scann, lalu crop/hilangkan bagian yang diluar area KTP. jadi tidak ada area kosong di hasil scann. semoga membantu 🙂

      • thanks banget info nya. saya juga menghadapi masalah yang sama dimana persyaratan sudah sesuai tetapi tidak bisa di upload.

        • Sudah saya coba, tp tetap tidak bisa. kenapa ya ?

          • sorry, sudah bisa. Thanks bgt info nya mas Dimas…..

  13. mas..ada bedanya biaya nya ga ya klo bikin paspor online atau datang langsung ke sana (manual)..??
    thx

    • Halo mbak Yohanna. tidak ada beda biaya untuk pembuatan paspor via online dan manual. Malah jika kita menggunakan formulir online, dapat memangkas waktu pembuatan dua atau tiga hari. Saya sarankan untuk mengajukan aplikasi online, lalu baru datang pada hari yang mbak tentukan sendiri di formulir tersebut. Selanjutnya hanya perlu kembali ke kantor Imigrasi untuk mengambil paspor yang sudah jadi sekitar 4 hari kerja.

  14. pak Dimas, saya mau memastikan nih. bearti kalo saya isi form online lalu formulir yang manual yang saya ambil dari Kanim Jakarta Barat engga usah di isi lagi ? thnks.

    • Betul mbak Siska. Jadi prosesnya mbak tak perlu mengambil form manual. ukup isi form online, lalu datang ke imigrasi dan katakan jika sudah mengisi dan mencetak form dari online. Nanti akan daptnomor antrian dengan loket yang berbeda dari yang manual

  15. nanya mas, klo KTP kk dan ijasahnya difoto aja trus di upload bisa ga?? jadi ga pake scanner gtu

    • sepertinya bisa kak. asal terlihat jelas dengan resolusi yang baik. silakan dicoba

  16. Hei mas bro, kenapa yaa aku ko gak bisa daftar online, internet explorer selalu eror. apakah ada sarat koneksi internetnya 🙁 udh coba berkali2 ni 🙁

    • halo. tidak ada masalah kok. barusan saya coba klik lagi tautannya dan bisa. coba pakai browser Mozilla Firefox?

  17. Hallo Bang Dimas,
    Sorry mau nanya nih, selama saya baca blognya tidak tertulis kalo harus disertakan “Surat rekomendasi perusahaan”, karena kalo saya cek blog-blog tetangga ada sarat surat tersebut. Apakah memang tidak perlu atau sebagai opsional saja?
    Terima kasih infonya ya…

    • Salam bung Irwan. betul. sesuai dengan pengalaman saya ketika membuat paspor biasa, tidak diminta persyaratan tersebut. Namun mungkin jika tujuan pembuatan paspornya untuk menjadi TKI akan diminta persyaratan tersebut. Atau jika kelak membuat visa izin kerja, maka rekomendasi kerja dari perusahaan di tempat tujuan akan sangat diperlukan. itu yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat 🙂

  18. maaf, mas. mau nanya untuk upload hasil Scan KTP/Akta/KK itu format JPEG/JPG ‘ warna apa hitam putih? soalnya kalo warna file-nya gede. kalo gak bisa diupload bgmana?

    • Halo meli. tempo hari saya upload file jpeg yang berwarna kok. jadi ada batas maksimal file yang bisa diupload. Silakan file tersebut diresize atau compress agar tidak melebihi batas maksimal size yang diizinkan. Tidak perlu yang hitam-putih.

  19. apakah sekarang bikin pasport baru di wajibkan elektronik ya ? atau masih bikin bikin yang pasport buku ?
    Thanx

    • tidak kok pak. Saya tempoh ari masih membuat paspor yang bentuknya buku 48 halaman. Hanya sekarang ada opsi untuk registrasi via online atau manual. Di registrasi via online pun ada pilihan untuk membuat paspor elektronik atau buku.

  20. thanks, terimkasih sangat bermanfaat. bikin dlu paspornya yh. Uursan ke luar negri/ngga nya. Uursan belakang 😀

    • betul sekali pak. jadi seolah-olah kita selalu akan siap ketika harus terbang kemanapun juga

  21. Bro, di atas itu tertulis “akta kelahiran/ijazah/surat nikah”, maksudnya optional kan? Soalnya akta lahirku gak ada entah kemana, bisa diganti dengan ijazah kan?
    Thanks… 🙂

    • betul. dianjurkan juga untuk nama lengkap mengacu pada ijazah jika nama di KTP berbeda. Karena jika ada kesalahan yang paling sulit untuk diurus adalah ijazah. Silakan ajukan akta kelahiran atau surat nikah atau ijazah. good luck

    • terima kasih mas bro sudah berkunjung. yup, birokrasi saat ini mengalami perbaikan. dibuat semudah dan se-transparan mungkin. ya hanya itu saja. kita disuruh mengantri selagi petugas imigrasi belum tiba di kantor

      • mas, kl kita sdh dftr online, utk pengambilan foto + wawancara bisa langsung hari itu juga atau tetap harus balik lagi setelah verifikasi + pembayaran? tks.

        • halo mbak Dewi. apabila menggunakan sistem online form, maka pada hari itu juga dapat langsung ambil foto dan wawancara. namun perlu dicatat agar datang pagi2 sekali ya ke kantor imigrasi. karena untuk form online biasanya hanya dijatah 100 nomor antrian. Jumlahnya lebih sedikit dari yang form manual. Jadi proses dengan online bisa langsung selesai hari itu juga karena sudah dipangkas untuk pengisian form dan entry data. sukses ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,142 other subscribers

Top Blog