Outlook express adalah program email client bawaan dari operating system windows. Fasilitas ini diberikan oleh Microsoft hanya sampai pada Windows XP. Pada Windows Vista dan 7, fasilitas ini sudah berubah tampilan dan nama menjadi windows life mail. Program email client ini menawarkan kemudahan bagi pengguna Windows XP dalam mengakses email. Tidak perlu banyak klik menggunakan browser untuk membaca atau mengirimkan sebuah email, cukup buka Outlook Express dan semuanya dapat dilakukan di desktop anda.

Sesuai dengan jenis program ini sebagai email client, Outlook Express berfungsi untuk memindahkan email-email yang ada di server mail ke dalam hardisk. Ketika computer telah terkoneksi dengan internet dan program ini diaktifkan, maka ia akan memeriksa apakah ada email-email baru di dalam server untuk kemudian memindahkannya ke dalam program Outlook Express.

Catatan: tutorial ini dapat diikuti baik oleh pengguna screen reader atau tidak. Bagi pengguna screen reader, tutorial disesuaikan dengan JAWS for Windows (JFW).

Persyaratan:

  1. Menggunakan Microsoft Windows XP baik Home atau Professional. Untuk windows Vista atau Windows 7, Outlook Express sudah tidak disertakan secara otomatis lagi oleh Microsoft.
  2. Memiliki email yang support Pop3 atau Imap.
    Beberapa provider email gratis seperti gmail.com, yahoo.co.id, atau hotmail.com memberikan fasilitas tersebut. Namun dalam tutorial ini, kita akan belajar setting Outlook Express dengan email account gmail.com
  3. Punya koneksi internet kabel atau HSPDA.
    Ini mutlak. Tanpa koneksi internet, tak akan berfungsi program ini. Bagi anda yang memiliki koneksi telkomnet instant pun program ini dapat digunakan. Bahkan akan secara efektif menghemat pulsa anda. Sebab ketika proses download email dari server telah selesai, anda dapat memutuskan koneksi internet anda untuk kemudian membaca email-email tersebut secara offline.

Langkah-langkah:

  1. Buka program Outlook Express yang dapat di akses di start menu, all program, terus cari “outlook Express”.
  2. Ketika sudah masuk, buat kursor pada posisi di dalam main identity.
    Biasanya ketika baru buka outlook express pertama kali, ada kotak dialog yang menanyakan apakah ingin membuat Outlook Express sebagai default email client. Pilih saja ya. Terus biasanya juga akan ada wizard untuk set up main identity, itu cukup dicancel saja.
  3. Ketika sudah masuk di jendela Outlook Express, aktifkan menu file (alt + F), tekan panah bawah sampai JFW mengatakan “identity submenu”, tekan panah kanan pada “Add new identity…”, tekan enter.
  4. Setelah itu akan terbuka wizard window New identity. Pada field “type your name:” isi nama identity anda. Sebagai contoh, saya masukan kata “Gmail” di sana.
    Ini bukan nama yang akan muncul pada email anda, hanya nama identity anda sebagai user di Outlook Express. Sebagai catatan, dalam Outlook Express diperbolehkan untuk membuat lebih dari satu identity. Oleh karena itu, kita dapat mengelola beberapa email account dalam Outlook Express di computer yang sama.
  5. Tekan tombol tab, maka JFW akan mengatakan “Require a password check box not check”.
    Apabila anda menekan tombol sepasi (untuk memberi tanda check), maka ketika anda ingin memasuki identity ini, anda harus memasukan kata kunci tersebut. Saya sarankan untuk tidak memasang kata kunci jika computer/laptop yang anda pakai bukan merupakan fasilitas public.
  6. Tekan tombol tab beberapa kali pada “ok button”, dan tekan enter.
  7. JFW akan mengatakan “Identity added dialogue, do you want to switch to Gmail?”.
    Kotak dialog ini memberi tahu bahwa identity “Gmail” telah terbuat dan apakah anda ingin berpindah ke identity baru ini. Tekan enter pada pilihan “yes”.
  8. Selanjutnya akan terbuka kotak dialog “Internet conection wizard”. Pada kotak field “display name”, masukan nama yang akan tampil di sender email anda. Sebagai contoh saya masukan “Irawan Mulyanto”.
  9. Tekan tombol tab sampai JFW mengatakan “next button”, tekan enter.
  10. 10. Selanjutnya akan terbuka kotak dialog baru. Pada kotak field “email address”, masukan alamat email Gmail anda. Seperti contoh saya memasukkan [email protected] Jika sudah, tekan tab sampai next button, tekan enter.
  11. Lalu pada kotak isian “Incoming mail”, ketikan “pop.gmail.com” lalu tekan tombol tab.
  12. Pada kotak field “outgoing mail”, ketikan “smtp.gmail.com”, dan tekan kembali tombol tab hingga next button, dan tekan enter.
  13. Akan terbuka kotak dialog baru. Pada kotak field “account name”, sudah terisi dengan kata “irawan.mulyanto” yang merupakan user pada email [email protected] Di belakang kata “irawan.mulyanto”, tambahkan @gmail.com sehingga “account name” terisi dengan alamat email lengkap.
  14. Tekan tab, pada kotak field “password”, ketikan password email yang telah Anda buat.
  15. Abaikan dua kotak field setelahnya, langsung tekan tab sampai next button, dan tekan enter.
  16. Selanjutnya, JFW akan mengatakan “Internet connection wizard dialogue. Congratulasion, you have successfully entered all the information required to setup your account. To save this setting, click finish”.
    Kotak dialog ini memberitahukan bahwa anda telah berhasil memasukan semua informasi yang dibutuhkan. Tekan enter pada tombol finish.
  17. Selesai. Pada tahap ini, anda sudah berhasil membuat identity dan setting email anda di Outlook Express. Selanjutnya akan terbuka jendela Outlook Express yang berupa halaman web menampilkan informasi mengenai account Anda.

