The Qube, Twitter Client Accessible bagi Screen Reader

The Qube, Twitter Client Accessible bagi Screen Reader

Sampai di sini, Anda sudah memiliki account Twitter dan setting account Anda di Twitter.com. Pada situs resminya di Twitter.com, Anda dapat memanfaatkan semua fitur yang disediakan oleh Twitter,, seperti membuat twit, mention, retwit, kirim direct message, search user, dll. Namun terkadang dirasakan loading situs Twitter.com agak berat dan perlu kemahiran ekstra untuk dapat nyaman menggunakan Twitter.com. Mungkin salah satu solusi dengan menggunakan Twitter versi mobile di http://mobile.twitter.com. Dengan browser Internet Explorer, Twitter mobile cukup nyaman untuk diakses. Namun tetap tidak cukup praktis.

Kini bagi tweeps pengguna screen reader ada kabar baik untuk Twitteran tanpa perlu masuk ke browser dengan menggunakan program twitter client bernama The Qube. Seperti ketika Anda belajar menggunakan program Email Client Outlook Express atau Windows Mail, The Qube menawarkan akses yang lebih mudah dalam menggunakan Twitter. Anda cukup install program The Qube di laptop/PC Anda, kemudian otorisasi account Twitter Anda untuk bersinergi dengan The Qube, dan Anda bebas menggunakan Twitter tanpa perlu buka browser dan masuk ke Twitter.com

Mengapa pakai The Qube?

Paling tidak ada tiga alasan Anda, khususnya pengguna screen reader, menggunakan The Qube:

  1. The Qube adalah program client yang dibuat khusus untuk Twitter. Dia mendukung semua fitur dalam Twitter, sehingga tak perlu lagi masuk ke browser untuk Twitteran.
  2. The Qube berjalan dengan basis suara dan bunyi yang memudahkan bagi pengguna Screen Reader. Dia sifatnya seperti background program yang dapat tetap diakses sembari membuka aplikasi lain. Contoh Anda sedang buka Microsoft Word, dengan kombinasi tombol tertentu, Anda dapat akses Twitter yang hanya menghasilkan suara dan bunyi tanpa tampilan visual.
  3. The Qube punya sistem penyimpanan data sendiri. Berbagai twit kamu akan disimpan di session dan buffer pada The Qube. Dia juga akan update tiap buffer dan session itu, sehingga Anda memiliki real time watcher misal untuk pantau keyword tertentu.

Instalasi The Qube

  1. Unduh file instalasi The Qube dengan klik di sini.
  2. Install program tersebut dan ikuti langkah demi langkah hingga finish.
  3. Aktifkan program The Qube, atau jika Anda centrang pada “launch program after I click Finish”, maka program akan berjalan otomatis setelah Anda klik finish.
  4. Muncul kotak dialog “Session Type”, tekan panah atas/bawah atau klik pada “Twitter”, tab dan isi nama session yang diinginkan. Isi nama session sesuai dengan user Twitter Anda agar memudahkan identifikasi. Tab dan klik ok jika selesai.
  5. Pada saat yang bersamaan, akan muncol kotak dialog yang meminta perification number dari Twitter Anda dan jendela browser yang terbuka untuk Anda mendapatkan perification number tersebut.
  6. Pada browser yang terbuka (tergantung apa browser yang anda set sebagai default apakah Firefox atau Internet Explorer), masukkan user id Twitter dan password Anda, lantas klik atau tekan enter pada “authorize” button.
  7. Jika user id dan password yang Anda masukkan benar, browser akan menampilkan tulisan seperti berikut
    “You’ve granted access to The Qube! Next, return to The Qube and enter this PIN to complete the authorization process: 7212118”
  8. Copy nomor yang dihasilkan oleh browser, tekan alt+tab untuk menuju ke jendela The Qube, paste nomor di field yang tersedia, dan klik Ok.

Apabila proses berhasil, maka The Qube akan mulai terhubung dengan account Twitter anda dan loading twit-twit Anda. Proses ini tergantung dari kuat lemahnya koneksi yang Anda pakai.

Catatan: Jika The Qube memberikan pesan instalasi gagal atau tidak sempurna ter-install di PC/laptop Anda, Anda dapat install program Visual C++ 2008 di sini bagi OS 32bit, atau buat pengguna OS 64bit, dapat install Visual C++ 2008 di sini.

