Refreshable braille display
Konsep awal terciptanya komputer adalah sebagai alat hitung. Istilah komputer diambil dari bahasa latin computare yang artinya menghitung, jika dalam bahasa inggris to compute, yang artinya juga sama yaitu menghitung.

Secara umum komputer dapat diartikan sebagai suatu alat/perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.

Assistive Technology atau Teknologi Bantu

Yang dimaksud dengan Assistive Technology adalah Teknologi atau alat bantu yang dapat membantu orang yang sudah tua atau disabilitas dalam melakukan aktivitas lain yang mungkin sulit atau tidak mungkin dilakukan.

Teknologi bantu menjadi sangat penting karena dapat menjadikan seorang disabilitas mampu hidup mandiri untuk melakukan kegiatan sederhana sehari hari. Teknologi ini dapat mencakup alat yang berteknologi tinggi atau rendah

Teknology alat bantu untuk tunanetra terdiri dari:

  1. Screen reader; program perangkat lunak bekerja bersama dengan speech synthesizer (TTS) untuk menampilkan suara atau ucapan dari segala sesuatu di layar termasuk menu, teks, dan tanda baca.
  2. Screen magnification; adalah perangkat lunak pembesaran layar yang biasanya digunakan oleh orang yang memiliki penurunan penglihatan dan low vision.
  3. Braille display; perangakat yang memberikan keluaran informasi berupa taktil braille yang disajikan pada layar komputer. Tidak seperti braille konvensional, yang menampilkan braille timbul secara permanen pada kertas, alat ini menampilkan braille yang refreshable secara mekanis berupa pin plastik bulat yang dapat muncul dan menghilang sebagai kebutuhan untuk membentuk karakter braille. Setiap alat biasanya menampilkan berisi 20, 40, atau 80 sel braille, setelah baris dibaca, pengguna dapat “merefresh” layar untuk membaca baris berikutnya.
  4. Braille translation software (Perangkat lunak Penerjemah braille); perangkat lunak ini dapat menerjemahkan teks biasa menjadi karakter braille dan dengan format yang sesuai dengan braille.
  5. Closed-Circuit Television (CCTV); perangkat ini bertujuan memperbesar tampilan halaman cetak melalui kamera televisi khusus dengan lensa zoom yang kemudian ditampilkan pada monitor.
  6. Portabel notetaker; adalah sebuah unit portabel kecil yang berkerja baik dengan braille atau keyboard standar untuk memungkinkan pengguna untuk memasukkan informasi. Teks yang diketik dapat disimpan dalam sebuah file yang dapat dibaca dan diedit dengan menggunakan speech synthesizer built-in atau tampilan braille. File yang dibuat dapat dikirim langsung ke printer atau embosser braille untuk di cetak, atau ditransfer ke dalam komputer.
  7. Braille embosser; printer braille yang mencetak tulisan teks yang dihasilkan komputer berupa braille di atas kertas.
  8. Scanner; sebuah alat pindai yang mengubah gambar dari halaman cetak ke dalam file komputer. Dengan tehnologi Optical-character-recognition (OCR) software dapat membuat berkas yang discan berupa image atau gambar menjadi teks yang dapat diedit.
  9. Keyboard Adaptive; menawarkan berbagai cara untuk memasukan data ke komputer melalui berbagai pilihan ukuran, tata letak dan kompleksitas.

sumber: buku panduan

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?