Setting Lanjutan Outlook Express

Meski sudah berhasil dibuat, sampai tahap ini identity Outlook Express anda belum mampu mengunduh email demi email dari server mail. Ada beberapa setting lanjutan yang harus dilakukan. Semoga anda belum kelelahan sampai di sini

  1. Membuat otomatis masuk ke inbox.
    Pada halaman web yang sedang terbuka saat ini, tekan panah bawah sampai JFW mengatakan “Alt + I check box not checked”. Di sana, tekan tombol sepasi untuk memberikan tanda check pada check box tersebut.
    Langkah ini berfungsi untuk secara otomatis membuka kotak inbox ketika nanti anda lock out dan log in kembali ke identity yang baru dibuat ini.
  2. Masuk ke dalam menu tools (Alt + T), tekan panah atas sampai JFW mengatakan “accounts…”, tekan enter.
  3. Anda sekarang berada di kotak dialog internet accounts.
  4. Tekan tombol tab hingga JFW mengatakan “all tabs”, tekan panah kanan satu kali pada “mail tab”.
  5. Setelahnya, tekan tombol tab sampai JFW mengatakan “properties button”, tekan enter.
  6. Pada kotak dialogue yang baru terbuka, tekan control + tab sampai JFW mengatakan “server pages”.
  7. Tekan tombol tab beberapa kali sampai JFW mengatakan “my server requires authentication check box not checked”, tekan tombol sepasi untuk memberikan tanda check.
  8. Tekan kembali tombol tab hingga JFW mengatakan “apply button”, tekan enter.
  9. Tekan tombol control + tab hingga JFW mengatakan “Advance pages”.

10. Pada advance pages, tekan tombol tab hingga JFW mengatakan “This server requires a secure connection (SSL), check box not checked”, tekan tombol sepasi untuk memberikan tanda check.

11. Tekan tombol tab dua kali sampai JFW mengatakan “This server requires a secure connection (SSL), check box not checked”, tekan tombol sepasi untuk memberikan tanda check.