Konsep Dasar The Qube

Ada beberapa konsep dasar The Qube yang perlu Anda pahami. Selain karena program ini berfokus pada suara dan bunyi, program ini juga berjalan sebagai background ketika Anda sedang menjalankan aplikasi lain. Jadi ada kombinasi-kombinasi tombol yang perlu Anda pahami untuk nyaman menggunakan The Qube. Mungkin awalnya terkesan sulit, tapi ketika sudah terbiasa, Anda akan merasa bahwa Twitteran begitu menyenangkan. Bahkan dengan program ini, Anda bisa lebih cepat dalam merespon twit daripada mereka yang tidak menggunakan The Qube. Sebagai kunci, perlu diingat bahwa tiap perintah di The Qube menggunakan kombinasi tombol windows. Mari simak pembahasan selanjutnya.

Apa itu Sessions?

Session adalah bagian dari The Qube yang berisi aplikasi tertentu yang terhubung dengan penyedia layanan via internet. Dapat diumpamakan Session ini seperti kamar-kamar dalam The Qube. Tiap kamar punya fungsi sendiri untuk satu account aplikasi. Ketika Anda baru selesai install The Qube, program akan meminta Anda memilih “session Type”. jika Anda milih Twitter, maka itulah Session pertama Anda dengan satu account Twitter di dalamnya.

Dalam The Qube Anda dapat membuat lebih dari satu Session. Dengan kata lain, Anda dapat mengelola lebih dari satu account dalam Session yang berbeda secara bersamaan. Ini jadi salah satu kelebihan The Qube karena Anda tak perlu sign out dan sign in berulang-ulang apabila menjadi admin untuk lebih dari satu Account Twitter. Cara navigasinya cukup berpindah Session seperti berjalan dari satu kamar ke kamar lainnya. Adapun beberapa kombinasi tombol penting dalam bernavigasi di Session sebagai berikut:

  1. Control+shift+win+N. Membuka Session baru. Pilih Session Type dan berikan nama untuk Session tersebut.
  2. Control+shift+Win+panah kanan/kiri. Berpindah dari satu Session ke Session lain yang telah Anda buat.
  3. Control+shift+Win+tombol sepasi. Menyebutkan sedang berada di Session apa Anda saat ini.
  4. Control+Win+F2. Mengganti nama Session dimana Anda berada saat ini dengan yang baru.
  5. Control+Win+O. Membuka kotak dialog konfigurasi Session tempat Anda berada saat ini.
  6. Alt+Win+Delete. Menghapus Session tempat Anda saat ini beserta data di dalamnya.
  7. Control+Win+shift+’. Menutup Session tempat Anda saat ini namun tidak menghapus data di dalamnya. Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan membuat Session baru dan berikan nama Session yang sama.

Apa itu Buffers?

Session seperti layaknya kamar, dapat dibagi-bagi untuk beberapa sekat yang masing-masing berisi tempat tidur atau keperluan lain. Tiap sekat itu punya fungsi berbeda yang di The Qube disebut Buffer. Gambaran Sessiond engan buffer-buffernya adalah seperti tabel bergaris. Umpamakan Session sebagai tabel, dan Buffer sebagai kolom. Secara default, ada empat buffer utama yaitu Home, Direct Messages, Sent, dan Mention.

  • Home. Adalah buffer yang menampilkan timeline atau linimassa akun-akun yang Anda follow.
  • Direct Messages. Buffer yang menampilkan pesan-pesan pribadi dengan akun-akun yang telah follow Anda. Ibaratnya Inbox di Facebook.
  • Sent. Buffer yang menampilkan twit-twit yang Anda buat. Baik Twit biasa atau Direct Messages.
  • Mention. Buffer yang menampilkan twit-twit yang di dalamnya mention atau mencantumkan tanda @ (at) + username Twitter Anda.

