Setting email Gmail pada Windows Mail hakikatnya tidak terlalu berbeda pada Outlook Express. Dua program itu hampir identik sama, hanya ada perbedaan yaitu pada ciri khas Windows 7 di program Windows Mail. Agar Tidak bingung, mari kita mencoba setting email gmail kita pada Windows Mail.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, pastikan bahwa email Gmail Anda sudah diatur apakah ingin menggunakan layanan Popmail atau IMAP. Baca lagi tutorial tentang Popmail dan Imap pada Gmail jika perlu pengingat. Baiklah, kita mulai langkah demi langkahnya.

  1. Pada start menu, klik atau tekan enter pada icon “windows mail”.
  2. Jika Anda baru membuka Program Windows Mail untuk pertama kali, maka akan ada kotak dialogue menanyakan apakah Anda ingin menjadikan Windows Mail sebagai program email client default. Pilih “yes” untuk menjadikannya sebagai default.
  3. Jika tidak muncul kotak dialog seperti pada poin 2, langsung masuk ke menu tools >> pilih opsi accounts.., tekan enter. Lalu tekan tab sampai “add” button, klik atau tekan tombol sepasi. Muncul tiga pilihan, tekan enter pada “email account”.
  4. Selanjutnya muncul wizard dialogue untuk setting email Anda ke Windows Mail.
  5. Pada kotak Display Name, masukkan nama lengkap Anda, lalu tab atau klik next.
  6. Wizard meminta email address. Masukkan alamat email Anda secara lengkap. Contoh: [email protected], tekan tab atau klik next.
  7. Selanjutnya wizard meminta Anda untuk memasukkan incoming mail dan outgoing mail server. Pada posisi ini, tekan shift+tab satu kali untuk memilih Incoming Mail Server Type, apakah POP3 atau IMAP.
  8. Tekan tab pada kotak “incoming mail”, masukkan pop.gmail.com jika Anda menggunakan POP3, atau imap.gmail.com jika memilih IMAP.
  9. Tekan tab, pada outgoing email server, masukkan smtp.gmail.com

10.  Tekan tab atau klik next jika incoming dan outgoing server telah terisi dengan benar.

11.  Selanjutnya wizard akan meminta user name dan password email Anda. Masukkan alamat email secara lengkap, misal [email protected], dan password email Anda. Lalu tekan tab atau klik next.

12.  Anda kemudian menemukan opsi “do not download my email at this time”. Klik atau tekan tombol sepasi untuk memberi tanda centrang yang menginstruksikan Windows Mail untuk tidak langsung mengunduh email karena masih ada settingan tahap kedua. Tutup jendela wizard dengan klik “finish”.

Bagaimana langkah-langkah di atas? Mudah-mudahan belum pusing karena masih ada satu tahap setting lagi. Silakan ambil minum dulu jika Anda haus. Mari kita lanjutkan proses setting Windows Mail berikutnya.

  1. Masuk ke menu tools >> tekan panah atas/bawah dan klik atau tekan enter pada “accounts..”.
  2. Pilih account email yang baru Anda buat tadi. Biasanya dia akan mengambil nama incoming server name yang Anda masukkan sebelumnya. Cari account email dengan nama “pop.gmail.com” dengan menekan panah atas/bawah.
  3. Tab kemudian klik atau tekan tombol sepasi pada “properties” button.
  4. Anda akan dibawa pada General Page yang berisi informasi basic tentang akun email client Anda.
  5. Komom pertama adalah nama Server. Gunakan nama yang dapat menjelaskan server dari email yang sedang kita pakai. Agar memudahkan, ubah pop.gmail.com menjadi Gmail.com sebagai identifikasi bahwa settingan yang dipakai adalah email dari Gmail.com
  6. Pada kolom-kolom berikutnya dengan menekan tab, ada Name, organization, dst yang dapat Anda sesuaikan. Apabila telah sesuai, klik apply button.
  7. Tekan ctrl+tab untuk menuju ke Server Page. Tekan tab sampai opsi “My server requires autentication”. Klik atau tekan tombol sepasi untuk memberi tanda centrang. Opsi yang lain dalam Server Page tak  perlu diubah apabila sudah sesuai. Tekan tab dan klik “apply” button.
  8. Tekan ctrl+tab atau klik sampai “advance page”.
  9. Beri tanda centrang pada dua kolom yang bertuliskan “This server requires a secure connection (SSL)”. Tekan tombol sepasi pada masing-masing kolom dan tekan tab untuk berpindah.

10.  Lalu tekan tab sampai kolom “Outgoing mail (SMTP)”. Isikan dengan angka 465.

11.  Tab dan klik atau tekan enter pada “ok” button.

12.  Tab lagi dan klik atau tekan tombol sepasi pada “close” button.

Sampai di sini proses Anda untuk setting account email pada Windows Mail telah selesai. Anda pun dapat menambahkan email baru untuk dikelola dalam Windows Mail yang sama dengan masuk ke menu tools >> Accounts >> klik Add >> dan enter pada Email account. Setelahnya, lakukan proses yang sama seperti pada poin 4 langkah tahap pertama. Dengan demikian, Anda dapat sekaligus mengelola lebih dari satu akun email tanpa perlu sign in dan sign out untuk berganti account seperti ketika menggunakan browser.

Catatan: Untuk mengelola account email dari Yahoo, caranya tidak jauh berbeda. Hanya pada incoming server masukkan pop.mail.yahoo.com, dan outgoing server masukkan smtp.mail.yahoo.com

Semoga tutorial kali ini dapat membantu Anda lebih mudah mengelola email dengan program bawaan dari operating system Windows 7. Pada seri berikutnya, kita akan eksplorasi Windows Mail lebih jauh dan cara penggunannya.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?