Alhamdulillah diberi kesempatanl agi untuk memperkenalkan Kartunet kepada masyarakat. Kali ini giliran aku datang ke studio B-Channel dalam program Sang Juara yang dipandu oleh Indra Herlambang. Ya meski aku merasa belum pantas untuk dikatakan “Sang Juara”, tapi semoga saja apa yang aku bagi di kesempatan kali ini ada manfaatnya. Minimal, aku harus berusaha jadi “juara” untuk diriku sendiri.

Seru banget pas syuting program ini. Ka Indra Herlambang sebagai host orangnya gokil habis. Jadi waktu yang singkat itu terasa lebih singkat lagi karena isinya cuma ketawa-ketiwi aja. Namun tetap kok, pesan yang ingin disampaikan untuk promosi Kartunet tak terlupakan. Minimal, aku dapat rekaman videonya jadi bisa untuk bahan dokumentasi dan sosialisasi Kartunet ke depan.

Entah mengapa aku bisa dikategorikan sebagai “Sang Juara” seperti nama program inspiratif di B-Channel tersebut. Sebagai pribadi tentu aku tak merasa cukup pantas untuk dikatakan seperti itu karena belum melakukan banyak hal. Namun dikarenakan tema yang diangkat adalah untuk membahas tentang Kartunet, aku bersedia berbicara agar lebih banyak lagi orang yang tahu tentang Kartunet, bukan aku.

Awal bagaimana dapat masuk program ini yaitu dikontak oleh kru dari Sang Juara. Aku lupa bertanya juga bagaimana mereka dapat kontak aku. Saat tahu bahwa ada kesempatan lagi untuk promosi Kartunet, ya aku langsung menyanggupi. Sebetulnya kru B-Channel tadinya menghendaki untuk datang ke rumah atau tempat kegiatan meliput aktivitasku. Tapi karena saat itu sedang kerja di Thisable Enterprise, di STC Senayan, jadi aku kurang bersedia untuk disyuting. Akhirnya, kru B-Channel sepertnya mengambil inisiatif untuk ambil foto-foto kegiatan Kartunet dari Facebook dan website sebagai materi pendukung.

Playlist: Sang Juara B-Channel TV – Kartunet Community 2012

“Muda dan membuat perubahan”. Itu satu kalimat yang dilontarkan ka Indra Herlambang yang alumni ITB ini saat membuka salah satu sesi. Aku sebetulnya malu dikatakan seperti itu, karena belum banyak perubahan yang dapat aku perbuat. Sejauh ini aku dan teman-teman hanya melakukan apa yang menjadi kesenangan dan kebisaan kami. Karena kami suka online dan surfing di internet, maka kita buat website dan program kegiatan untuk mengajak semakin banyak teman-teman tunanetra agar online. Bukan sesuatu yang istimewa sebetulnya, tapi memang belum banyak dilakukan oleh masyarakat.

Nah, buat kamu yang ingin tahu tentang Kartunet lebih jauh lagi, silakan dapat dengan mudah memahaminya dengan menonton dua video ini. Semoga dapat mencerahkan dan kamu dapat menyebarkannya lagi ke banyak orang agar Indonesia tahu bahwa penyandang disabilitas juga dapat berdaya tak tak hanya menjadi beban.

Rekomendasi Artikel:

Sudah Baca yang Ini?