Ada cukup bayangkan session beserta para buffernya ada di dalam kolom bergaris. Posisi antar buffer berarti sebelah menyebelah. Sedangkan untuk membaca isi dari tiap buffer yaitu sifatnya berbaris dari atas ke bawah. Adapun navigasi utama yang terkait dengan Buffer sebagai berikut:

  1. Control+Win+panah kanan/kiri. Berpindah antar buffer. Setiap Anda berpindah buffer, screen reader akan memberitahu posisi di Buffer apa Anda saat ini.
  2. Control+Win+panah atas/bawah. Membaca isi dari buffer. Konsepnya seperti baris dalam tabel.
  3. Control+Win+tombol home/end. Menuju ke item dalam buffer yang terbaru (home) dan terlama (end).
  4. Control+Win+tombol page up/page down. Berpindah isi buffer lebih baru atau lebih lama 5%.
  5. Control+Win+shift+page up/page down. Berpindah isi buffer dengan interval satu jam.
  6. Control+Win+U. Update buffer secara manual, tidak menunggu interval otomatis.
  7. Control+Win+shift+delete. Menghapus seluruh isi dalam buffer.
  8. Control+Win+Alt+panah kiri/kanan. Memindahkan buffer sesuai keinginan Anda.
  9. Control+Win+tombol sepasi. Membaca posisi Anda sedang berada di twit apa.
  10. Control+Win+V. View Twit atau membaca isi Twit dan Anda dapat mengeja isi Twit di sini.

Opsi Membuat Twit Baru

Untuk dapat membuat twit baru atau New Twit, Anda cukup menekan kombinasi tombol control+Win+N. Tuliskan pesan yang ingin Anda Twit maksimal 140 karakter. Pada title bar (tekan insert+T pada Screen Reader JFW), terdapat status jumlah karakter yang Anda tulis. Apabila tertera “twit: 0 of 140 characters”, berarti Anda masih belum menuliskan apa-apa dari 140 karakter maksimum yang Anda miliki. Ketika Anda sudah menuliskan empat huruf misalnya, title bar akan berubah menjadi “Twit: 4 of 140 characters”.

Mengingat maksimum jumlah karakter maksimum adalah 140, apabila Anda mengetik melebihi jumlah tersebut, maka The Qube akan memberitahu Anda dengan bunyi-bunyian seperti benda menabrak sesuatu. Saat itulah Anda perlu memperingkas twit Anda jadi kurang dari 140 karakter. Satu tips juga bahwa idealnya buatlah twit maksimum 120 karakter. Hal ini agar memudahkan orang yang retwit twit Anda, sehingga tidak melampaui jumlah karakter maksimum mereka.

Selain untuk sekedar menulis twit, The Qube juga menawarkan tiga fasilitas lain yaitu membuat twit berjadwal, menyisipkan twit berbentuk audio, dan shorten URL. Mari simak pembahasan berikut.

Scheduling Messages

Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat delay twit atau twit yang baru akan muncul pada saat yang Anda tentukan. Misal Anda ingin membuat semacam kuliah twit atau rangkaian twit yang menjelaskan tentang satu gagasan. Anda ingin banyak followers Anda yang membacanya, maka dipilihlah prime time seperti jam 12 siang. Namun Anda ada urusan jam 12 siang dan hanya punya waktu di pagi hari. Anda dapat membuat twit-twit itu pada pagi hari yang kemudian baru akan muncul di jam 12 siang. Bagaimana caranya?

Ada dua metode schedule twit yang disediakan oleh The Qube, yaitu berdasarkan interval dan waktu. Berdasar interval jika Anda ingin menjadwal twit yang akan muncul dalam durasi tertentu setelah twit dibuat. Misal Anda memilih interval 1 jam, maka twit akan muncul satu jam kemudian. Berbeda dengan schedule berdasar pada Time. Anda dapat set twit yang Anda buat untuk muncul pada jam, menit, dan detik tertentu yang Anda inginkan.

Cara untuk membuat twit berjadwal adalah ketika Anda selesai menuliskan isi twit, tekan tab atau klik pada “schedule message”. Pilih metode yang Anda inginkan apakah interval atau Time, atur waktu, dan klik Ok. Setelah selesai, klik Ok lagi untuk membuat twit. Sebagai informasi, Scheduling twit ini hanya akan berjalan selama program The Qube juga aktif. Apabila setelah Anda scheduling twit dan program logout sebelum twit tampil pada waktunya, maka scheduling tidak akan berjalan.

Audio Attach

Satu fitur luar biasa lagi dari The Qube adalah Audio Attach yang memungkinkan Anda membuat pesan audio dalam twit. Anda diberi pilihan untuk recording suara atau attach file aduio yang sudah ada sebelumnya. Fitur ini dapat Anda gunakan seperti untuk share file musik, merekam tutorial via audio, dll.

