Seberapa Penting Memilih Nama Twitter

Seberapa Penting Memilih Nama Twitter

Anda tentu sudah tidak sabar untuk memulai menggunakan Twitter. Pada seri tutorial ini, Anda akan belajar hal terpenting ketika proses sign up account Twitter, yaitu memilih nama Twitter yang berupa user name dan profile name. Kedua hal tersebut akan menjadi semacam identitas Anda dalam Twitter. Salah satu penyebabnya karena simplisity Twitter yang mengharuskan Anda mengetik twit sepanjang maksimal 140 karakter, termasuk ketika ingin mention seseorang. Pemilihan nama yang tepat akan berpengaruh pada eksistensi account Twitter Anda yang disesuaikand dengan kebutuhan.

Mengapa Anda perlu memperhatikan pemilihan nama Twitter? Seperti layaknya menawarkan produk kepada konsumen, produk Anda perlu memiliki kesan yang menarik. Apabila impresi pertama konsumen sudah tertarik pada produk Anda, tentu peluang untuk produk itu dibeli lebih besar. Sama halnya dengan account Twitter. Pengguna Twitter yang lain tak akan pernah tahu bahwa account yang Anda kelola itu bagus jika tak pernah ada yang klik atau retwit kicauan Anda. Tak jadi soal jika Anda publik figur atau pernah membuat sensasi sehingga diblow up oleh media. Namun bagi pemula di dunia Twitter, perlu mengemas account twitter semenarik mungkin.

Pemilihan nama Twitter sendiri pada dasarnya ditentukan oleh tujuan dari akun tersebut. Apakah digunakan untuk keperluan pribadi atau lembaga/institusi/organisasi/brand tertentu. Baik untuk pribadi atau brand punya ciri khas tertentu, tapi keduanya akan bermuara pada prinsip-prinsip marketing yang tak jauh berbeda.

Sebelumnya, perlu dipahami perbedaan antara nama pengguna )user name) dan nama profil (profile name) pada Twitter. Nama Pengguna adalah nama yang digunakan saat dimention oleh pengguna Twitter lain, seperti @Kartunet dan menjadi alamat profil Twitter Anda di http://www.twitter.com/username. Nama tersebut dibuat tanpa sepasi, tanda titik, koma, atau tanda baca apapun (kecuali underscore) dan hanya sepanjang maksimal 15 karakter. Sedangkan Nama Profil adalah nama yang muncul di profil Twitter Anda yang dapat dibuat dengan sepasi dan berbagai tanda baca. Nah, jika sudah jelas, mari kita simak beberapa tips dalam memilih nama Twitter.

  1. Nama yang Singkat
    Usahakan memilih nama Twitter yang singkat. Kurang dari 15 karakter, dan jika memungkinkan 4 karakter. Namun kami yakin sulit untuk dapat memiliki Nama Pengguna saat ini dengan jumlah karakter yang sedikit di saat pengguna Twitter sudah semakin banyak. Maka buatlah Nama Pengguna Twitter yang sependek mungkin, tapi tetap menarik. Jumlah karakter ini penting karena banyaknya karakter pada Nama Pengguna Twitter Anda akan dihitung dalam 140 karakter yang tersedia. Selain itu, pemilihan nama yang pendek juga akan memudahkan orang untuk mengingatnya.
  2. Nama yang Bermakna
    Nama Pengguna Twitter untuk keperluan pribadi usahakan menerangkan nama jelas Anda. Tips ini berguna untuk pembentukan branding pribadi yang mudah dikenali oleh pengguna Twitter lainnya. Seperti account twitter saya @DimasMuharam yang diambil dari first dan last name Dimas Prasetyo Muharam. Namun bagi Anda yang memiliki nama cukup umum, Anda dapat gunakan alternatif nama yang memiliki makna khusus atau ada kaitannya dengan Anda. Seperti akun @hurufkecil atau @fanabis yang tak menggunakan nama asli, tapi amat terkenal di kalangan blogger karena unik dan mudah diingat. Tak jauh beda dengan pemilihan nama Twitter untuk Brand. Gunakan nama yang langsung mengarah pada nama Brand, atau tagline dan slogan yang identik dengan brand. Seperti akun @IndosatMania milik Indosat, @XL123 milik XL Axiata, atau @aksisemangat milik Fatigon Aksi Semangat.
  3. Hindari Penggunaan Angka atau Tanda Baca
    Penggunaan Nama Pengguna Twitter yang kompleks akan menyulitkan bagi sebagian pengguna Twitter. Bagi pengguna keyboard QWERTY mungkin tidak terlalu masalah, tapi buat yang masih menggunakan keyboard numberik akan cukup sulit jika harus mengetik kombinasi angka dan tanda baca. Seperti akun Twitter saya dulu di @Dimas1988. Karena nama Dimas cukup pasaran, maka terpaksa harus menggunakan angka agar tetap irit karakter. Namun saya kemudian menggantinya menjadi @DimasMuharam, meski lebih banyak karakter, tapi mudah untuk diketik.

