Kehabisan Tiket? Ikut Program Mudik Lebaran Gratis

Kehabisan Tiket? Ikut Program Mudik Lebaran Gratis

Jakarta – Persaingan mendapatkan tiket kereta api di H-90 hari keberangkatan makin ganas. Tak ayal akan banyak korban yang gagal dapat tiket kereta api online jika tak cepat dan kalah strategi. Tapi buat yang sudah kehabisan tiket kereta untuk mudik lebaran, jangan panik. Masih ada kok alternatif untuk mudik lebaran, bahkan gratis dan dapat plus+. Berikut sedikit pengalaman pulang kampung ke Jawa Tengah dengan program mudik lebaran gratis.

Mulai beberapa tahun belakangan, banyak program mudik lebaran gratis. Pelopornya adalah perusahaan-perusahaan jamu yang memberi mudik gratis untuk para pengusaha jamu di Jakarta untuk pulang kampung ke berbagai daerah di pulau Jawa. Tapi saat ini pihak yang menyelenggarakan program mudik gratis makin beragam, termasuk di antaranya adalah bank, perusahaan telekomunikasi, dan juga pemerintah. Jangan bayangkan pula bahwa mudik gratis lebaran ini adalah program charity sehingga fasilitas yang diberikan seadanya. Dari beberapa program yang pernah aku ikuti, fasilitas mudik gratis yang ditawarkan pun premium sebab ini merupakan bentuk layanan ke nasabah atau pelanggan.

Informasi mengenai pembukaan program mudik lebaran gratis biasanya akan ada saat memasuki bulan Ramadan. Moda transportasi ang ditawarkan pun beragam seperti bus pariwisata dan kereta api. Semuanya memang gratis, tapi biasanya ada syarat-syarat tertentu. Jadi, buat kamu yang sudah kehabisan tiket kereta api online, mungkin pilihan program mudik lebaran gratis ini dapat jadi solusi.

Dimas Prasetyo Muharam - Program Mudik Lebaran Gratis 2015

Program Mudik Lebaran Gratis bersama Bank Jateng

Bank Jateng adalah bank pembangunan daerah (BPD) yang dikelola oleh pemerintah provinsi Jawa Tengah. Sekitar 5 tahun lalu, Bank Jateng rutin mengadakan program mudik lebaran gratis untuk para nasabahnya. Disediakan puluhan bus pariwisata full AC untuk pesertanya. Persyaratan untuk mengikuti program ini pun hanya cukup memiliki rekening di Bank Jateng, tanpa batasan jumlah deposit. Untuk satu rekening, nasabah dapat request tiket untuk 4 orang anggota keluarga. Saat permintaan tiket, nasabah hanya perlu menunjukkan buku rekening dan kartu keluarga serta fotokopi KTP calon penumpang. Tujuan mudik pun tersebar ke beberapa kota di Jawa Tengah seperti Semarang, Solo, Boyolali, Purwokerto, Kebumen, Wonogiri, dll. Tapi jika kehabisan kuota untuk kota tujuan, dapat ambil kota terdekat dan nanti nyambung lagi transportasi lokal ke tempat tujuan.

Biasanya, jadwal keberangkatan program mudik gratis lebaran dari Bank Jateng yaitu H-5 Idul Fitri. Jadi relatif aman untuk yang bekerja untuk mengambil cuti di awal waktu, dan kembali beberapa haris etelah lebaran. Tempat keberangkatan selama ini terpusat di lapangan parkir Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan ada acara hiburan pula sebelum berangkat. Lebih asiknya lagi, selain fasilitas bus full AC, peserta mudik Bank Jateng ini masih dapat free snack dan bingkisan promo seperti Antangin JRG dan kartu perdana Indosat.

Jika ingin mengikuti program mudik lebaran gratis dari Bank Jateng, silakan hubungi Bank Jateng cabang Jakarta agar tidak ketinggalan program. Bank Jateng cabang Jakarta ada di Jl. Panglima Polim Raya No.25-26 Kota Jakarta Selatan. No telp (021) 72786144.

Program Mudik Lebaran Gratis bersama BNI 46.

Baru tahun lalu aku dan keluarga coba program mudik lebaran gratis dari Bank Negara Indonesia (BNI) 46. Sebetulnya sudah tahu program ini dari dua tahun lalu, tapi waktu itu masih nyaman dengan program mudik lebaran gratis dari Bank Jateng. Hanya tahun kemarin saja ingin ganti suasana, dan ternyata pelayanannya pun cukup memuaskan. Bahkan program dari BNI 46 ini bukan hanya menawarkan moda transportasi bus pariwisata, tapi juga ada kereta eksekutif. Hanya persyaratanya yang berbeda.