Cara menggunakannya adalah pada jendela new twit, tekan tab atau klik pada “attach audio”. Pilih yang menjadi keperluan Anda. Apakah record (rekam suara) atau Attach existing audio file (sisipkan file audio yang sudah ada). Apabila pilih yang pertama, Anda hanya perlu microphone eksternal atau microphone yang sudah built in di laptop Anda untuk merekam suara. Sedangkan opsi kedua, Anda akan diminta untuk memilih file audio dan kemudian The Qube akan mengunggahnya ke server. Setelah selesai, klik attach kemudian Ok untuk membuat twit.

Shorten URL

Fitur terakhir yang tak kalah menarik adalah shorten URL atau memendekkan URLyang ada di twit Anda. Karena jumlah karakter maksimal pada satu twit hanya 140 karakter, mengharuskan Anda berhemat karakter yang diketik. Masalahnya apabila Anda ingin menyertakan url ke sebuah file, situs, atau artikel, ada kalanya alamat URL situs tersebut amatlah panjang. The Qube memberikan fasilitas untuk membuat alamat URL Anda menjadi ringkas tanpa menganggu tujuan dari URL tersebut.

Cara menggunakannya adalah cukup dengan tekan alt+S setelah Anda menulis twit atau paste alamat URL di twit Anda. Apabila hanya ada satu URL, maka The Qube akan langsung mendeteksinya dan diubah menjadi shorten URL. Jika ada lebih dari satu URL, The Qube akan meminta Anda untuk memilih URL mana yang akan diringkas baru kemudian shorten URL berjalan.

Sampai di sini dulu tutorial kali ini. Sepertinya juga sudah panjang sekali ya pembahasan kita. Padahal masih banyak hal seru yang dapat dilakukan oleh The Qube. Di tutorial berikutnya, akan kita kupas lebih banyak fitur-fitur dan navigasi dari The Qube.(DPM)

Rekomendasi Artikel:

Kata Kunci

Sudah Baca yang Ini?

20 Comments

  1. boleh juga nih saya coba aplikasi qube-nya, biasanya saya lebih sering menggunakan tweetdeck

  2. Itu milih sesionnya banyak dimana caranya?
    kok aku muncul 1 aja?
    terus setelah masukin kenapa hilang?
    apakah karena tidak ada screen readernya?

    • dia hilang karena program ini berbasis non-visual. Jadi perintah atau informasi hanya dapat didengarkan dari suara yang dihasilkan screen reader. untuk navigasi hanya dapat dilakukan oleh pengguna screen reader dengan short-cut yang tertera pada artikel ini. Silakan diikuti artikelnya.

        • ya. ini memang program khusus untuk komputer yang sudah dilengkapi oleh screen reader. jika tak ada itu, mustahil dapat pakai karena memang tak ada tampilan secara visual sama sekali.

  3. Ini aku mau nanya mas Dimas,
    screen readernya bisa di dapat dimana ya?

  4. ooohhhh ini artikel nya tho mas? eheheh…Wow…panjang banget tutorialnya, tapi membantu sekali ya. The qube keren juga….patutlah dicoba….wish me luck!

    • kalo ada pertanyaan atau yang kurang jelas, langsung tanyakan di sini aja ya. ajak teman2 pengguna screen reader juga untuk twitteran pakai the Qube. Dengan ini Twitteran jadi jauh lebih mudah.

      • iya aku kan udah install, tapi kok pas abis welcome gitu, dibilang gak bisa ya mas. trus ilang gitu aja the qube nya. pas aku coba buka lagi di desktop, tetep gak bisa.

        • nah, coba baca bagian catatan deh. Jika instalasi gagal, ada sedikit software yang perlu diinstall dulu. Kamu sudah lakukan langkah itu?

          • atau mungkin ada sistem lain yang kurang mendukung

            • screen reader ada yang merk-nya JAWS. tapi program ini hanya dikhususkan untuk tunanetra.

          • iya mas dimas..udah aku coba. tapi kok gak bisa ya? kan aku buka di desktop, trus aku disuruh nunggu, tapi abis itu dia ngilang entah kemana ahah

            • mungkin dia sedang proses updating. Sudah ada kotak dialog untuk pilih session Twitter lalumasukkan nama session?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow My Blog

Silakan daftarkan alamat email kamu untuk mendapatkan notifikasi tiap kali ada tulisan baru, gratis!

Join 7,142 other subscribers

Top Blog