    Sama halnya dengan Nama Pengguna yang terdapat tanda baca underscore (_). Kadang hal itu menyulitkan karena perlu mencari simbol tersebut di keypad. Seperti akun milik @riqo_zhi. Pemilik akun tersebut sudah berkeinginan untuk menghilangkan tanda underscore tersebut, tapi dikarenakan akun tersebut sudah banyak dikenal (baca: banyak followers), jadi pertimbangan juga untuk menggantinya. Oleh karena itu, pertimbangkan dulu dalam memilih nama Twitter sebelum klik signup  kawan.

  4. Nama yang Mudah Disebutkan
    Pilih nama Twitter yang mudah ketika Anda atau orang lain menyebutkannya. Nama Twitter yang banyak mengandung angka atau beberapa huruf konsonan yang berdekatan akan sulit untuk diucapkan. Dengan kata lain, hindari menggunakan bahasa 4l4y dalam membuat nama Pengguna. Pilihlah yang mudah, sehingga ketika ada yang ingin mengetahui username Twitter Anda, cukup sebutkan sekali tanpa perlu mengejanya.
  5. Menonjolkan Nama Pengguna Twitter
    Ada baiknya jika menuliskan username twitter tidak hanya terdiri dari huruf kecil. Kapitalisasi pada sebagian atau seluruh huruf dapat menimbulkan kesan menonjol pada akun Anda. Selain itu, kapitalisasi pada sebagian huruf juga akan mempermudah bagi Anda yang menggunakan Screen Reader. Seperti akun @DimasMuharam. Saya tidak menggunakan tanda hubung underscore antara kata “Dimas” dan “Muharam”. Cukup dengan kapitalisasi pada huruf awal pada dua kata nama saya, maka akan tetap terdengar dua kata yang terpisah meski tertulis menyambung. Bagi yang melihat, penonjolan huruf D dan M itu juga memberi kesan bahwa username tersebut terdiri dari dua kata.

Sekian dulu tips memilih Nama Pengguna yang ideal untuk Twitter. Untuk Nama Profil, relatif bebas tidak seperti Facebook. Anda dapat menggunakan sepasi atau tanda baca apapun selama masih enak untuk dibaca dan identik dengan username twitter Anda. Selanjutnya, tinggal Anda tentukan ingin membuat username Twitter seperti apa. Anda boleh pertimbangkan saran-saran di atas, lalu langsung proses sign up dengan klik di sini. Pada tutorial berikutnya,  kita akan belajar lebih jauh untuk mengobok-obok Twitter secara accessible.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?

5 Comments

  1. Penting banget untuk branding apalagi blogger. Dianjurkan untuk punya nama id sosmed sama sih biar mudah dalam pencarian.

  2. penamaan itu penting banget,

    hati-hati,

    soalnya aku buat dengan @guru5seni8 dan ini sempat membuatku kurang enak karena dipanggil guru padahal profesiku bukan guru,

    namun ada sesuatu dibalik pembuatan itu
    dan
    aku sendiri
    pernah jadi guru dan ketika ke sekolah buat persiapan Tesis ditanya “Guru ya?” aku hanya bilang “dulu si pernah, namun belum ada rejeki”,
    pingin cuma mikir lagi…..
    guru sekarang kudu kreatif dan buat murid mandiri dengan tumpukan tuntutan dan tanggung jawab ga kaya dulu…
    di tawarin juga si buat jadi guru BP di sekolahannya guruku
    tapi….
    kenapa rasanya berat ya?

    tapi soal akunku, semua sudah saya coba jelaskan di blog biar ga salah paham

    bukan bermaksud berbohong
    ada tujuannya

    hati-hati juga posting yang aku masih suka kepleset karena belum ada wadah yang pas untuk curhat,

    soalnya ada yang sampai dipecat dari pekerjaan yang proses pemecatannya melalui Twitter juga karena kicauannya di Twitter

    semoga Twitter tidak menyebabkan kita kena bermasalah dan malah saling membantu kalau bisa.

    • dan ada sedikit tips lainnya. jika ingin mengganti nama Twitter, buru-buru buat account baru dengan nama twitter yang lama. Jadi untuk mencegah nama twitter lama kita disalah-gunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Karena bisa jadi orang salah mention ke twitter kita yang lama. sekian.

  3. dulu saya pernah ganti nama ]akun twitter,, gak ngaruh ko sama follower,, mungkin karena followernya masih dikit kali ya 😀

    • Ya, memang followers tidak hilang gan. Tapi untuk orang2 yang ingin follow agan dan bisa nyasar apabila belum tahu apabila sudah ganti user Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,144 other subscribers

Top Blog