12. Tekan tab hingga JFW mengatakan “outgoing mail (SMTP): edit”, dan ketikkan angka 465.

13. Selanjutnya, tab hingga “ok button”, tekan enter.

•           Tutup jendela internet accounts dengan menekan tab hingga close button, tekan enter.

 

Sampai di sini, account email Gmail anda sudah dapat mengunduh email dan melakukan berbagai aktivitas emailing seperti mengirim email (send email), membalas email )reply email), atau meneruskan email (forward email). Namun, ada beberapa fitur tambahan yang akan membuat Outlook Express anda lebih nyaman.

 

Autochecking Email server.

Dengan settingan ini, server mail anda akan diperiksa oleh Outlook Express secara berkala apakah ada email baru yang perlu diunduh ke hardisk atau tidak. Secara default, Outlook Express akan mengecek secara otomatis server mail setiap 30 menit sekali. Namun bagi anda yang membutuhkan frekuensi waktu refresh lebih sering, dapat mempercepatnya menjadi lima menit sekali atau bahkan satu menit sekali.

  1. Masuk ke menu tools (Alt + T), tekan panah atas sampai JFW mengatakan “Options”, tekan enter.
  2. Pada general pages, tekan tombol tab sampai JFW mengatakan “check for new messages”. Pastikan bahwa field ini diberi tanda centang atau checked.
  3. Tekan tombol tab satu kali dan JFW akan mengatakan “Minute(s) edit spinbox 30”.
  4. Tekan panah atas/bawah untuk merubah frekuensi waktu pengecekan server mail. Tekan panah bawah untuk mempercepat tiap berapa menit pengecekan.
  5. Tekan tombol tab sampai terdengar “OK button”, tekan enter.

 

Membuat Signature Email.

Signature adalah tulisan tambahan yang biasanya terletak di akhir sebuah email. Isi signature pada umumnya memberikan informasi tambahan kontak sender email seperti nomor telfon, nomor ponsel, alamat blog, atau account twitter/facebook. Dengan fasilitas signature pada Outlook Express, anda tidak perlu memasukan secara manual tiap kali menulis email. Cukup tuliskan isi email anda seperti biasa, maka secara otomatis akan selalu ditambahkan signature  di akhir tiap email.

  1. Masuk ke menu tools (Alt + T), terus tekan panah atas sampai JFW mengatakan “option”, tekan enter.
  2. Pada kotak dialog internet option, tekan control + tab sampai terdengar “signature pages”.
  3. Saat ini belum ada signature yang dibuat. Tekan tombol tab hingga “new button”, tekan enter untuk membuat signature baru.
  4. Setelah masuk, anda akan langsung berada pada kotak edit yang dapat anda isi dengan teks signature yang diinginkan.
  5. Tekan tombol enter dua kali untuk memberikan ruang sebelum anda menulis isi signature.
  6. Apabila signature sudah terisi, tekan tombol tab hingga terdengar “ok button”, tekan enter.
  7. Kembali masuk ke menu tools (Alt + T), tekan panah atas sampai “options”, tekan enter.
  8. Tekan tombol control + tab sampai JFW mengatakan “Advance pages”.
  9. Tekan tombol tab sampai kotak field “add signatures to all outgoing messages”, tekan sepasi untuk memberikan tanda check. Dengan diberinya tanda centang/check, maka tiap email yang dibuat akan disisipkan secara otomatis oleh Outlook Express teks signature di bagian akhir.

10. Tekan lagi tombol tab hingga “ok button”, tekan enter.

Selesai sudah setting up Outlook Express untuk account email kartunet. Berikutnya tutup program Outlook Express dengan masuk ke menu files (alt + F), tekan panah atas sampai terdengar “Exit”, tekan enter, atau gunakan short cut alt + F4.

Pada tutorial selanjutnya, akan dibahas bagaimana untuk masuk kembali ke program Outlook Express, dan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh program email client ini. Tetap semangat, karena berikutnya akan lebih menyenangkan. Apabila ada pertanyaan, silakan tuliskan di halaman komentar. Sampai jumpa di seri tutorial selanjutnya.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?