Untuk dapat tiket bus di program mudik lebaran gratis BNI 46, biasanya hanya diperlukan rekening BNI Taplus dengan saldo rata-rata saat periode yang ditentukan sejumlah Rp 5.000.000 atau 5 juta. Terus ada juga minimal beberapa kali transaksi E-channel via mobile banking, internet banking, atau ATM untuk hal-hal seperti pembayaran listrik, telepon, internet, dll. Jika memenuhi syarat, maka tiap nasabah berhak mendapatkan maksimal 4 tiket bus pariwisata ke kota tujuan mudik. Waktu aku mendaftar program mudik lebaran gratis di BNI cabang UI Depok, sudah telat sehari. Sehingga bus yang tujuan Solo sudah habis. Alternatifnya aku dapat tiket bus tujuan Surabaya tapi lewat jalur selatan via Yogyakarta dan Solo.

Sedangkan untuk tiket kereta api eksekutif syaratnya agak sedikit lebih tinggi. Untuk nasabah BNI Taplus, minimal harus ada rata-rata saldo di rekeningnya saat periode program mudik lebaran gratis sebesar Rp 10.000.000 atau 10 juta rupiah, dan melakukan transaksi E-banking via mobile banking, internet banking, atau ATM untuk transaksi seperti pembayaran listrik, internet, telepon, dll. Ada tiket kereta eksekutif untuk ke kota-kota tujuan seperti Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Satu orang nasabah hanya dapat memperoleh 2 tiket kereta eksekutif. Jika ingin tiket tambahan, dapat dilakukan dengan syarat membuka rekening baru untuk produk BNI lainnya. Kelebihan dari pilihan kreta eksekutif ini adalah waktu keberangkatan yang lebih dekat dengan Idul Fitri yaitu sekitar H-2 atau H-3 dibanding dengan bus pariwisata yang biasanya H-7 atau H-5 lebaran. Tapi ini harus cepat-cepat mendaftar ya, karena tiket kereta eksekutif yang disediakan sangat terbatas yaitu 100 kursi dibanding bus yang mendapat ribuan jatah kursi.

Pengalaman tahun lalu ikut program mudik lebaran gratis BNI 46 dengan bus cukup baik. Jadi beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan, calon peserta diminta untuk registrasi ulang di Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, untuk ambil tiket dan merchendise seperti kaos, topi, dan produk sponsor lainnya. Keberangkatan dipusatkan di parkir utara Senayan dan saat menukarkan tiket mendapat lagi goody bag yang berisi free snack dan juga amplop berisi uang Rp 20.000. Lumayan lah itu untuk naik bus lokal dari Solo ke Wonogiri. Apabila ingin mengikuti program mudik lebaran gratis dari BNI 46, silakan kontak BNI Call di 14046 untuk update informasi.

Program Mudik Lebaran Gratis Alternatif

Sebetulnya masih ada program mudik lebaran gratis dari perusahaan atau pihak lainnya yang aku tahu tapi belum pernah dicoba. Di antaranya yaitu dari Indosat untuk anggota I-Sat Community dan juga dari Jasaraharja. Untuk program mudik lebaran gratis Indosat, dulu pernah dapat tiketnya, tapi tak diambil karena sudah dapat tiket dari Bank Jateng. Sedangkan program mudik lebaran gratis dari PT Jasaraharja juga cukup menggiurkan, hanya belum pernah dicoba. Kabarnya persyaratan hanya butuh fotokopi SIM atau STNK dan peserta mendapatkan 4 tiket bus eksekutif VIP. Tujuannya tentu untuk mengurangi angka kecelakaan pemudik yang menggunakan motor ke Jawa.

Di atas beberapa rekomendasi program mudik lebaran gratis khususnya untuk kamu yang kehabisan tiket kereta api online. Bahkan ini dapat menghemat budget ketika pulang kampung. Sebab anggaran yang tadinya untuk beli tiket mudik, dapat dipakai untuk beli oleh-oleh atau dibagikan ke sanak famili. Semoga bermanfaat, dan jika ada update informasi akan diberitahukan via blog post ini. Atau jika ada yang punya informasi lainnya, monggo ya dishare.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?

10 Comments

  1. Sayang sekali daftarnya susah banget

  2. 2011 mudik bareng pertamina
    2012 mudiknbareng pertamina
    2013 mudik bareng partai PAN
    2014 mudik bareng ANTV
    2015 ga mudik ga dpt cuti
    2016 pngn mudik ☺

    • sayangnya ga ada program tiket balik gratis sih ya. hehe. jadi mudiknya gratis, tapi lumayan juga tiket balik Jakartanya 😀

  3. Hmm.. beruntung keluarga saya tidak mengharuskan saya pulang ketika lebaran, yang penting judulnya saya pulang, kapanpun itu waktunya.
    *Kapok mudik karena capek di jalan dan di dompet.

    tp program mudik gratis boljug tuh demi kemaslahatan isi dompet
    hehehehe..

  4. Mudik gratis indosat 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,144 other subscribers

Top Blog