Sistem Akidah Agama Islam

Sistem Akidah Agama Islam

Akidah berasal dari kata aqada yang artinya ikatan dua utas tali dalam satu buhul sehingga menjadi tersambung. Akidah berarti pula janji karena janji merupakan ikatan kesepakatan antara dua orang yang mengadakan perjanjian. Akidah menurut terminologi adalah sesuatu yang mengharuskan hati membenarkannya, yang membuat jiwa tenang dan menjadi kepercayaan yang bersih dari kebimbangan dan keraguan. Pengertian akidah menurut al-Quran adalah keimanan kepada Allah SWT yakni mengakui kemujudan-Nya. Dengan demikian akidah Islam adalah kepercayaan dan keyakinan terhadap Allah sebagai Rabb dan Ilah serta beriman dengan nama-nama-Nya dan segala sifat-sifat-Nya juga beriman dengan adanya malaikat, kitab-kitab, para Rasul, hari akhirat dan beriman dengan takdir Allah entah itu baik maupun buruk juga segala apa yang datang dari Allah. Akidah dalam Islam disebut Iman, ia bukan hanya berarti percaya melainkan keyakinan yang mendorong seorang muslim untuk berbuat. Akidah sebagai fundamen utama ajaran Islam bersumber pada al-Quran dan Sunnah karena dalam hal yang berkaitan dengan keyakinan tidak seluruhnya dapat ditemukan oleh kemampuan yang dimiliki oleh manusia. Kerangka iman yang mendasari seorang muslim dalam ajaran Islam ada enam, yaitu:

1. Iman kepada Allah SWT
Dalam akidah Islam, Tuhan memperkenalkan diri-Nya dan memberitahukan sifat-sifat-Nya kepada manusia melalui firman-Nya yang disampaikan melalui utusan-Nya. Iman kepada Allah dan kepada sifat-sifat-Nya akan menandai perilaku seorang muslim sebab keyakinan yang ada dalam dirinya akan dibuktikan pada dampak perilakunya.
2. Iman kepada Malaikat
Keyakinan terhadap adanya malaikat bukan hanya sebatas mengetahui nama dan tugasnya saja, melainkan melahirkan dampaknya pada perilaku. Jika kita meyakini bahwa ada malaikat yang senantiasa mencatat kebaikan dan keburukan manusia setiap saat, maka ia akan selalu berhati-hati dalam bertindak.
3. Iman kepada Kitab
Allah menurunkan wahyunya kepada manusia melalui Rasul-Nya yang tertulis dalam kitab-kitab-Nya. Kitab Allah berisi informasi-informasi,aturan-aturan, dan hukum-hukum Allah dari Allah bagi manusia. Kitab-kitab Allah menjadi pedoman hidup manusia demi mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Kiatb-kitab Allah yang diturunkan kepada manusia telah disesuaikan dengan tingkat perkembangan kebudayaan manusia.
4. Iman kepada Rasul
Rasul diutus untuk manusia agar manusia dapat memahami apa yang dikehendaki dan direncanakan Allah, karena manusia tidak dapat berhubungan langsung dengan Allah SWT. Allah menurunkan wahyu-Nya kepada manusia tidak secara langsung, melainkan memilih diantara manusia dan dijadikan-Nya utusan.
5. Iman kepada Hari Kiamat
Beriman kepada hari kiamat adalah meyakini akan kedatangannya agar kita bersiap-siap memperbaiki diri untuk menghadapi pengadilan Allah.

6. Iman kepada Takdir
Takdir berasal dari kata qadara, yang berarti mengukur,memberi kadar atau ukuran. Beriman kepada takdir Allah akan melahirkan sikap optimisme, tidak mudah kecewa dan putus asa, sebab apa yang menimpa setelah segala usaha dilakukan merupakan takdir Allah, dan Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya.

 

Rukun Iman yang telah disebutkan dan dijelaskan di atas pada dasarnya merupakan satu kesatuan yang sistemik.
Akidah Islam merupakan usuluddin, akar dan pokok agama Islam. Pembahasan tentang akidah dilakukan oleh ilmu kalam yakni ilmu hasil penalaran atau ijtihad manusia yang membahas dan menjelaskan tentang kalam Ilahi (mengenai akidah) atau juga disebut ilmu tauhid karena membahas dan menjelaskan (terutama) tentang ke-Esaan Allah (tauhid). Hasil pemahaman tentang akidah menimbulkan aliran-aliran atau mazhab-mazhab dengan nama tertentu di kalangan umat Islam. Aliran-aliran ini di lapangan akidah dalam ilmu kalam, adalah:
1. Kharijiyah. Sebagai kelompok disebut Khawarij yakni segolongan umat Islam yang semula menjadi pengikut Ali bin Abi Thalib, kemudian keluar dan memisahkan diri dari Ali terhadap Mu’awiyah dalam menyelesaikan perselisihan (politik) mereka dengan berunding yang kemudian dilanjutkan dengan arbitrasi atau perwasitan (tahkim).
2. Murji’ah. Lahir sebagai reaksi terhadap aliran Kharijiyah. Mereka mengharap pengampunan dari Allah atas segala dosa yang dikerjakan manusia, menangguhkan dan menyerahkan dosa itu pada ketentuan Allah di akhirat.
3. Syi’ah. Berasal dari kata Syi’ah Ali atau pengikut Ali r.a. Syi’ah adalah paham suatu golongan dalam Islam yang berpendapat bahwa hanya Ali bin Abi Thalib serta keturunannya melalui Fatimah binti Muhammad yang berhak menjadi khalifah. Sebagai kelompok paham, Syi’ah terdiri dari tiga aliran, yaitu Itsna ’Asyariyah, Sab’iyah, dan Zaidiyah.
4. Jabariyah. Berasal dari kata jabar yang artinya terpaksa. Golongan ini berpendapat bahwa manusia terpaksa atau dipaksa melakukan sesuatu yang telah ditentukan oleh Allah.
5. Qadariyah. Merupakan penentang aliran Jabariyah. Menurut paham ini manusia bebas menentukan segala perbuatannya. Manusia bebas menentukan nasibnya sendiri dan perbuatan yang baik atau yang buruk bagi dirinya.
6. Muktazilah. Golongan ini mengajarkan ilmu kalam yang bersifat rasional, mempergunakan filsafat dalam menjelaskan keyakinan agama. Karena itu, mereka kritis terhadap Sunnah Nabi atau hadis.
7. Ahlussunah wal Jama’ah. Pada umumnya golongan ini disebut Sunni. Golongan ini berpegang pada al-Quran, sunah Nabi Muhammad dan para sahabatnya mengenai akidah.
8. Ahmadiyah. Golongan ini terbagi dua aliran yakni Ahmadiyah Qadiyan (yang berpendapat bahwa Mirza Gulam Ahmad merupakan Nabi dan Rasul Akhir zaman yang mendapat wahyu dari Allah untuk menyempurnakan Islam) dan Ahmadiyah Lahore (yang berpendapat bahwa Mirza hanya seorang mujaddid atau pembaharu saja).

9. Salafiyah. Merupakan paham satu golongan dalam Islam yang masih termasuk ke dalam kelompok Sunni juga, yang berpegang teguh kepada nash atau teks yang tertulis dalam al-Quran mengenai akidah, tanpa mencampurkannya dengan filsafat.

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?

Pages: 1 2 3 4

3 Comments

  1. amien.. terima kasih. main lagi ya akhi kapan2 ke blog saya 🙂

  2. nice info bang. insya Allah manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,142 other subscribers

Top Blog